NativZen
Advertising Area

OPPO dan Hasselblad Perkenalkan Sistem Kamera HyperTone

OPPO dan Hasselblad meluncurkan proyek kolaborasi mereka yang terbaru, yakni sistem kamera Hasselblad HyperTone.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Di sela-sela gelaran Paris Photo 2023 yang digelar di Prancis beberapa hari lalu, OPPO dan Hasselblad meluncurkan proyek kolaborasi mereka yang terbaru, yakni sistem kamera Hasselblad HyperTone, untuk hape andalan OPPO yang akan hadir pada tahun 2024.

Inisiatif OPPO dan Hasselblad ini tentunya bukan tanpa tujuan. Mereka ingin menjadi pemimpin dibidang fotografi komputasional dengan memanfaatkan teknologi serta efek daya tarik estetika. Menurut Oppo, HyperTone Image Engine adalah teknologi revolusioner.

Teknologi ini dibangun menggunakan fotografi komputasional untuk mengatasi tantangan pada mobile photography. HyperTone Image Engine menggabungkan denoising AI dalam domain RAW dan menawarkan koreksi kecerahan piksel presisi menggunakan teknologi matriks foton.

OPPO mengatakan bahwa hasil dari teknologi ini adalah peningkatan kejernihan gambar sebesar 30% dan pengurangan noise gambar sebesar 60%. Pemrosesan gambar baru mencakup kontrol pemetaan tone dan penggabungan gambar dengan negatif digital.

OPPO juga menjelaskan bahwa sistem kamera HyperTone yang dibangun bersama Hasselblad merupakan kombinasi peningkatan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) yang terdiri dari tiga komponen utama, yakni:

  • Sistem kamera utama, yang menawarkan peningkatan pembesaran zoom dan berbagai sudut pandang untuk kebebasan berkreasi.
  • Mesin gambar, yang menggunakan perhitungan tingkat lanjut untuk mengurangi noise dan meningkatkan kejernihan gambar.
  • Layar ProXDR, yang mencapai kecerahan 12 juta piksel, menawarkan rentang dinamis hingga delapan kali lebih besar untuk keluaran yang lebih realistis.

Selama acara tersebut, OPPO juga memamerkan kemampuan pengambilan sampel warna yang telah ditingkatkan, memungkinkan pemulihan karakteristik warna kulit secara akurat dan mengatasi masalah dengan bantuan AI secara onboard.

Penyempurnaan yang berhasil dilakukan oleh OPPO ini juga memperlihatkan efek bokeh yang lebih baik pada bidikan potrait. Jika menyangkut foto potrait, sistem kamera HyperTone mampu menyempurnakan tampilan tiga dimensi wajah.

Dengan memperluas blok warna sampel untuk warna kulit dari 2 menjadi 90, OPPO berhasil mencapai pemulihan karakteristik warna kulit secara presisi. Selain itu, mesin pengaburan potrait alami mensimulasikan efek keburaman optik melalui gradien internal.

Sistem kamera HyperTone ini akan memulai debutnya pada ponsel pintar andalan seri OPPO Find X7, yang diperkirakan akan diluncurkan Q1 2024. OPPO juga menambahkan bahwa seri Find X7 akan dilengkapi lensa zoom paling kuat di industri pada modul telefotonya.

Bagi yang belum tahu, OPPO Find X7 dan X7 Pro diharapkan masing-masing akan tiba dengan chipset Dimensity 9300 dan Snapdragon 8 Gen 3. Disebut-sebut, sistem kamera HyperTone ini juga akan ditampilkan pada ponsel pintar seri OnePlus 12 dan OPPO Reno 11.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.