NativZen
Advertising Area

1,1 Miliar Foto Dipakai Meta Melatih AI Image Generator Bikinannya

Terbilang cerdas karena “Imagine with Meta AI” ini dilatih menggunakan 1,1 miliar foto dari Instagram dan Facebook.

Advertising Area

Nativzen.com – Meskipun teknologi kecerdasan buatan alias AI baru menjadi bagian dari kehidupan kita sejak tahun lalu, tetapi teknologi “masa depan” tersebut sudah ada dimana-mana. Hampir setiap layanan dan produk digital yang dihadirkan membawa teknologi AI.

Meta, salah satu perusahaan yang “menggilai” AI, baru-baru ini telah memperkenalkan website untuk membuat gambar gratis bernama “Imagine with Meta AI.” Meskipun masih digunakan secara terbatas, namun website berbasis AI ini telah mendapat banyak pujian.

Terbilang cerdas karena “Imagine with Meta AI” ini dilatih menggunakan 1,1 miliar foto. Namun, yang cukup mengejutkan, 1,1 milir foto tersebut berasal dari foto-foto yang ada di Instagram dan Facebook. Tentu saja, tindakan ini membuat banyak orang khawatir.

Menanggapi kekhawatiran tersebut, Meta “membela” tindakannya. Perusahaan yang dipimpin oleh Mark Zuckerberg tersebut telah mengklarifikasi bahwa mereka secara eksklusif menggunakan gambar dari postingan publik, dan privasi pengguna dijamin keamanannya.

Penting untuk diperhatikan bahwa menggunakan foto yang tersedia diruang publik, seperti Instagram dan Facebook memang tidak melanggar standar privasi. Meski demikian, beberapa pihak menafsirkan tindakan Meta ini sebagai potensi pelanggaran perlindungan data pribadi.

Namun, 1,1 miliar foto tidaklah sebanyak yang dibayangkan. Instagram sendiri setiap harinya memiliki unggahan foto dan video sekitar 95 juta. Oleh karena itu, kemungkinan foto atau video kamu digunakan oleh layanan ini cukup kecil, meskipun ada kemungkinan.

Sejauh ini “Imagine with Meta AI” hanya tersedia untuk pengguna di Amerika Serikat, dan diharapkan Meta dapat memboyong layanan berbasis kecerdasan buatan tersebut untuk digunakan di negara lain. Bagaiamana menurut kamu, tertarik untuk menggunakannya?

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.