NativZen
Advertising Area

Telkomsel Bangun Pusat Riset 5G Hive di ITB

Telkomsel berkolaborasi dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) mengembangkan pusat riset teknologi 5G Hive.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Telkomsel sebagai operator telekomunikasi ternama di Indonesia terus mendorong pemanfaatan teknologi 5G di Tanah Air. Salah satu buktinya, Telkomsel berkolaborasi dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) mengembangkan pusat riset teknologi 5G Hive.

Kolaborasi Telkomsel dan ITB ini tidak hanya merefleksikan komitmen kedua institusi dalam memanfaatkan teknologi terkini untuk memperkuat ekosistem pendidikan dan ekonomi digital, tetapi juga simbol kemajuan teknologi di Indonesia.

Melalui kolaborasi ini, Telkomsel bersama ITB melakukan riset inovatif bersama yang berfokus pada pengembangan ekosistem 5G dengan berbagai pemanfaatan usecase 5G di tingkat lanjutan, seperti IoT, AI dan Smart City.

“Kolaborasi ini merupakan komitmen bersama untuk memimpin transformasi digital di Indonesia melalui pengembangan infrastruktur dan solusi 5G,” ucap Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki Hamsat Bramono.

Saki menambahkan bahwa inisiatif kolaborasi ini selaras dengan semangat Telkomsel yang terinspirasi dari semangat Indonesia, yakni menciptakan terobosan sekaligus menjadi pionir inovasi 5G yang mendorong Indonesia memasuki era baru kemajuan teknologi global.

“Kami berharap kolaborasi yang jadi bagian dari prinsip ESG (Environmental, Social, and Governance) ini dapat menjadikan 5G Hive sebagai pusat inovasi untuk mengembangkan dan mempersiapkan talenta digital siap saing di kancah global,” tambah Saki.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Institut Teknologi Bandung, Prof. Ir. I Gede Wenten, M.Sc., Ph.D. menyambut gembira kolaborasi ini. Dia mengungkapkan bahwa ITB mengapresiasi inisiatif Telkomsel dalam menghadirkan pusat riset teknologi 5G Hive.

“Melalui kolaborasi ini, kami bersama-sama menyatukan visi merancang struktur masa depan digital Indonesia melalui pemanfaatan 5G dengan mengoptimalkan aset dan kapabilitas infrastruktur teknologi yang dimiliki Telkomsel dan keunggulan akademik ITB,” ucap I Gede Wenten.

Potensi dan dampak strategis yang dapat dihasilkan melalui kolaborasi riset antara Telkomsel dan ITB dalam inisiatif 5G Hive ini mencakup berbagai area yang krusial dan inovatif seperti Optimasi Jaringan 5G, Inovasi B2B dan Smart Video Analytic.

Kemudian potensi Pengembangan IoT, Potensi ESG, serta inovasi dalam teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) yang membuka peluang baru, mendukung kenyamanan pengalaman digital masyarakat sekaligus meningkatkan nilai inovasi Telkomsel secara global.

“Inisiatif 5G Hive oleh Telkomsel dan ITB merupakan langkah dalam memajukan teknologi digital di Indonesia. Melalui inisiatif kolaborasi ini, kami berkomitmen untuk membawa inovasi berdampak signifikan bagi masyarakat dan ekonomi Indonesia,” tutup Saki.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.