NativZen
Advertising Area

Ratusan Karyawan OpenAI Mengancam Mengundurkan Diri

Sebagian besar staf di OpenAI mengancam akan mengundurkan diri dari perusahaan dan akan bergabung dengan Microsoft.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Drama OpenAI belum selesai! Setelah kasus pemecatan mendadak Sam Altman dari kursi CEO OpenAI dan mundurnya Greg Brockman, yang juga menjadi salah satu pendiri OpenAI, drama di perusahaan pengembang ChatGPT ini masih terus berlanjut.

Ya! Sebagian besar staf di OpenAI mengancam akan mengundurkan diri dari perusahaan dan akan bergabung dengan Microsoft. Seperti yang sudah kita dengar, Sam Altman dan Greg Brockman ditunjuk oleh Microsoft untuk memimpin “tim peneliti AI tingkat lanjut” yang baru.

Dalam sebuah surat yang dikirimkan ke dewan direksi OpenAI, lebih dari 500 staf OpenAI saat ini mengatakan bahwa “Microsoft telah meyakinkan kami bahwa ada posisi untuk seluruh karyawan OpenAI di anak perusahaan baru tersebut jika kami memilih untuk bergabung.”

Surat itu mengatakan karyawan OpenAI akan keluar jika dewan direksi tidak mempekerjakan kembali Sam Altman dan Greg Brockman, dan kemudian mengundurkan diri. Namun dewan direksi sepertinya telah memutuskan dengan menunjuk CEO baru sementara, Emmett Shear.

Sementara Sam Altman dan Greg Brockman menuju ke Microsoft,, tampaknya raksasa teknologi yang berbasis di Redmon tersebut baru saja menemukan beberapa ratus karyawan pertama Altman, dan janji perusahaan untuk mempekerjakan mereka semua.

Karyawan OpenAI yang menandatangani surat tersebut menuduh dewan direksi OpenAI telah “merusak misi dan perusahaan.” Mereka juga menolak gagasan bahwa OpenAI berkembang terlalu cepat tanpa memperhatikan keselamatan.

Sementara itu, Kara Swisher melalui akun X miliknya melaporkan bahwa saat ini terdapat 700 karyawan di OpenAI dan masih banyak lagi tanda tangan yang ditambahkan ke dalam surat tersebut. Surat tersebut tampaknya ditulis sebelum pemecatan Sam Altman.

Sementara itu, kepala ilmuwan OpenAI Ilya Sutskever, yang dilaporkan memimpin upaya pendepakan Sam Altman, juga berkicau di platform X. Dia memiliki banyak penyesalan tentang kekacauan akhir pekan di dalam OpenAI.

“Saya sangat menyesali partisipasi saya dalam tindakan dewan. Saya tidak pernah bermaksud merugikan OpenAI,” kata Ilya Sutskever. “Saya menyukai semua yang telah kami bangun bersama dan saya akan melakukan semua yang saya bisa untuk menyatukan kembali perusahaan.”

Satu hal yang cukup menarik, nama Ilya Sutskever juga ada dalam daftar pengunduran diri. Microsoft sendiri kini telah membentuk “tim peneliti AI tingkat lanjut” khusus untuk menampung sejumlah mantan karyawan OpenAI, dengan Sam Altman ditawari gelar CEO.

Tak sedikit yang menilai bahwa ini adalah langkah yang tidak biasa bagi Microsoft di luar akuisisi, karena perusahaan tersebut biasanya hanya menggunakan gelar CEO untuk para pemimpin divisi besar seperti Microsoft Gaming atau perusahaan yang diakuisisi.

Sementara itu, karyawan OpenAI telah memperjelas bahwa Microsoft memperlakukan ini seperti akuisisi besar, meyakinkan karyawan yang ada bahwa ada peran terbuka untuk bergabung dengan Sam Altman dan timnya di Microsoft.

Perekrutan Altman terjadi hanya beberapa jam setelah negosiasi dengan dewan direksi OpenAI gagal membawanya kembali sebagai CEO OpenAI. Sebaliknya, mantan CEO dan salah satu pendiri Twitch Emmett Shear ditunjuk sebagai CEO sementara.

Dia akan mengambil alih dari Mira Murati, yang ditunjuk sebagai CEO sementara OpenAI setelah pemecatan Altman yang mengejutkan pada hari Ju’mat (17/11). Murati berada di urutan teratas daftar karyawan OpenAI yang kini mengancam untuk bergabung dengan Microsoft.

Tim peneliti AI tingkat lanjut baru dari Microsoft hadir hanya seminggu setelah Microsoft mengumumkan bahwa mereka telah membangun chip AI khusus yang dapat digunakan untuk melatih large language model dan menghindari ketergantungan pada Nvidia.

Disebut-sebut, sebelumnya dewan direksi OpenAI sudah kecewa dengan Sam Altman yang dikabarkan telah membuat startup sendiri untuk membangun chip unit pemrosesan tensor AI (TPU) khusus menyaingi Nvidia, dan kabarnya Microsoft tertarik dengan proyek ini.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.