NativZen
Advertising Area

Garmin: Lari dan Jalan Kaki Jadi Dua Aktivitas Populer

Aplikasi Garmin Connect mencatat bahwa ada peningkatan signifikan untuk jenis olahraga populer seperti berlari, bersepeda, dan berjalan kaki.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Garmin telah merilis Garmin Fitness Report 2023 yang dapat kamu lihat melalui tautan ini. Laporan ini menyoroti tren kebugaran dan kebiasaan olahraga penggunanya di seluruh dunia pada 2023 yang terpantau dari aplikasi Garmin Connect.

Aplikasi Garmin Connect mencatat bahwa ada peningkatan signifikan untuk jenis olahraga populer seperti berlari, bersepeda, dan berjalan kaki. Selain itu, aplikasi tersebut juga mencatat tren kenaikan pada aktivitas Pilates, HIIT, dan tenis.

Dua Aktivitas Teratas, Lari dan Jalan Kaki

Ada lima aktivitas yang tercatat oleh aplikasi Garmin Connect selama tahun 2023. Aplikasi Garmin Connect menilai bahwa kelima aktivitas tersebut, yakni lari, jalan kaki, bersepeda, latihan kekuatan, dan kardio dalam ruangan tumbuh cukup baik.

Dari penilaian tersebut bisa dikatakan bahwa pengguna jam tangan pintar alias smartwatch Garmin mulai meninggalkan gaya hidup sedentary dan mulai bergerak. Kesadaran ini terlihat pada catatan jumlah langkah rata-rata per hari.

Di Indonesia, Garmin Connect mencatat sebanyak rata-rata 5.577 langkah per harinya. Jumlah langkah ini menunjukkan kemajuan, dibandingkan dengan penelitian pada 2017, yakni hanya 3.513 langkah perharinya orang Indonesia berjalan kaki.

Sementara itu, aplikasi Garmin Connect juga menunjukkan adanya peningkatan olahraga lari luar ruang. Tercatat, peningkatannya mencapai 40% dibanding tahun sebelumnya. Peningkatan ini salah satu penyebabnya adalah maraknya lomba lari di Indonesia.

Alat Bantu Kebugaran Kian Populer Digunakan

Untuk menunjang kebugaran tubuh yang dimiliki, saat ini tak sedikit orang yang rela meluangkan waktunya untuk mulai pergi ke gym. Mereka menggunakan alat bantu untuk menunjang kebugaran mereka, seperti dumbell dan mesin elliptical atau cross-trainer.

Aplikasi Garmin Connect mencatat, pengguna melakukan 19% lebih banyak aktivitas menggunakan peralatan kebugaran pada tahun 2023. Sebanyak dua digit pertumbuhan juga terlihat pada Strength Workout, menaiki tangga, dan aktivitas eliptikal (X-trainer).

Menurut WHO, orang berusia 18-64 tahun harus melakukan aktivitas fisik aerobik intensitas sedang setidaknya 150–300 menit. WHO juga merekomendasikan kelompok usia tersebut untuk melakukan aktivitas penguatan otot dengan intensitas sedang.

Jam tangan Garmin secara otomatis dapat melacak menit-menit aktivitas berintensitas sedang dan tinggi, untuk memberikannya sebagai menit intensitas. Menit-menit berintensitas tinggi dihitung dua kali, mencerminkan lebih banyak manfaat yang mereka berikan pada tubuh.

Jam tangan Garmin juga dapat mengatur target awal menit intensitas pada angka 150, tetapi pengguna dapat mengatur target ini berdasarkan kebutuhan pribadinya. Dengan begitu, aktivitas fisik aerobik dan penguatan otot bisa dilakukan dengan benar.

Meroketnya Aktivitas HIIT

HIIT (High Intensity Interval Training) adalah jenis olahraga intensitas tinggi yang dilakukan dalam durasi 10-30 menit. HIIT telah dipromosikan sebagai strategi latihan yang efisien untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran pada anak-anak dan remaja.

Sebab latihan HIIT tak hanya dapat menjaga kesehatan jantung, tetapi juga meningkatkan penyerapan oksigen ke otot dan membentuk massa otot. Selain itu, HIIT juga ditandai dengan latihan interval intensitas rendah dan tinggi secara bergantian.

Misalnya, latihan HIIT menggunakan sepeda stasioner selama 30 detik dengan tingkat hambatan tinggi, lalu diikuti bersepeda lambat dan mudah selama beberapa menit dengan hambatan rendah. Ini akan dianggap sebagai satu “putaran” atau “pengulangan”.

Biasanya ini akan diselesaikan 4-6 repitisi dalam satu latihan HIIT. Jumlah waktu spesifik berolahraga dan memulihkan diri akan bervariasi berdasarkan latihan HIIT yang dipilih dan seberapa intens latihan HIIT yang dijalankan.

Tujuan Populer 2023: Lapangan Tenis

Lapangan tenis adalah tujuan populer di tahun 2023. Pengguna Garmin tercatat menghabiskan lebih banyak waktu untuk melatih servis dan smash mereka. Terdapat 76% peningkatan dibandingkan dengan tahun sebelumnya, menurut aplikasi Garmin Connect.

Momentum ini mulai terlihat saat pandemi mulai melandai karena tenis dianggap olahraga yang aman karena bisa dimainkan dengan menjaga jarak. Selain itu, tenis juga dijadikan banyak orang untuk mencari cara olahraga permainan yang mengasyikkan.

Tenis juga dapat memberikan manfaat yang positif untuk kesehatan kardiovaskular. Tentunya olahraga ini harus dilakukan dengan hati-hati, mengingat tenis dapat dikategorikan sebagai aktivitas dengan intensitas sedang-berat hingga berat.

Kesadaran akan Kesehatan Mental

Fokus kebugaran pengguna Garmin bukan hanya seputar kebugaran fisik, namun juga mental. Kesehatan mental dan fisik merupakan komponen yang sama pentingnya. Terapi pelengkap untuk kesehatan mental seperti yoga dan pilates dapat dilakukan.

Keduanya memungkinkan banyak orang untuk terhubung dengan tubuh dan menumbuhkan kesadaran sekaligus meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, dan postur. Terapi yoga dan pilates juga mencakup teknik pernapasan untuk membantu meningkatkan suasana hati.

Terkait dengan hal itu, data dari aplikasi Garmin Connect juga mencatat pertumbuhan dua digit untuk ketiga aktivitas tersebut. Ini artinya pengguna smartwatch Garmin mulai menyadari pentingnya kesehatan mental selain menjaga kebugaran badan.

Jika kamu ingin melihat bagaimana yoga meningkatkan kesehatan mental Anda, Garmin merekomendasikan Venu 3, yang menawarkan masa pakai baterai hingga 14 hari. Hal ini memungkinkan kamu memakainya terus menerus, bahkan ketika tidur.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.