NativZen
Advertising Area

Update One UI 6 Bikin Canggih AI Kamera Galaxy

Melalui update One UI 6 dari Samsung, kini kamera pada ponsel pintar Galaxy semakin canggih dan memberikan pengalaman yang mengasyikkan.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Sejak peluncuran Galaxy S pertama pada 2010, Samsung telah membuat gebrakan dengan mentransformasi sektor kamera di ponsel pintar. Samsung juga memperkenalkan sensor kamera 200 MP pertama di dunia dan Night Mode serta pengaturan Space Zoom pertama pada sebuah ponsel pintar.

Tak sampai di situ, raksasa elektronik asal Korea Selatan ini juga menghadirkan fitur AI yang revolusioner ke jajaran ponsel pintarnya dengan menyodorkan teknologi Galaxy yang tak hanya sekadar cerdas, tetapi juga intuitif sehingga memberi kemudahan bagi pengguna.

Seakan tak bisa ditahan, Samsung pun terus melaju untuk memanjakan para mobile photographer yang bisa memilih ponsel pintar dengan fitur kamera kelas profesional, atau penggemar fotografi yang menyukai kenyamanan saat mengambil foto dan video ciamik.

Melalui update One UI 6 dari Samsung, kini kamera pada ponsel pintar Galaxy semakin memberikan pengalaman yang mengasyikkan. One UI 6 menghadirkan peningkatan teknologi AI sehingga meminimalkan proses, dan memastikan setiap bidikan yang diambil selalu indah.

Aplikasi Samsung Galaxy Enhance-X

Dengan bantuan aplikasi ini, pengguna smartphone Galaxy yang sudah berjalan dengan One UI 6 akan diberikan kemudahan dalam proses pengeditan. Itu semua bisa dilakukan secara instant pada foto atau video dengan satu sentuhan.

  • Sky Guide: Ini memungkinkan pengguna untuk memotret langit malam berbintang, dan fitur ini akan menggunakan AI untuk menganalisis gambar serta menunjukkan rasi bintang, bintang, galaksi, nebula, dan gugus yang dipotret.
  • Clean Lens: Ini memastikan bidikan terlihat persis seperti yang diinginkan dengan menghilangkan blur akibat bekas sidik jari pada lensa kamera.
  • Slow-mo: Ini membantu membuat bidikan slow motion dari video normal dengan menghasilkan frame ekstra.
  • Long Exposure: Ini berguna untuk memperbaiki video pendek (60 detik atau kurang) dengan menganalisis scene dan menerapkan efek long exposure, seperti lalu lintas padat di jalan raya yang diubah menjadi jalur cahaya yang indah.
  • Single Take: Fitur yang populer pada kamera Galaxy, sekarang tersedia di Enhance-X. Fitur ini menerapkan analisis AI pada video dan memilih foto serta klip terbaik untuk konten yang dapat dibagikan secara instan. Pada aplikasi Enhance-X, pengguna dapat menerapkan Single Take pada gambar bergerak dan video yang telah diambil, sehingga pengguna dapat memanfaatkan momen secara maksimal bahkan setelah momen tersebut berlalu.

AI Image Clipping

Sekarang, apabila kalian memotong objek atau melakukan crop dari sebuah gambar, kalian bisa langsung menyimpannya sebagai stiker. Selanjutnya, stiker tersebut bisa ditambahkan ke foto dan video lainnya, kapan pun kalian inginkan.

Sebuah menu akan muncul ketika kalian mengetuk dan menahan objek. Selanjutnya, ini akan memberi kalian opsi atau beberapa pilihan untuk menyalin atau membagikan potongan gambar, atau menyimpannya sebagai stiker atau gambar.

Jika kalian menyimpannya sebagai stiker, kalian dapat dengan mudah mengambil dan menambahkannya ke konten lain kapan pun kalian menggunakan aplikasi Editor pada smartphone atau saat menggunakan aplikasi media sosial.

Scan Dokumen

Mengambil dan menyimpan dokumen kini menjadi lebih mudah dilakukan dari sebelumnya oleh pengguna ponsel pintar Galaxy yang berjalan dengan One UI 6 dengan kemampuan baru untuk memindai konten, bahkan ketika pengaturan Scene Optimizer dinonaktifkan.

Sekarang, teknologi AI akan mendeteksi ketika kalian mengambil foto dokumen dan secara otomatis memunculkan layar edit Auto Scan, di mana kalian dapat merotasi, meluruskan, dan menyimpannya. Fitur ini bahkan dapat secara otomatis mengenali jari di dalam frame dan menghapusnya.

Quick Setting Resolusi Tinggi

Apabila pengguna mengambil foto dalam Photo atau Pro Mode, kini ada tombol Resolusi dalam menu Quick Settings di bagian atas layar. Hanya dengan satu tap, kalian bisa langsung mengalihkan kamera ke resolusi tinggi dan mengambil foto 200 MP pada Galaxy S23 Ultra.

Custom Camera Widget

Ketika momen yang sempurna tiba-tiba muncul di depan mata, kalian tidak perlu risau. One UI 6 yang ada pada ponsel pintar Galaxy memastikan kalian tidak perlu membuang waktu untuk pindah ke kamera dan memilih setting yang tepat untuk scene yang ada.

Sekarang, kalian dapat menyimpan mode pemotretan sebagai widget kamera yang ada di Home Screen, sehingga kalian dapat dengan cepat mengetuk tombol ketika kalian ingin mengambil foto portrai yang memukau atau selfie malam hari dengan cepat.

Tata Letak Photo Editor yang Intuitif

One UI 6 menghadirkan menu Tools yang baru pada kamera Galaxy, sehingga mudah menemukan fitur pengeditan yang paling sering digunakan. Pengguna juga dapat mengoreksi alignment vertikal dan horizontal foto pada satu layar berkat fungsi Straighten dan Perspective dalam menu edit Transform.

Tombol Undo dan Redo yang Baru

Dengan tombol Undo dan Redo yang baru ditambahkan, kalian dapat dengan mudah beralih di antara ukuran foto, angle, filter dan penyesuaian tone. Tak perlu cemas, apakah kalian akan membuat perubahan permanen yang tidak disukai, itu semua bisa kalian batalkan dengan mudah.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.