NativZen
Advertising Area

Mau Beli Galaxy M54 5G atau Galaxy A54 5G? ini Bedanya

Samsung meluncurkan Galaxy A54 5G dan Galaxy M54 5G di Indonesia. Menariknya, keduanya punya harga yang tidak jauh berbeda.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Dipasar ponsel pintar di Indonesia, menjelang akhir tahun ini Samsung kembali bikin kejutan dengan meluncurkan Galaxy M Series terbaru. Sejauh ini, sudah ada dua model yang diluncurkan, yakni Galaxy M34 5G dan Galaxy M54 5G.

Tentu saja, yang menjadi perhatian para pecinta gadget di Tanah Air adalah kehadiran Galaxy M54 5G. Ini adalah Galaxy M Series tertinggi yang diluncurkan oleh Samsung, dan telah membawa beberapa peningkatan dibandingkan pendahulunya.

Akan tetapi, ada yang menarik! Seperti yang sudah kita dengar bersama, Samsung memasarkan Galaxy M54 5G ini dengan harga Rp6.499.000. Di sisi lain, Samsung juga punya Galaxy A54 5G yang dijual dengan harga tidak berbeda jauh dari Galaxy M54 5G.

Ya! Saat pertama kali diluncurkan, Samsung memasarkan Galaxy A54 5G dengan harga Rp5.999.000 untuk varian memori 8 GB/128 GB. Sementara, bagi konsumen yang tertarik dengan varian memori 8 GB/256 GB, handset ini dijual seharga Rp6.399.000.

Timbul pertanyaan, kalian lebih tertarik untuk membeli Galaxy A54 5G atau Galaxy M54 5G? Sebelum menjawab atau membeli, ada baiknya kita mencari tahu perbedaan ponsel pintar tersebut, mulai dari desain, layar, kamera, chipset hingga baterai.

Galaxy A54 5G

Sebagai penerus, Galaxy A54 5G membawa sejumlah peningkatan. Dari segi desain, ponsel pintar ini memiliki bodi belakang yang mirip dengan flagship Galaxy S23. Selain itu, Galaxy A54 kini juga tidak memiliki modul kamera belakang.

Samsung lebih memilih menanamkan tiga kamera belakang langsung dalam bagian punggungnya di pojok kiri atas yang disusun secara vertikal. Samsung juga untuk pertama kalinya menggunakan material kaca Gorilla Glass 5 pada punggung Galaxy A54 5G.

Salah satu yang diunggulkan oleh Samsung melalui Galaxy A54 5G adalah dukungan kameranya. Di bagian belakang, Samsung menyematkan kamera utama 50 MP. Meskipun berbeda dengan pendahulunya, kamera tersebut disebut-disebut lebih canggih.

Angka MP-nya mungkin lebih kecil, tetapi hasilnya akan berbeda. Karena sensor size dan ukuran pixel size dari kamera 50 MP yang ada pada Galaxy M54 5G lebih besar. Oleh karena itu, Samsung menjamin bahwa gambar yang dihassilkan jauh lebih tajam dan bagus.

Kamera utama 50 MP Galaxy A54 5G menggunakan sensor Sony IMX766 dengan ukuran sensor 1/5.6 inci dan tiap pikselnya berukuran 1 mikron. Selain itu, kamera utamanya ini juga sudah dilengkapi OIS (Optical Image Stabilization) yang lebih besar yaitu 1,5 derajat.

Selain kamera utama, pada bodi belakang perangkat, Samsung juga memuat kamera ultra-wide 12 MP dengan PoV 123 derajat serta kamera makro 5 MP. Di bagian depan, ada sensor kamera 32 MP untuk menjawab kebutuhan penyuka foto selfie atau video call.

Untuk spesifikasi layarnya, Galaxy A54 5G dikemas dengan panel Super AMOLED 6,4 inci resolusi FHD+, refresh rate 120 Hz, rasio aspek 19,5:9, serta tingkat kecerahan (brightness) maksimum 1.000 nit. Layarnya masih mengadopsi desain infinity-O.

