NativZen
Advertising Area

Google Suntik Mati Layanan Podcastnya April 2024

Google, raksasa search engine yang berbasis di Mountain View ini telah mengonfirmasi resmi bahwa Google Podcast akan di suntik mati April 2024.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Pada bulan September lalu, Google mengumumkan akan menutup aplikasi podcast buatannya, Google Podcasts. Sekarang, raksasa search engine yang berbasis di Mountain View ini telah mengonfirmasi bahwa Google Podcast akan ditutup pada April 2024.

Langkah ini sekaligus mengembalikan podcast ke YouTube seperti pada tahun 2022 lalu, yang menyederhanakan layanan Google terkait audio dalam satu atap. Sementara itu, untuk membantu transisi pengguna, Google juga telah meluncurkan tools migrasi terbaru.

Dengan tools ini memungkinkan pengguna lebih mudah mentransfer daftar podcast berlangganannya dari Google Podcast ke YouTube Music. Saat ini, tools migrasi tersebut hanya tersedia untuk pengguna di Amerika Serikat, dan diperkirakan akan segera diluncurkan secara global.

Google mengatakan bahwa alat bantu migrasi ini akan muncul di dalam aplikasi Google Podcasts dalam waktu dekat, yang dapat diakses melalui spanduk di bagian atas layar. Google juga sedang mempersiapkan step-by-step mengenai proses migrasi tersebut.

Meskipun aplikasi Google Podcast sendiri akan berhenti berfungsi pada bulan April, pengguna di Amerika Serikat AS masih dapat mendengarkan podcast mereka dalam aplikasi hingga Maret 2024. Sementara itu, migrasi dan ekspor langganan akan tersedia hingga Juli 2024

Jika khawatir dengan “aksi” Google, yang menutup aplikasi podcast (mengacu pada Google Listen dan Google Play Music Podcasts yang dihentikan), pengguna masih memiliki opsi lain, yaitu mengekspor daftar podcast berlangganannya sebagai file OPML hingga Agustus 2024.

Meskipun hal ini bikin sedikit rumit bagi pengguna, Google memberi keyakinan bahwa pengalaman baru ini akan menjadi “pengalaman podcast yang luar biasa untuk semua.” Pengguna juga memiliki opsi untuk beralih ke platform podcast lain jika diinginkan.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.