NativZen
Advertising Area

Dibanjiri Fitur AI, Windows 12 Debut Paruh Kedua 2024

Microsoft dikabarkan sedang mengarap Windows 12 yang memiliki nama sandi “Hudson Valley”. Diperkirakan OS ini akan diirlis pada paruh kedua 2024.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Microsoft bersiap-siap untuk meluncurkan versi baru Windows, yang untuk sementara diberi nama sandi “Hudson Valley,” yang berpotensi dipasarkan sebagai Windows 12. Menurut berbagai sumber, diharapkan sistem operasi ini akan dirilis pada paruh kedua 2024.

Datang sebagai sistem operasi di era modern, Microsoft tampaknya akan merevolusi Windows 12 dengan fokus kekuatan pada AI. Versi awal OS ini sedang menjalani pengujian di saluran Windows Insider Canary, dengan versi RTM dijadwalkan dirilis pada April 2024.

Fokus utama OS ini adalah meningkatkan pengalaman pengguna melalui AI. Fitur utamanya mencakup Windows Shell yang digerakkan oleh AI dan asisten Copilot AI “co-pilot tingkat lanjut”. Asisten ini dirancang untuk beroperasi berkesinambungan di latar belakang.

Ya! Diyakini asisten ini juga akan meningkatkan beberapa fungsi seperti pencarian, peluncuran aplikasi, manajemen alur kerja, dan pemahaman konteks. Selain itu, AI yang disematkan pada Hudson Valley ini akan terintegrasi secara mendalam di seluruh sistem.

Oleh karena itu, sistem operasi ini juga disebut-sebut bakal memerlukan perangkat keras NPU (Neural Processing Unit) terbaru untuk kinerja yang lebih optimal. Akibatnya, kebutuhan perangkat keras untuk sebuah komputer akan meningkat secara signifikan.

Hal itu membawa dampak komputer lama tidak akan kompatibel dengan beberapa fitur yang fokus pada AI. Tingkat perakitan PC AI yang dilengkapi dengan NPU diperkirakan akan meningkat tajam hingga mencapai 81% pada tahun 2027, menurut perkiraan IDC.

Hal ini menunjukkan adanya tren adopsi AI secara umum di pasar PC. Sementara itu, pembaruan terkini di Windows 11, termasuk pembaruan Copilot AI dan fitur Background Removal di Paint, mengisyaratkan komitmen berkelanjutan Microsoft terkait dengan AI.

Selain itu, road map terbaru untuk siklus pembaruan Hudson Valley juga dilaporkan sedang dikerjakan. Selain Copilot canggih, Hudson Valley dikabarkan akan memperkenalkan wallpaper yang ditenagai AI dengan efek paralaks dinamis dan kemampuan berinteraksi.

Fitur lainnya, yakni Super Resolution yang digadang-gadang bakal meningkatkan kualitas foto, video, dan game, peningkatan mode hemat energi, dan potensi desain ulang antarmuka di desktop dengan baki sistem diposisikan di atas.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.