NativZen
Advertising Area

Spotify Umumkan Artis, Lagu, Podcast dan Kategori Teratas

Spotify mengumumkan daftar kategori teratas, termasuk lagu, artis, dan podcast berbagai genre, lewat Wrapped secara langsung melalui siaran televisi.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Untuk pertama kalinya, Spotify mengumumkan daftar kategori teratas, termasuk lagu, artis, dan podcast berbagai genre, lewat Wrapped secara langsung melalui siaran televisi. Siaran langsung ini digelar dengan tajuk ‘Spotify Wrapped Live Indonesia 2023’.

Dipandu oleh Vidi, Ayu Dewi, dan Ananda Omesh, acara ‘Spotify Wrapped Live Indonesia 2023’ ini dimeriahkan oleh penampilan para artis lokal dan internasional, di antaranya James Arthur, BamBam, Mahalini, Nadin Amizah, dan masih banyak lagi.

Tren Mendengarkan Musik di Indonesia Tahun 2023

Dalam acara ini, Tulus kembali meraih penghargaan sebagai Artis Indonesia dan Artis Laki-laki Indonesia Teratas tahun ini. Selain Tulus Mahalini (#2), Tiara Andini (#3), Nadin Amizah (#4), dan Hindia (#5) juga masuk dalam kategori ini.

Kejutan justru ditunjukkan oleh Anggi Marito. Ia merebut posisi Lagu Indonesia Teratas tahun 2023 dengan lagunya “Tak Segampang Itu,” diikuti “Komang” Raim Laode (#2), “Sial” Mahalini (#3), “Kau Rumahku” Raissa Anggiani (#4), dan “Tertawan Hati” dari Awdella (#5).

Mahalini menjadi Artis Perempuan Indonesia Teratas, sekaligus menyabet posisi Album Indonesia Teratas untuk albumnya ‘fábula‘. Album musik lainnya dalam kategori ini adalah ‘Menari Dengan Bayangan’ Hindia (#2), ‘Monokrom’ (#3) dan ‘Manusia’ (#4) Tulus, serta ‘Tiara Andini’ Tiara Andini (#5).

Masuk ke jajaran artis internasional, selain menjadi Artis Global Teratas tahun 2023 Taylor Swift juga menjadi Artis Internasional Teratas di Indonesia. Artinya, Taylor berhasil menjadi artis internasional yang paling banyak didengarkan di Indonesia pada tahun 2023.

Posisi Taylor Swift dibuntuti oleh One Direction (#2) pop boy band yang berbasis di London, The Weekend (#3), James Arthur (#4) yang juga tampil pada acara ‘Spotify Wrapped Live Indonesia 2023’, dan grup K-Pop BLACKPINK (#5).

Spotify juga mempersembahkan kategori spesial, “Lagu Ambyar Teratas 2023” yang jatuh kepada “Nemen – HipHop Dangdut version” NDX A.K.A. Kategori ini juga diwarnai lagu lain, yaitu “Sanes” Guyon Waton (#2), “Sewates Konco” Lavora (#3), “Dalan Liyane” Happy Asmara (#4), “Dadi Siji” Woro Widowati (#5).

Tren Mendengarkan Podcast di Indonesia Tahun 2023

Pada kategori Podcast Indonesia Teratas 2023, Rintik Sedu masih belum tergoyahkan. Ini diikuti oleh diikuti oleh beberapa podcast ternama lainnya, seperti Lentera Malam (Podcast Horor) (#2), PODKESMAS (#3), Kita dan Waktu (#4), dan Pengembangan Diri (#5).

Sementara itu, PODKESMAS, yang digawangi Surya, Darto, Omesh, dan Nggok, berada di posisi teratas untuk Podcast Komedi Indonesia Teratas. Selain itu, PODKESMAS juga menjadi podcast komedi yang paling banyak dicari di Spotify tahun 2023.

Lentera Malam (Podcast Horor) berada di posisi puncak untuk kategori Podcast Horor Teratas 2023, PODKES SELESAI memuncaki Podcast Pendatang Baru Teratas 2023, Si Kutu Buku peringkat pertama Podcast Edukasi Teratas 2023, dan Pengembangan Diri sebagai Podcast Self-Care Teratas 2023.

Tren Mendengarkan K-Pop di Dunia Tahun 2023

Merayakan perkembangan genre K-pop yang signifikan, Wrapped 2023 menghadirkan kategori Artis dan Lagu K-pop Global Teratas tahun ini. Posisi pertama Artis K-Pop Global Teratas diraih oleh BTS yang berhasil mempertahankan posisi ini sejak tahun 2022.

Keberhasilan BTS dibuntuti oleh BLACKPINK (#2), dan Jung Kook, yang juga anggota BTS di posisi (#3). Sementara itu, group K-Pop pendatang baru, NewJeans sukses menunjukkan taringnya dengan menyabet posisi (#4), dan Stray Kids (#5).

Grup pendatang baru NewJeans meraih pencapaian yang luar biasa di awal karir mereka, dengan lagu “OMG” dan “Ditto” berada di posisi #4 dan #5. Hits viral dari FIFTY FIFTY berjudul “Cupid – Twin Ver.” meraih posisi #2, melengkapi kategori ini.

Dari tahun ke tahun, Wrapped sudah menjadi sebuah momen penting dan menarik bagi Spotify untuk memperlihatkan perjalanan para pengguna mendengarkan konten audio melalui penyajian data yang unik dan menyeluruh.

Para pengguna Spotify dapat menemukan pengalaman Wrapped yang dipersonalisasi ketika mengakses Spotify. Wrapped 2023 dilengkapi dengan fitur interaktif terbaru untuk merayakan perjalanan mereka mendengarkan konten audio sepanjang tahun.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.