NativZen
Advertising Area

Emmett Shear, Pendiri Twitch Ditunjuk Jadi CEO Sementara OpenAI

Emmett Shear secara resmi mengambil alih sebagai CEO sementara OpenAI. Pengumuman resmi ini datang hanya satu jam setelah Microsoft mengkonfirmasi merekrut Sam Altman dan Greg Brockman.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Sam Altman dipecat mendadak dari kursi CEO OpenAI, dewan direksi langsung menunjuk Mira Murati sebagai CEO sementara. Namun, Mira Murati hanya tiga hari menduduki kursi CEO OpenAI. Pasalnya, dewan direksi telah menunjuk Emmett Shear, salah satu pendiri Twitch.

Ya! Emmett Shear secara resmi mengambil alih sebagai CEO sementara OpenAI. Informasi tersebut datang pada Minggu malam (19/11). Pengumuman resmi ini datang hanya satu jam setelah Microsoft mengkonfirmasi merekrut Sam Altman dan Greg Brockman.

“Hari ini saya mendapat telepon yang mengundang saya untuk mempertimbangkan peluang sekali seumur hidup: menjadi CEO sementara OpenAI,” kata Emmett Shear dalam postingan di X“. Setelah berkonsultasi dengan keluarga dan merenungkannya selama beberapa jam, saya menerimanya.”

Emmett Shear mengundurkan diri sebagai CEO Twitch awal tahun ini setelah ikut mendirikan platform Justin.tv yang akhirnya menjadi Twitch. Dia mengambil alih posisi CEO sementara OpenAI pada saat yang penuh gejolak bagi perusahaan.

Sebelumnya, CTO OpenAI Mira Murati sempat menjadi CEO sementara OpenAI pada hari Jum’at (17/11), menyusul pemecatan Sam Altman yang mengejutkan. Sekarang, Emmett Shear mengambil alih OpenAI dalam perubahan besar hampir setahun setelah peluncuran ChatGPT.

“Ketika dewan menyampaikan situasinya dan meminta saya untuk mengambil peran tersebut, saya tidak mengambil keputusan dengan mudah. Pada akhirnya saya merasa bahwa saya mempunyai kewajiban untuk membantu jika saya bisa,” ucap Emmett Shear.

Sama seperti Microsoft yang menegaskan kembali bahwa kemitraan dengan OpenAI masih hidup, Emmett Shear memiliki pesan serupa untuk dibagikan. “Kemitraan kami dengan Microsoft tetap kuat, dan prioritas saya melayani semua pelanggan kami dengan baik,” tambah Emmett Shear.

Gejolak di OpenAI sepertinya tidak akan mudah untuk disembuhkan, terutama karena Sam Altman dan Greg Brockman telah bergabung dengan Microsoft. Ya! Raksasa teknologi yang berbasis di Redmon ini adalah investor utama OpenAI yang dikabarkan memiliki 49 persen saham OpenAI.

Emmett Shear berencana untuk menyewa penyelidik independen untuk membuat laporan tentang proses yang mengarah pada pemecatan Sam Altman. Dia juga berencana mereformasi tim manajemen dan kepemimpinan OpenAI selama 30 hari ke depan.

“Stabilitas dan kesuksesan OpenAI terlalu penting untuk membiarkan gejolak mengganggu mereka seperti ini. Saya akan berusaha mengatasi permasalahan utama, meskipun dalam banyak kasus saya yakin dibutuhkan waktu lebih dari sebulan untuk hal itu,” jelas Emmett Shear

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.