NativZen
Advertising Area

AI Gemini Bikinan Google akan Hadir di Pixel 8 Pro

Google menjanjikan bahwa Pixel 8 Pro adalah ponsel pintar Android pertama yang akan mengadopsi Gemini Nano.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Google telah meluncurkan inovasi terbarunya dalam large language model (LLM), yang diberi nama Gemini. Ada tiga versi berbeda yang dihadirkan oleh Google, yakni Nano, Pro, dan Ultra. Ketiganya memiliki kemampuan yang unik dalam industri artificial intelligence (AI).

Gemini Nano adalah model AI entry-level dan paling efisien yang ditawarkan oleh Google. Model ini dirancang untuk berjalan secara lokal di ponsel pintar milik pengguna, dan Pixel 8 Pro adalah ponsel pintar pertama yang akan mengadopsi Gemini Nano.

Karena raksasa search engine yang berbasis di Mountain View ini menjanjikan Gemini Nano berjalan secara lokal di ponsel pintar milik pengguna, dalam hal ini Pixel 8 Pro, dengan begitu pengguna tidak perlu terhubung ke internet.

Pemrosesan lokal ini (saat ini) mendukung dua fitur baru untuk Pixel 8 Pro:

Perekaman yang Ringkas: Fitur ini memungkinkan pengguna secara otomatis untuk membuat ringkasan rekaman audio atau suara. Dengan begitu, ini bakal meningkatkan produktivitas pengguna dalam penyerapan sebuah informasi.

Balasan Cerdas di Gboard: Peningkatan ini menyarankan balasan yang relevan secara kontekstual dalam aplikasi perpesanan, namun saat ini hanya terbatas pada WhatsApp. Pengguna tak perlu khawatir, pasalnya Google berencana segera memperluas fitur ini ke aplikasi lain.

Sekadar informasi untuk kamu, dua fitur yang disebutkan di atas adalah bagian dari turunan fitur yang akan dirilis oleh Google pada bulan Desember ini, yang tentunya juga mencakup banyak tambahan baru lainnya. Jadi kita tunggu saja!

Meskipun chip Tensor G3 memiliki kemampuan eksklusif untuk menjalankan fitur AI, sayangnya saat ini chipset tersebut hanya terpasang pada bodi Pixel 8 Pro. Tentunya kita berharap, Google akan menyediakan fitur yang setara ke dalam Pixel 8 varian standar.

Google juga berupaya untuk menghadirkan kemampuan Gemini Nano ke seluruh sistem Android. Mereka telah meluncurkan sistem baru yang disebut AICore. Ini untuk membantu pengembang mengintegrasikan fitur-fitur yang didukung Gemini ke dalam aplikasi mereka.

Meskipun ponsel pintar yang dilengkapi dengan Gemini “wajib” memiliki chipset bertenaga, Google mengonfirmasi kompatibilitas dengan chipset dari Qualcomm, Samsung, dan MediaTek. Selain itu, pengembang juga sudah dapat bergabung dengan program akses awal yang dijanjikan Google.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.