NativZen
Advertising Area

Ini Bocoran Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy, Otaknya Seri Galaxy S24

Samsung mendapat akses eksklusif ke SoC “Plus”, dengan branding “for Galaxy”, dan tampaknya ini akan terulang dengan Snapdragon 8 Gen 3.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Qualcomm menjelang akhir Oktober 2023 telah merilis chipset unggulan terbarunya, Snapdragon 8 Gen 3. Ini menjadi SoC unggulan reguler, dan selanjutnya pabrikan chipset asal Amerika Serikat ini akan memperkenalkan varian “Plus”.

Varian “Plus” yang diramu Qualcomm dibuat berdasarkan varian unggulan reguler, dan tentunya dengan beberapa perubahan kecil. Namun, hanya beberapa pabrikan smartphone yang tertarik menggunakan SoC “Plus” ini.

Nah! Samsung mendapat akses eksklusif ke SoC “Plus”, dengan branding “for Galaxy”, dan tampaknya ini akan terulang dengan Snapdragon 8 Gen 3. Adalah leaker Yogesh Brar yang telah membagikan spesifikasi Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy.

Menurut Brar, versi “for Galaxy” dari Snapdragon 8 Gen 3 akan serupa dengan versi reguler, tetapi memiliki beberapa perbedaan clock speed secara keseluruhan. Inti utama sedikit di-overclock menjadi 3,4GHz dari 3,3GHz.

Namun, kedua cluster core yang berkaitan dengan kinerja dan efesiensi, keduanya sedikit di-underclock. Ini adalah keputusan yang menarik dari Qualcomm, dan sayangnya tidak ada penjelasan mengapa mereka melakukan hal itu.

Asal kalian tahu, Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy pada seri Galaxy S23 memiliki inti yang di-overclock tetapi tidak ada inti yang di-underclock. Selain CPU, GPU dari Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy juga dikatakan akan di-overclock.

Ya! Overclok yang dilakukan pada GPU yang ada pada Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy bertujuan untuk mendongkrak performa AI agar lebih baik. Tentunya, kita bisa berharap untuk melihat SoC ini di seri Galaxy S24 mendatang.

Qualcomm memberikan eksklusivitas kepada Samsung, dan membiarkannya menggunakan merek “for Galaxy”. Selanjutnya, SoC overclock yang sama akan ditawarkan kepada OEM lain, tetapi tanpa merek tambahan apa pun.

Oleh karena itu, kita dapat berasumsi bahwa Qualcomm akan mengikuti pola yang sama di tahun ini. Namun, semua itu akan terbukti saat Samsung memperkenalkan smartphone unggulan terbarunya di awal tahun 2024 nanti, seri Galaxy S24.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.