NativZen
Advertising Area

Snapdragon 7 Gen 3 Punya CPU & GPU Lebih Cepat dan Bertenaga

Qualcomm secara resmi telah memperkenalkan chipset kelas menengah terbarunya, Snapdragon 7 Gen 3.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Setelah mengumumkan kehadiran chipset unggulannya, Snapdragon 8 Gen 3 pada akhir Oktober lalu, Qualcomm kini melengkapi lini chipset kelas menengahnya. Pabrikan chipset asal Amerika Serikat ini baru saja mengumumkan kehadiran seri 7 kelas menengah terbarunya.

Ya! Chipset tersebut adalah Snapdragon 7 Gen 3. Meskipun penamaannya mungkin menyiratkan bahwa ini adalah penerus Snapdragon 7+ Gen 2 atau Snapdragon 7s Gen 2, tampaknya chipset baru ini berada di antara kedua chipset yang disebutkan.

Disebutkan bahwa Snapdragon 7 Gen 3 dibuat dengan teknologi proses 4nm TSMC, dan dilengkapi paket CPU 1+3+4. CPU Kryo menghadirkan inti utama dengan clock speed 2,63GHz, bersama dengan 3 x inti kinerja @2,4GHz dan 4 x inti efisiensi @1,8GHz.

Qualcomm mengklaim bahwa chipset kelas menengah terbarunya ini punya peningkatan kinerja CPU sebesar 15% dan GPU Adreno 50% lebih cepat dibandingkan Snapdragon 7 Gen 1. Juga disebutkan Snapdragon 7 Gen 3 menawarkan penghematan daya sebesar 20%.

Sementara itu, NPU Qualcomm Hexagon yang ada di dalam Snapdragon 7 Gen 3 mampu menawarkan kinerja AI per watt 60% lebih cepat dibandingkan Snapdragon 7 Gen 1. Sedangkan GPU Adreno mendukung OpenGL ES 3.2, OpenCL 2.0 FP, dan Vulkan 1.3 API.

Chipset terbaru dari Qualcomm ini juga menghadirkan dukungan layar hingga resolusi 4K 60Hz atau FHD+ 168Hz. Dilengkapi juga dengan Qualcomm Spectra ISP yang mampu menangani modul kamera utama hingga 200 MP dan merekam video 4K HDR pada 60Hz.

Snapdragon 7 Gen 3 dipasangkan dengan Sistem Modem-RF Snapdragon X63 5G yang menjamin kecepatan download hingga 5 Gbps melalui pita mmWave dan sub-6 GHz. Untuk konektivitas juga menghadirkan dukungan untuk Wi-Fi 6E dan Bluetooth 5.3.

Tak perlu menunggu lama, ponsel pintar pertama yang akan ditenagai Snapdragon 7 Gen 3 diperkirakan akan diluncurkan akhir bulan ini. Adalah Honor dan vivo yang sudah terdaftar sebagai OEM utama yang akan memelopori penggunaan chipset baru tersebut.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.