NativZen
Advertising Area

CEO OpenAI Dipecat Karena Tidak Sepakat Terkait Keamanan AI?

Bloomberg melaporkan bahwa pemecatan Sam Altman terkait dengan perselisihan internal mengenai keamanan dan kecepatan dalam pengembangan AI.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Sam Altman telah dipecat pada hari Jum,at (17/11) dari perannya sebagai CEO OpenAI, dan ini menjadi sebuah peristiwa yang cukup menggegerkan di industri AI. Keputusan tersebut diumumkan setelah “proses peninjauan yang disengaja oleh dewan direksi”.

Melalui postingan via blog, dewan direksi OpenAI menuliskan bahwa Sam Altman tidak “secara jujur” dalam bekomunikasi dengan anggota dewan direksi lainnya. Kurangnya transparansi itu dianggap menghambat kemampuan memenuhi anggung jawabnya secara efektif.

Sehari setelah pemecatannya, Sam Altman langsung berkicau di Twitter (platform X). Pemilik akun @sama itu mengungkapkan kecintaannya pada “waktu” yang diberikan di OpenAI dan ia juga mengisyaratkan rencana masa depannya.

Bersamaan dengan kepergian Sam Altman, Greg Brockman, salah satu pendiri OpenAI, yang awalnya mengundurkan diri sebagai ketua dewan direksi, juga mengumumkan bahwa dia akan meninggalkan perusahaan tersebut sepenuhnya beberapa jam kemudian.

Setelah pemecatan Sam Altman, dewan direksi OpenIA langsung menunjuk Mira Murati, yang sebelumnya menjabat sebagai CTO OpenAI, kini menjabat sebagai CEO sementara. Ya! Sayangnya, dewan direksi tidak mengungkap kapan mereka akan mengangkat CEO tetap.

Pemecatan Sam Altman merupakan hal yang tidak terduga, terutama mengingat peran aktifnya baru-baru ini dalam membentuk respons regulasi terhadap AI dan keterlibatannya dalam acara-acara penting serta diskusi terkait kebijakan AI.

Sam Altman telah menjadi wajah publik dari Open AI. Selama setahun terakhir, ia mengawasi pertumbuhan eksplosif produk AI transformatif seperti ChatGPT dan Dall-E. Ya! Tak sedikit orang yang mengatakan bahwa alasan spesifik kepergiannya tidak sangat jelas.

Bloomberg melaporkan bahwa pemecatan Sam Altman terkait dengan perselisihan internal mengenai keamanan dan kecepatan dalam pengembangan AI. Sementara, The Verge menuliskan bahwa, salah satu pendiri Open AI, Ilya Sutskever juga punya peranan.

Ilya Sutskever, yang juga seorang kepala ilmuan dan duduk dalam kursi dewan direksi OpenAI memiliki peran dalam upaya mendepak Sam Altman dari posisi CEO. Meski begitu, tak sedikit orang yang meragukan bahwa Sam Altman tetap akan menjadi tokoh utama di dunia AI.

Jika dia dalam waktu dekat mengumumkan sebuah perusahaan baru yang juga fokus pada urusan AI, tentu saja tidak banyak orang bakal terkejut. Tentu, yang bakal ditunggu-tunggu, inovasi apalagi yang akan keluar dari kepala Sam Altman terkait dengan AI. Kita tunggu saja!

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.