NativZen
Advertising Area

Hape POCO Hilang Saat Mabar? Jangan Panik!

Keasyikan mabar bersama teman sampai lupa dengan hape POCO diletakkan di mana, dan akhirnya hilang. Jangan panik, POCO punya solusinya.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Jangan panik jika hape POCO yang sering kalian bawa untuk “mabar” hilang karena keasyikan bermain atau lupa meletakannya. Selain dikenal punya performa yang dapat diandalkan, POCO juga punya fitur keamanan yang mumpuni.

“Buka cuma unggul dari sisi performa dan harganya yang ekstrem, hape POCO juga sudah dibekali fitur keamanan untuk membuat kalian tidak panik jika hape tersebut hilang atau lupa meletakkannya,” ujar Andi Renreng, Associate Director Marketing POCO Indonesia.

Ya! Hape POCO yang hilang, entah dicuri atau lupa meletakkannya saat mabar bersama teman-teman, bisa segera dilacak. Tak hanya itu, pengguna juga bisa langsung mengunci hape tersebut agar tidak disalahgunakan oleh orang lain.

Melacak Hape POCO yang Hilang

Tidak sulit untuk melacak hape POPCO kalian yang hilang. Meski begitu, kalian pertama-tama harus memiliki akun Xiaomi dan terhubung pada Mi Cloud di hape tersebut. Selanjutnya, bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Kunjungi website Mi Cloud di i.mi.com menggunakan perangkat seperti laptop atau PC;
  2. Di pojok kanan atas terdapat opsi untuk mengganti bahasa, misalnya ke bahasa Indonesia;
  3. Pilih “Masuk dengan Akun Mi” kemudian log in (bisa menggunakan e-mail, nomor hape, atau ID Mi yang terdaftar pada akun Mi di hape yang hilang). Itu adalah akun layanan Xiaomi Cloud buat membantu mencari, mengunci, menyembunyikan, maupun menghapus hape kita;
  4. Klik “Cari perangkat” untuk mulai mencari lokasi hape terkini;
  5. Jika belum pernah mengunjungi fitur ini, maka kamu akan diminta memilih tipe hape yang digunakan;
  6. Kalau titik lokasi yang muncul warnanya biru, berarti hapenya dalam keadaan aktif. Tapi kalau berwarna abu-abu dan ada tulisan waktu terakhir online, berarti hape sedang tidak aktif sehingga lokasinya merupakan lokasi terakhir kali ketika hape aktif;
  7. Setelah lokasi ditemukan, zoom peta yang muncul untuk memastikan tingkat keakuratan posisi hape;
  8. Ketika sudah berada di titik lokasi hape yang hilang, kita dapat membunyikan hapenya dengan menekan opsi “Bunyi” yang ada kiri bawah menu dari hape yang ditemukan. Suara akan aktif meski hape dalam keadaan silent.

Perlu diingat bahwa pelacakan bisa dilakukan bila fitur “Cari perangkat” (“Find device”) di hape sudah diaktifkan, dan lokasi akan terbaca kalau hape terkoneksi jaringan internet. Sehingga, dianjurkan buat mengaktifkan fitur tersebut dan mencoba lacak hape sebelum kejadian hape terlanjur hilang.

Ketika hape hilang, disarankan untuk segera melapor ke pihak keamanan terdekat atau polisi sesegera mungkin, dan laporkan juga kehilangan akun utama yang kalian miliki. Kemudian ubah kata sandi secepatnya untuk melindungi keamanan akun.

Mengunci (Memblokir) Hape dan Menghapus datanya

Di samping opsi “Bunyi”, ada juga “Mode hilang” dan “Hapus data” pada menu dari hape yang sedang dilacak. Jika hape tersebut memang tidak ditemukan, kalian bisa mengunci hape yang hilang tersebut, buat menghindari penyalahgunaan oleh orang lain.

Untuk mengunci hape, dapat menggunakan opsi “Mode hilang”. Begini caranya:

  1. Pilih “Mode hilang”
  2. Tekan “Ganti ke Mode Hilang”
  3. Masukkan pesan kehilangan pada menu “Masukkan pesan layar kunci” dan masukkan nomor telepon yang bisa dihubungi.
  4. Pilih “Kunci”
  5. Pilih “Selesai”

“Mode hilang” akan mengunci hape, sehingga orang lain tidak bisa mengaksesnya sampai adanya log in yang sukses menggunakan akun Mi Cloud yang terdaftar. Lebih lanjut, jika ingin menghapus data, pilih “Hapus data”. Fitur ini akan menghapus semua file dan data pada hape POCO yang hilang.

Info Tambahan: Permission pada Fitur “Find device”

Kita bisa melacak dan mengunci hape POCO yang hilang berkat fitur “Find device”. Untuk menjalankan tugasnya, fitur ini membutuhkan beberapa permission (izin) berikut ini:

  • Access device info
    Mengakses nomor hape buat melacak perangkat ketika tidak terkoneksi internet. Bila hape tidak terkoneksi internet, lokasi yang diinformasikan tidak real time, melainkan lokasi terakhirnya ketika terhubung internet.
  • Access location
    Akses buat melacak lokasi hape secara real time (membutuhkan koneksi internet).
  • Send SMS
    Jika hape mati atau tidak terkoneksi internet, SMS akan dikirim untuk mengupdate info soal lokasinya secara rutin. Operator hape akan mengenai biaya untuk pesan ini.

“Berkat fitur keamanannya yang unggul, bikin hape POCO makin terpercaya. Semoga dengan adanya fitur keamanan tersebut semua pengguna POCO makin merasa tenang saat beraksi bersama hape kesayangannya ini saat mabar,” pungkas Andi.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.