NativZen
Advertising Area

Suporter AI ini Kasih Intruksi Keselamatan di Stadion

Suporter berbasiskan teknologi kecerdasan buatan alias AI muncul di stadion utama GBK.

Advertising Area

Suasana yang begitu nyaman nampak saat laga kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Indonesia dan Brunei Darussalam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Kamis (12/10/2023) pukul 19.00 WIB.

Untuk pertama kalinya, video panduan keselamatan stadion dipresentasikan dalam pertandingan sepak bola di Indonesia. Pada dua layar besar yang terletak di sisi utara dan selatan tribun SUGBK, muncul karakter istimewa berbasiskan AI.

Ya! Karakter yang diciptakan melalui teknologi AI alias kecerdasan buatan itu muncul untuk memberikan berbagai ilustrasi tentang tindakan yang perlu diperhatikan oleh suporter saat terjadi situasi darurat selama menonton laga di tribun.

Karakter yang diberi nama “Suporter Sepak Bola” ini merupakan hasil kerja sama antara harian Kompas (Kompas.id) dan Dentsu Creative Indonesia, agensi kreatif digital, dan tentunya berkolaborasi dengan PSSI.

Kolaborasi dengan PSSI bertujuan untuk menyusun instruksi keamanan sesuai dengan Regulasi Keamanan dan Keselamatan Stadion FIFA, serta bekerja sama dengan Pusat Pengelolaan Kompleks Gelora Bung Karno (PPKGBK).

Berbeda dengan pramugari di maskapai penerbangan yang memberikan instruksi keselamatan kepada penumpang dalam situasi darurat, Suporter Sepak Bola memiliki peran yang setara dengan para pendukung timnas.

Si karakter Suporter Sepak Bola ini lebih berfokus untuk membantu para pendukung timnas yang berada di dalam Stadion Utama GBK untuk memahami langkah-langkah penyelamatan diri saat berada di tribun.

“Video panduan keselamatan ini bertujuan untuk memastikan keselamatan para penonton,” ujar Redaktur Pelaksana Harian Kompas, Adi Prinantyo, di Jakarta pada Rabu (11/10/2023).

Dalam video instruksi keamanan di tribun stadion, Suporter Sepak Bola pertama-tama mengingatkan akan pentingnya mengetahui lokasi pintu keluar sebagai langkah antisipasi dalam situasi yang tidak aman.

Dalam video berdurasi 103 detik tersebut, Suporter Sepak Bola tampak seperti remaja Indonesia biasa yang gemar bermain sepak bola. Ia memiliki kulit sawo matang dan mengenakan sweater merah-putih serta celana jeans.

“Kami berharap video ini akan tersebar luas, termasuk dalam Liga 1, Liga 2, dan Liga 3. Kami juga berharap PSSI akan mengatur bahwa pertandingan tidak dapat dimulai tanpa pemutaran video panduan keselamatan,” pungkas Adi.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.