Galaxy A54 5G telah ditenagai chipset Exynos 1380 (5nm). Chipset buatan Samsung ini bersanding dengan RAM 8 GB serta penyimpanan internal 128 GB atau 256 GB. Ponsel pintar ini juga dibekali slot microSD untuk menambah kapasitas penyimpanannya hingga 1 TB.

Berjalan dengan sistem operasi Android 13, antar muka yang disodorkan oleh Samsung adalah One UI 5.1. Samsung mengatakan bahwa Galaxy A54 5G akan mendapatkan 4 kali upgrade OS Android dan 5 tahun pembaruan keamanan.

Samsung Galaxy A54 5G juga telah ditopang baterai berkapasitas 5000 mAh dengan fast charging 25 watt. Fitur lain yang dibawa Galaxy A54 5G meliputi dukungan konektivitas 5G, speaker stereo berteknologi Dolby Atmos, serta ketahanan air dan debu dengan rating IP67.

Galaxy M54 5G

Seperti yang sudah kita tahu bersama, Samsung meluncurkan Galaxy M Series dengan nilai jual utamanya adalah kapasitas baterai yang ditawarkan. Galaxy M54 5G datang dengan dukungan catu daya “super jumbo”, yakni 6000 mAh dengan fast charging 25W.

Samsung menjanjikan bahwa baterai 6000 mAh yang ada pada Galaxy M54 5G bisa bertahan hingga dua hari untuk pemakaian normal. Sementara itu, Samsung juga menegaskan bahwa hanya butuh waktu 30 menit untuk mengisi ulang baterai hingga 43%.

Nah! Untuk sektor pencitraan, Samsung telah mempersenjatai Galaxy M54 5G dengan kamera utama 108 MP. Peningkatan yang dilakukan oleh Samsung dibanding pendahulunya, kamera utama 108 MP yang ada pada Galaxy M54 5G sudah dibekali OIS dan VDIS.

Dukungan tersebut memungkinkan Galaxy M54 5G mampu memotret dan merekam sebuah momen dengan minim guncangan dan dalam kualitas sinematik. Karena itu, tak perlu risau jika membawa ponsel pintar ini untuk memotret senja dari dalam mobil yang bergerak.

Dukungan kamera lainnya yang disematkan oleh Samsung di bagian belakang Galaxy M54 5G adalah sensor 8 MP sebagai kamera ultra-wide dan sensor 2 MP sebagai kamera makro. Sementara itu, di bagian depan ada sensor 32 MP untuk foto selfie.

Untuk memaksimalkan pengalaman penggunaan Galaxy M54 5G, mulai dari bekerja, membuat konten hingga menikmati hiburan, Samsung telah membekali ponsel pintar ini dengan chipset Exynos 1380 yang dikembangkan secara mandiri oleh Samsung.

Dari sisi performa CPU, Exynos 1380 diklaim oleh Samsung memapu menghadirkan performa hingga 12% lebih baik. Ini berarti, kalian dapat membuka aplikasi dengan mudah hingga melakukan render video yang lebih cepat dari sebelumnya.

Untuk para gamer, GPU dari Exynos 1380 juga meningkat hingga 18%. Dengan peningkatan ini, kalian akan mendapatkan peningkatan performa di dalam game apa pun yang dimainkan sehingga kalian bisa lebih lancar dalam melakukan push rank.

Sementara untuk power user yang biasa menggunakan banyak aplikasi dalam sekali penggunaan, Galaxy M54 5G hadir dengan RAM besar hingga 8 GB. Penyimpanan internalnya sebesar 256 GB yang dapat diupgrade via kartu microSD hingga 1 TB.

Lalu, bagaimana dengan layarnya? Galaxy M54 5G dikemas dengan panel Super AMOLED+ berukuran 6,7 inci dan memiliki resolusi FHD+. Selain itu, layarnya juga sudah ditopang dengan refresh rate 120 Hz. Hanya saja, bodi Galaxy M54 5G ini dibalut plastik polikarbonat.

Galaxy M54 5G yang dipasarkan di Indonesia tersedia dalam dua pilihan warna, Dark Blue dan Silver. Sementara itu, bagi Gen Z atau penggemar gadget di Tanah Air yang tertarik dengan ponsel pintar ini, Samsung menjualnya dengan harga Rp6.499.000.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.