NativZen
Advertising Area

Lenovo Hadirkan PC AI Lewat Laptop ThinkPad Terbaru

Lenovo ThinkPad X1 Carbon, dan ThinkPad X1 2-in-1, dua buah laptop bisnis terbaru Lenovo yang nantinya juga akan dipamerkan di CES 2024.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Gelaran CES 2024 akan berlangsung pada tanggal 9 hingga 12 Januari 2024. Masih mengambil tempat yang sama, yakni digelar di Las Vegas, Amerika Serikat, Lenovo adalah salah satu produsen teknologi yang bakal unjuk gigi di CES 2024.

Terkait dengan hal itu, Lenovo telah meluncurkan laptop bisnis terbarunya, yang semuanya dirancang untuk membuka pengalaman AI alias kecerdasan buatan dan meningkatkan produktivitas, kreativitas, serta efisiensi penggunanya.

Adalah Lenovo ThinkPad X1 Carbon, dan ThinkPad X1 2-in-1, dua buah laptop bisnis terbaru Lenovo yang nantinya juga akan dipamerkan di CES 2024. Semua perangkat portabel Intel Evo tersebut sudah ditenagai prosesor Intel Core Ultra terbaru.

Tak hanya itu, Lenovo juga membekali laptop bisnis barunya itu dengan Windows 11 yang menghadirkan efisiensi daya, kinerja, dan pengalaman imersif yang optimal. Dukungan lainnya yang dimuat oleh Lenovo adalah teknologi AI.

Lenovo juga menggarisbawahi bahwa dukungan AI tersebut akan membantu pengguna merasakan pengalaman baru dan meningkatkan efisiensi dalam bekerja dan bermain, termasuk kemampuan yang diaktifkan oleh Copilot di Windows 11.

Cocok untuk pebisnis profesional, laptop Lenovo terbaru ini adalah yang pertama yang mendorong revolusi PC AI. Secara fundamental ini akan mengubah cara pengguna, berkolaborasi, dan berinteraksi dengan PC yang digunakan.

“Inovasi PC AI telah menjadi semangat kami. Kami tidak hanya membuat PC, kami juga membuat teknologi komputasi AI yang revolusioner,” ujar Jerry Paradise, Vice President, Commercial Portfolio and Product Management, Lenovo Intelligent Devices Group.

Lebih lanjut, Jerry juga menjelaskan bahwa laptop Lenovo ThinkPad X1 terbaru akan mengubah pengalaman pengguna dalam bekerja dan berinteraksi melalui kecepatan serta kecerdasan AI baru yang ditenagai prosesor Intel Core Ultra.

Siap untuk Gelombang Komputasi Bisnis Berikutnya

Lenovo dengan prosesor Intel Core Ultra memang telah siap untuk menyambut generasi komputasi bisnis berikutnya. Perangkat ini memiliki tiga mesin komputasi, yakni CPU, GPU dan NPU. Semua itu dapat menangani tugas PC AI secara efisien dan cerdas.

Memindahkan tugas komputasi ke NPU dan GPU meningkatkan efisiensi dan performa, serta menghadirkan manajemen daya yang lebih baik. Pengguna dapat menikmati kerja bebas berkualitas yang lebih tinggi dalam aplikasi perangkat lunak yang didukung.

Kemampuan seperti memprediksi teks, memburamkan latar belakang, mentranskrip rapat, dan meringkas e-mail dapat meningkatkan produktivitas pengguna. Sementara, tools kreasi untuk konten digital dapat memaksimalkan kreativitas tanpa mempengaruhi performa sistem.

Dengan Copilot di Windows 11, hal-hal yang dilakukan pengguna setiap harinya menjadi lebih mudah dan cepat. Dengan begitu, Lenovo akhirnya dapat mengubah PC dan perangkat lainnya untuk memberikan solusi AI yang dipersonalisasi.

Pengalaman Pengguna Tanpa Batas

Lenovo Product Diversity Office berupaya untuk mengintegrasikan inklusi dan umpan balik dari berbagai segmen pengguna sejak awal dalam pengembangan produk. Pengalaman pelanggan yang inklusif ini selalu menjadi fokus utama inovasi ThinkPad.

Tactile markings selalu menjadi bagian dari desain ThinkPad sejak 1992 untuk membantu pengguna tunanetra dalam menavigasi keyboard. Pada 2021, Lenovo melalui Product Diversity Office menjalin kemitraan dengan Sekolah Tunanetra Governor Morehead di Raleigh, North Carolina, Amerika Serikat.

Kemitraan dengan Sekolah Tunanetra tersebut bertujuan untuk lebih memahami bagaimana pengguna tunanetra berinteraksi dengan PC mereka. Ya! Lenovo adalah produsen laptop pertama yang mengintegrasikan isyarat sentuhan tambahan yang meningkatkan aksesibilitas.

