NativZen
Advertising Area

Apple Kuasai Pangsa Pasar Ponsel Premium Global

Berdasarkan data yang dirilis oleh Counterpoint Research, Apple memimpin segmen pasar premium dengan pangsa pasar 71%.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Data Market Pulse Service dari Counterpoint Research baru saja dirilis, dan disebutkan bahwa pengiriman ponsel pintar premium di pasar global mengalami pertumbuhan sebesar 6 persen tahun-ke-tahun (YoY) pada tahun 2023.

Data tersebut mencakup ponsel pintar dengan harga lebih dari U$$ 600 (Rp 9 jutaan). Dikatakan bahwa volumenya telah tumbuh 3x pada tahun 2023 dibandingkan tahun 2016. Pertumbuhan di segmen premium ini tentunya bertentangan dengan proyeksi sebelumnya.

Ya! Sejumlah badan riset ternama menyebutkan bahwa akan terjadi penurunan di pasar global secara keseluruhan pada tahun 2023. Tentu saja, pertumbuhan ini tak lepas dari segmen ponsel pintar premium yang telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir.

Hal ini disebut-sebut disebabkan oleh adanya pergeseran pola pembelian konsumen dalam mendapatkan perangkat berkualitas tinggi dalam jangka waktu yang lebih lama. Khususnya, India dikatakan sebagai pasar premium dengan pertumbuhan tercepat secara global.

Sementara itu, kawasan Tiongkok, Eropa Barat, India, dan MEA mendorong pertumbuhan di segmen ini. Segmen ultra-premium dengan harga di atas US$ 1.000 (Rp 15,5 juta) menguasai sepertiga dari total penjualan pasar ponsel pintar premium pada tahun 2023.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Counterpoint Research, Apple memimpin segmen pasar premium dengan pangsa pasar 71%, namun dibandingkan tahun lalu, pangsanya menurun sebesar 4 persen. Samsung di posisi ke dua memiliki 17% pangsa pasar.

Huawei berada di posisi ketiga dengan pangsa pasar 5%, meningkat 2% dari tahun lalu. Xiaomi dan OPPO, mencatatkan pangsa pasar 2% dan 1%. Menurut firma riset tersebut, ponsel pintar yang dapat dilipat juga muncul sebagai pembeda di pasar premium.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.