NativZen
Advertising Area

Nonton Premier League Ilegal, Awas Diganjar Malware

Waspada, serang siber seperti malware bisa datang dari banyak cara, salah satunya melalui konten ilegal yang kita tonton.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Laporan yang dirilis oleh Digital Citizens Alliance pada bulan Juni 2023, berjudul ‘Giving Piracy Operators Credit’, mendapati bahwa 44 persen pengguna yang mengakses konten bajakan secara online pernah mengalami kasus pencurian identitas.

Laporan yang sama juga mendapati bahwa sebanyak 46 persen pengguna yang mengakses konten bajakan, perangkatnya sering terkena malware, dibandingkan dengan hanya sembilan persen yang tidak mengakses konten bajakan.

Menyikapi hal itu, para pemain Premier League, seperti dari Manchester United dan Liverpool menjadi ujung tombak dalam kampanye ‘Boot Out Piracy’ Liga Inggris. Ini untuk meningkatkan kesadaran para penggemar akan risiko merugikan dari streaming konten ilegal.

Diluncurkan untuk musim ke-4 di Indonesia, kampanye tahun ini menampilkan para bintang Premier League, antara lain Casemiro (MU), Diogo Jota (Liverpool), Julio Enciso (Brighton & Hove Albion), Abdoulaye Doucouré (Everton), dan Taiwo Awoniyi (Nottingham Forest).

Dalam serangkaian video yang akan muncul di berbagai kanal digital, pemain-pemain tersebut menekankan bahwa orang-orang yang mengakses konten Premier League melalui website atau streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan terhadap ancaman siber.

Tak hanya malware, perangkat yang mereka gunakan juga terancam serangan ransomware yang berbahaya. Ini bisa menimbulkan penipuan dan pencurian data yang dapat merugikan secara finansial, dan tentunya pengalaman menonton dengan kualitas streaming yang buruk.

“Ada banyak kerugian akibat serangan malware pada tahun 2022. Konsumen harus menyadari bahwa website dan aplikasi yang melakukan streaming konten bajakan adalah salah satu sumber utama serangan ini,” ucap Prof. Paul Watters, konsultan dan peneliti keamanan siber.

Ditambahkan oleh Paul bahwa meskipun antivirus dapat membantu konsumen, namun software ini tidak mampu mengimbangi banyaknya varian malware yang muncul setiap harinya. Obat terbaik adalah pencegahan, hindari website-website ilegal.

Premier League telah bekerja sama dengan otoritas lokal di seluruh dunia untuk menindak operator website streaming ilegal. Karena itu, Premier League juga mengapresiasi kerja Pemerintah Indonesia atas upaya berkelanjutan untuk memblokir website streaming ilegal.

Sejauh ini, upaya tersebut telah memblokir lebih dari 6 ribu domain dan 750 IP yang menampung konten bajakan. Pemerintah Indonesia juga telah mencegah streaming ilegal Premier League dan konten lain serta membatasi akses ke operasi perjudian tak berizin

“Melalui kampanye ‘Boot Out Piracy’, kami terus menekankan besarnya risiko menonton pertandingan melalui streaming ilegal. Selain kehilangan pengalaman menonton terbaik, mereka juga menghadapi bahaya keamanan siber,” ungkap Penasihat Umum Premier League, Kevin Plumb.

Di Indonesia, Premier League bekerja sama dengan mitra penyiaran lokal Vidio dalam kampanye ‘Boot Out Piracy’, serta mengembangkan berbagai inisiatif edukasi konsumen, yang salah satunya adalah acara penggemar yang akan diumumkan dalam beberapa bulan ke depan.

“Vidio sangat mengapresiasi Premier League yang telah menginisiasi ‘Boot Out Piracy’, dan kerja keras pemerintah Indonesia untuk memberantas konten streaming online ilegal,” ucap Gina Golda Pangaila, SVP Legal, Anti-Pembajakan, dan Hubungan Pemerintah, Vidio.

Vidio juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk melaporkan segala bentuk upaya pembajakan dan pelanggaran hak intelektual milik Vidio. Caranya, masyarakat Indonesia bisa mengirimkan laporannya ke [email protected].

“Dalam rangka mensosialisakan kampanye ‘Boot Out Piracy’, Vidio bersama Premier League akan mendatangkan legenda Manchester United, Owen Hargreaves dalam waktu dekat. Ini jadi kesempatan emas bagi Fans MU untuk bertemu idolanya,” pungkas Gina.

Kampanye ‘Boot Out Piracy’ ini akan ditayangkan di seluruh kanal siaran, media sosial, website dan YouTube di Indonesia. Selain itu, kampanye ini juga akan disosialisikan di beberapa negara Asia, seperti Singapura, Malaysia, Hong Kong, Thailand dan Vietnam.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.