Lenovo menyelaraskan perubahan ini dengan Tim Aksesibilitas Microsoft yang bekerja menuju standar industri baru dalam desain keyboard. Hasil kolaborasi ini terlihat dengan Tactile markings baru pada keyboard, meliputi:

  • Volume naik/turun: Audio sangat penting bagi pengguna yang mengalami gangguan penglihatan. F2 dan F3 akan menyertakan tactile markings, sehingga lebih mudah untuk membedakan antara volume naik dan turun.  
  • Tombol Insert: Tombol Insert dan Delete sering kali berdampingan di keyboard dan dapat mengakibatkan pemborosan waktu dan merusak dokumen. Seringkali, pengguna menghapus atau menyisipkan konten ketika mereka bermaksud melakukan yang sebaliknya. Tactile mark pada tombol Insert akan memudahkan untuk membedakan antara kedua tombol tersebut. 
  • Tombol fungsi: Tombol Fn sangat penting bagi individu yang menggunakan pembaca layar. Terletak di sebelah tombol CTRL dan memiliki ukuran yang sama, sering kali kondisi ini menjadi sumber masalah.
  • Tombol Enter: Meskipun ini tampaknya merupakan tambahan yang jelas, ukuran tombol Enter dapat bervariasi berdasarkan keyboard dan bahasa.

Lebih banyak inovasi yang berpusat pada pengguna meningkatkan interaksi perangkat pada ThinkPad X1. TrackPad 120mm yang lebih besar dengan tombol fisik meningkatkan akurasi penunjuk dan penggunaan satu tangan dengan TrackPoint terintegrasi.

Menariknya, ini adalah sebuah fitur baru yang disematkan oleh Lenovo ke dalam ThinkPad X1. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan fitur umum dari daftar pilihan dengan mengetuk dua kali TrackPoin, untuk membuka Menu Cepat TrackPoint.

Sementara itu, TouchPad Haptic kaca adalah metode input opsional untuk pertama kalinya yang juga dihadirkan oleh Lenovo pada ThinkPad X1. Selain itu, ThinkPad X1 2-in-1 juga memiliki pena magnetik yang lebih besar untuk pengalaman stylus yang lebih baik.

Tak hanya itu, ThinkPad X1 Carbon dan ThinkPad X1 2-in-1 yang baru juga telah meningkatkan kemampuan manajemen termal dan konsumsi daya, serta menghadirkan fitur Computer Vision di Lenovo Commercial Vantage. 

Fitur-fitur tersebut termasuk wake-on-approach dengan penginderaan wajah, dan mendukung peredupan adaptif pada monitor eksternal. Sudah barang tentu, selain menambahkan keamanan ekstra, fitur-fitur tersebut juga menghemat daya. 

ThinkPad X1 selalu unggul dalam opsi layar dan fitur kamera yang dihadirkan. Lenovo View menyediakan tools peningkatan video untuk kamera termasuk Low Light Enhancer baru yang dapat mencerahkan dan menghilangkan noise video di lingkungan low-light.

Software ini berjalan pada NPU untuk menghemat daya dan beban prosesor saat menjalankan aplikasi komunikasi terpadu seperti Teams atau Zoom. Selain itu, ThinkPad X1 juga datang dengan kamera 8MP opsional dalam Communications Bar.

Ini dapat memberikan kualitas konferensi video yang sangat baik pada pilihan layar OLED 120Hz terbaru. Communications Bar juga memungkinkan peningkatan rangka yang didesain ulang dengan bingkai yang lebih tipis sehingga laptop ini bisa dibuka dengan satu tangan. 

ThinkPad X1 terbaru ini juga terus mengadopsi penggunaan bahan daur ulang, plastik PCC, kemasan bambu dan kemasan bebas plastik untuk meminimalkan penggunaan bahan baku dan meningkatkan penggunaan plastik konten daur ulang pasca-industri (PIC).

Lenovo juga bekerja sama dengan Toray Industries, Inc., juga membangun bahan serat karbon daur ulang ThinkPad X1 Carbon Gen 12. Bahan ini diperoleh dari komposit serat karbon yang digunakan dalam produksi sayap Boeing 787.

ThinkPad X1 Gen 12 dan X1 2-in-1 Gen 9 terbaru menciptakan terobosan dalam komputasi laptop premium dengan fitur-fitur PC AI baru dan inovasi yang berpusat pada pelanggan dalam rangka mentransformasikan pengalaman pengguna.

“Melalui fokusnya pada inovasi konstan dalam desain, bahan, kegunaan, dan kolaborasi yang kuat dengan mitra industri terkemuka, Lenovo telah menghadirkan laptop bisnis baru yang siap memenuhi janjinya tentang AI for All,” pungkas Jerry.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.