NativZen
Advertising Area

Humane Rilis AI Pin, Perangkat Wearable Ditenagai ChatGPT-4

Humane akhirnya merilis perangkat pertamanya, AI Pin. Ini adalah perangkat wearable “cerdas” yang ditenagai ChatGPT-4 dan dijual seharga US$ 699.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Setelah melakukan demo di awal tahun dan menunjukkan seperti apa masa depan gadget yang didukung teknologi AI alias kecerdasan buatan, Humane akhirnya merilis perangkat pertamanya, AI Pin. Ini adalah perangkat wearable “cerdas” seharga US$ 699.

Lalu, apa menariknya AI Pin ini? Perangkat yang dapat dikenakan ini terdiri dari dua bagian, perangkat berbentuk persegi dan baterai yang menempel secara magnetis. Menariknya, AI Pin ini bisa ditempelkan pada pakaian atau permukaan lainnya.

Selain harga yang telah disebutkan, pengguna AI Pin juga akan dikenakan biaya berlangganan sebesar US$ 24/bulan. Dikatakan oleh Humane bahwa pengguna akan mendapatkan nomor telepon, paket data dan perangkat ini akan dikirim ke tangan pengguna pada awal 2024.

Bagi kalian yang penasaran dengan perangkat wearable ini, Humane mengatakan bahwa AI Pin ditenagai chipset Snapdragon, meskipun tidak disebutkan secara spesifik. Pengguna dapat mengontrol perangkat ini via suara, kamera, gerakan dan proyektor internal kecil.

AI Pin sendiri memiliki berat sekitar 34 gram, dan “penguat baterai” sekitar 20 gram. Dukungan kamera internalnya yang disematkan oleh Humane ke dalam perangkat ini menggunakan sensor 13 MP dan dapat merekam video setelah pembaruan perangkat lunak.

AI Pin tidak dibuat untuk selalu merekam, dan bahkan tidak bisa mendengarkan kata-kata yang membangunkannya. Pengguna harus mengaktifkan AI Pin ini secara manual dengan mengetuk dan menyeret (tapping and dragging) pada area touchpad.

Jika “Trust Light” pada pin akan berkedip, ini menandakan kepada pengguna dan orang laion bahwa perangkat sedang mengumpulkan data. Tugas utama AI Pin adalah terhubung ke model AI melalui perangkat lunak yang disebut oleh Humane sebagai AI Mic.

Humane juga menyebutkan bahwa AI Pin telah didukung oleh ChatGPT-4, dan akses ke chatbot buatan OpenAI tersebut sebenarnya adalah salah satu fitur inti yang dimiliki perangkat wearbale ini. AI Pin berjalan dengan OS yang disebut oleh Humane dengan panggilan Cosmos.

Ya! Apa yang Humane coba lakukan dengan AI Pin pada dasarnya adalah menghilangkan semua cacat antarmuka dari teknologi genggam yang ada saat ini. AI Pin tidak memiliki layar beranda atau banyak pengaturan dan akun untuk dikelola.

Idenya adalah pengguna perangkat wearable ini cukup berbicara atau menyentuh AI Pin, dan mengatakan apa yang ingin dilakukan atau ketahui, dan AI Pin akan melakukan hal itu atau menjawabnya secara langsung kepada pengguna.

Pertanyaannya kemudian adalah apa yang sebenarnya bisa dilakukan oleh benda ini? Sebagian besar fitur yang ditunjukkan oleh Humane adalah fitur yang telah dipamerkan oleh salah satu pendirinya, Imran Chaudhri dalam demo di TED awal tahun ini.

Beberapa fitur tersebut adalah pesan dan panggilan berbasis suara; fitur “kejar saya” yang dapat merangkum kotak masuk e-mail pengguna; mendekatkan makanan ke kamera untuk mendapatkan informasi nutrisi; dan terjemahan waktu secara real-time.

Selain itu, tampaknya tujuan utama dari perangkat ini adalah sebagai “mesin pencari” bertenaga LLM yang dapat dikenakan. Humane menjanjikan bahwa mereka akan menambahkan kemampuan navigasi dan berbelanja dengan lebih mudah.

Ya! Diharapkan AI Pin akan menjadi perangkat wearable yang lebih baik seiring dengan semakin baiknya model yang mendasarinya, dan tampaknya seluruh industri teknologi sedang bekerja keras mencari hal-hal baru yang dapat dilakukan dengan AI.

Humane mungkin berharap perangkat buatannya ini bisa berevolusi seperti halnya ponsel cerdas, perangkat keras yang kini sudah berjalan lebih sempurna dan mampu meningkatkan pengalaman pengguna seiring berjalannya waktu. Bagaimana menurut kalian?

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.