NativZen
Advertising Area

Mulai 2024 Backup WhatsApp akan Makan Google Drive

Fitur Backup di WhatsApp mulai paruh pertama 2024 akan diarahkan ke Google Drive. Karena itu, kamu harus jeli melakukan pengaturannya.

Advertising Area

NATIVZEN.com Bagi kamu pengguna perangkat Android dan setia memakai aplikasi tukar pesan instant WhatsApp, maka bersiap-siaplah untuk menghadapi perubahan. Sebab, fitur Backups yang ada di dalam aplikasi ini akan segera “memakan” penyimpanan di Google Drive.

Persyaratan terbaru yang dikeluarkan oleh WhatsApp, yang diumumkan pada awal bulan Desember 2023 lalu, mengakhiri pengecualian yang sudah lama ada untuk backup data WhatsApp. Hal ini sudah bisa dirasakan oleh pengguna versi Beta.

Meskipun WhatsApp yang berada di bawah Meta belum mengumumkan tanggal spesifik yang ditetapkan, backup tersebut, yang mencakup riwayat obrolan, gambar, dan video, akan memakan kuota penyimpanan di Google Drive yang dimiliki pengguna.

Meta mengonfirmasi bahwa perubahan tersebut akan berlaku bagi pengguna Android mulai paruh pertama 2024. Meski begitu, pengguna akan menerima notifikasi 30 hari sebelumnya, yang ditampilkan di dalam pengaturan Chat Backup, pada aplikasi WhatsApp.

Namun, bagi kamu yang khawatir dengan membengkaknya kapasitas penyimpanan pada Google Drive yang kamu miliki, ada opsi alternatif yang tersedia:

  • Direct Transfer: Manfaatkan tools WhatsApp Chat Transfer bawaan untuk memigrasikan data kamu ke perangkat (ponsel pintar) baru dengan lancar. Ini mengharuskan kedua handset berada di jaringan Wi-Fi yang sama, tetapi tidak diperlukan koneksi internet.
  • Text-Only Backups: Kamu bisa memilih pendekatan yang lebih hemat ruang penyimpanan dengan hanya mencadangkan pesan teks, tidak termasuk file media.

Perubahan kebijakan ini diambil oleh WhatsApp sepertinya untuk menyelaraskan pengguna Android dengan pengguna iPhone. Ya! Bagi pengguna iPhone, seluruh file cadangan (backup) WhatsApp-nya selalu diperhitungkan dalam penyimpanan iCloud.

Satu hal yang tentunya harus benar-benar diperhatikan oleh pengguna WhatsApp, khususnya pada perangkat Android agar terus memonitor penggunaan penyimpanan cloud (Google Drive) mereka. Sebab bisa dipastikan kapasitas penyimpanannya bakalan cepat penuh.

Oleh karena itu, kamu sebagai pengguna WhatsApp di Android juga bisa mengatur lebih dulu. Kamu mau mengikuti aturan terbaru yang ditawarkan, yakni backup semuanya ke Google Drive atau memilih hanya membackup teks saja. Semuanya ada di tangan kamu!

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.