NativZen
Advertising Area

Mau Bisnis Meroket? Begini Live Streaming yang Benar di SnackVideo

Live streaming di SnackVideo juga membutuhkan konsep yang kreatif dan persiapan yang matang agar dapat memberi hasil yang diharapkan.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Media sosial kini bisa dimanfaatkan oleh siapa saja, termasuk pelaku UMKM. Manfaat positif yang bisa mereka terima adalah dengan mudah mempromosikan produk yang dipasarkan, dan juga meningkatkan brand awareness.

Berbagai konten promosi dibuat semenarik mungkin agar mampu menarik perhatian dan kesadaran konsumen terhadap produk yang dipasarkan, sehingga diharapkan dapat meningkatkan penjualan yang lebih maksimal.

Satu dari banyaknya platform media sosial yang saat ini tengah gencar dimanfaatkan oleh pelaku UMKM adalah platform video pendek, seperti SnackVideo. Tak main-main, pengguna aktif SnackVideo telah mencapai 43 juta di seluruh Indonesia.

“SnackVideo merupakan platform video pendek yang dinamis dan mudah digunakan. Saat ini, pengguna aktif SnackVideo telah mencapai 43 juta di seluruh Indonesia,” ujar Dina Bhirawa, Head of Marketing SnackVideo Indonesia.

Nah! Salah satu fitur yang ada di dalam SnackVideo, dan sering digunakan oleh kebanyakan penggunanya adalah live streaming. Fitur ini pun juga dapat digunakan oleh para pelaku bisnis, dalam hal ini UMKM untuk membangun komunikasi dengan konsumen.

“Sama seperti membuat video pendek, live streaming juga membutuhkan konsep yang kreatif dan persiapan yang matang agar dapat memberi hasil yang diharapkan. Untuk itu, SnackVideo ingin memberikan beberapa panduan,” jelas Dina.

Saat mempersiapkan live streaming di SnackVideo, maka UMKM harus memperhatikan hal-hal berikut:

  • Menentukan jenis konten yang ingin dilakukan. Jenisnya bisa berupa chit chat atau obrolan, langkah-langkah penggunaan produk (misal untuk produk beauty), games & challenge, mukbang (untuk produk food & beverages), menari, atau bernyanyi. Jika live streaming untuk mempromosikan produk, sertakan juga informasi pembelian produk yang bisa dipilih oleh penonton.
  • Pilih waktu yang tepat untuk melakukan live streaming sesuai demografi dari pengguna yang menjadi sasaran. Informasikan terlebih dahulu jadwal live streaming serta host yang akan memandu acara agar tidak terlewat.
  • Pemilihan host yang tepat. Pilih host yang terlihat menarik dengan pakaian yang terlihat sopan dan rapi, rambut ditata dengan rapi, serta mengaplikasikan make up untuk host perempuan. Hindari penampilan host yang seksi dan vulgar.
  • Host bersikap ramah dan bersahabat dengan para penontonnya. Jangan lupa untuk mengucapkan salam dan menyapa penonton, terutama penonton yang sudah rutin menonton live streaming. Lakukan interaksi dengan membaca dan merespons komen-komen dari penonton, terutama yang berkaitan dengan informasi produk. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih jika ada penonton yang memberikan gift.
  • Jangan lupa persiapkan setting dan perlengkapan. Live streaming sebaiknya dilakukan di ruangan yang tenang sehingga host merasa nyaman dalam bekerja. Pastikan perlengkapan berfungsi dengan baik. Atur jarak duduk host serta pencahayaannya sehingga wajah host bisa terlihat dengan jelas tapi tidak memenuhi layar ponsel.

SnackVideo akan terus mendukung kemajuan UMKM di Indonesia dengan berbagi informasi berupa tips and tricks menarik yang dapat diimplementasikan oleh para UMKM dan content creator untuk mengembangkan konten di akun SnackVideo nya”, tutup Dina.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.