NativZen
Advertising Area

MediaTek Umumkan Kehadiran Dimensity 9300

Kini, pesaing produsen chipset Amerika Serikat, MediaTek, telah mengumumkan kehadiran chipset andalannya, Dimensity 9300

Advertising Area

NATIVZEN.com – Qualcomm telah meluncurkan chipset andalannya, Snapdragon 8 Gen 3 pada akhir bulan lalu. Kini, pesaing produsen chipset Amerika Serikat, MediaTek, telah mengumumkan kehadiran chipset andalannya, Dimensity 9300, yang merupakan penerus dari Dimensity 9200/9200+

Datang sebagai chipet unggulan terbaru, tentu saja ada sejumlah perbaikan dan perubahan. Dimensity 9300 yang dibangun lewat proses 4 nm generasi ketiga TSMC ini juga diharapkan akan menjadi otak untuk sejumlah hape kelas premium.

Chipset ini memiliki konfigurasi satu core Cortex-X4 yang memiliki clock speed 3,25GHz, tiga core Cortex-X4 2,85GHz, dan empat core Cortex-A720 dengan clock speed 2,0GHz. Kinerja single-core dan multi-core dikatakan meningkat, masing-masing sebesar 15 dan 40 persen.

Untuk sektor grafis, Dimensity 9300 juga dikatakan sudah terintegrasi dengan GPU onboard Immortalis-G720 yang diklaim mampu menawarkan peningkatan kinerja hardware ray tracing sebesar 46 persen dibandingkan generasi sebelumnya.

Dimensity 9300 mendukung ray tracing engine berbasis hardware dan teknologi rendering kecepatan variabel. Selain itu, MediaTek juga mengatakan telah bekerja sama dengan pengembang game untuk mengoptimalkan ray tracing dalam game untuk pengalaman visual yang imersif.

Chipset ini juga memiliki APU 790 untuk kekuatan pemrosesan AI dan sudah mendukung resolusi layar WQHD dengan refresh rate hingga 180Hz atau 4K hingga 120Hz. Dari segi fotografi, chipset ini akan mendukung sensor kamera hingga 320 MP.

MediaTek juga sesumbar bahwa chipset unggulannya ini akan mendukung perekaman video HDR yang selalu aktif hingga resolusi 4K 60fps dan 4K 30fps dengan mode sinematik. Menariknya lagi, MediaTek juga menyelipkan dukungan ISP Imagiq 900.

Dukungan lainnya adalah format Ultra HDR di Android 14. Sementara, pada bagian perangkat keras, Dimensity 9300 diklaim akan mendukung RAM LPDDR5T dan teknologi penyimpanan UFS 4. Chipset ini juga hadir dengan WiFi-7 yang membawa Xtra Range Technology.

Ya! Dukungan Xtra Range Technology akan menjadikan konektivitas jarak jauh WiFi menjadi lebih baik. Tak ketinggalan, MediaTek juga menjejali chipset unggulannya ini dengan dukungan sub-6GHz, mmWave, 5G, 4×4 MIMO, dan Bluetooth 5.4.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.