NativZen
Advertising Area

GoTo Bermitra dengan TikTok, Hidupkan Kembali TikTok Shop

TikTok akan memiliki pengendalian atas Tokopedia. Sementara, fitur TikTok Shop di Indonesia akan dijalankan oleh Tokopedia.

Advertising Area

NATIVZEN.com – GoTo dan TikTok telah telah mengumumkan kemitraannya untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. Kemitraan yang diumumkan pada hari ini, Senin (11/12) fokus pada pemberdayaan serta perluasan pasar bagi pelaku UMKM nasional.

Sebagai bagian dari kemitraan tersebut, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah Tokopedia, di mana TikTok akan memiliki pengendalian atas Tokopedia. Sementara, fitur TikTok Shop di Indonesia akan dijalankan oleh Tokopedia.

Sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional Tokopedia, TikTok akan menggelontorkan investasi lebih dari US$1,5 miliar. Melalui kesepakatan ini, TikTok dan GoTo dapat memperluas manfaat bagi pengguna serta pelaku UMKM Indonesia.

Pertumbuhan bisnis Tokopedia setelah terintegrasi dengan TikTok Shop ini akan membawa keuntungan bagi GoTo, yang akan tetap menjadi mitra ekosistem bagi Tokopedia, termasuk menjangkau pasar yang lebih luas dengan layanan keuangan digital.

Kemitraan strategis ini akan diawali dengan periode uji coba yang dilaksanakan dengan konsultasi dan pengawasan dari kementerian serta lembaga terkait. Program yang akan diluncurkan di masa uji coba ini adalah kampanye Beli Lokal dimulai pada 12 Desember.

Hadir di aplikasi Tokopedia dan TikTok, kampanye Beli Lokal akan mempromosikan berbagai jenis merchant produk asal Indonesia. Sementara, Beli Lokal di aplikasi TikTok, memungkinkan pengguna TikTok berbelanja dan berinteraksi dengan produk lokal favorit.

Ke depannya, TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo berkomitmen memberikan manfaat lebih luas bagi pelaku UMKM dengan memanfaatkan platform e-commerce, dan mendorong penciptaan jutaan lapangan kerja baru dalam lima tahun mendatang.

Dengan penggabungan kedua bisnis tersebut, lebih dari 90% merchant merupakan pelaku UMKM. Tak hanya itu, para pelaku UMKM tersebut juga akan mendapatkan dukungan melalui berbagai program yang digulirkan oleh TikTok, Tokopedia dan Grup GoTo.

Transaksi tersebut diharapkan akan selesai pada kuartal pertama tahun 2024. Kesepakatan ini juga sejalan dengan langkah Grup GoTo untuk memperkuat posisi keuangan serta strategi Perseroan untuk memperluas cakupan pasar (total addressable market).

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.