NativZen
Advertising Area

Mengenal Lebih Dekat ASUS ProArt Display PA32UCXR

ASUS telah mengumumkan ProArt Display PA32UCXR yang akan tersedia di Januari 2024. Monitor 4K ini telah dibekali segudang fitur menarik.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Di pasar monitor, ASUS baru saja mengumumkan bahwa ProArt Display PA32UCXR akan tersedia di bulan Januari 2024. Monitor 4K berukuran 32 inci ini telah dilengkapi lampu latar mini LED dengan teknologi local dimming 2304 zona dan kecerahan puncak 1600 nits.

Daya tarik lainnya yang ditawarkan oleh monitor terbaru buatan ASUS ini adalah color gamut 99% Adobe RGB dan 97% DCI-P3. Selain itu, PortArt Display PA32UCXR ini telah dikalibrasi pabrik untuk menghadirkan akurasi warna Delta E<1.

ASUS, yang dikenal sebagai raksasa penyedia perangkat teknologi asal Taiwan itu juga melengkapi monitor barunya ini dengan motorized flip colorimeter bawaan. Ini memiliki fungsi Auto Calibration dan Self Calibration untuk menghadirkan kenyamanan kepada pengguna.

Sangat cocok untuk para kreator konten, karena monitor PortArt Display PA32UCXR sudah dilengkapi dengan dua port Thunderboltâ„¢ 4 dan sejumlah opsi konektivitas lainnya. Ini memungkinkan alur kerja kreatif para kreator konten akan berjalan dengan mulus dan efisien.

Visual Ultra Realistis

Untuk menurunkan biaya, sebagian besar teknologi mini LED menggunakan sedikit control IC dan lebih memilih menggunakan central control melalui pemindaian data pada zona berantai. Pendekatan ini membutuhkan citra yang lebih cerah untuk mencapai kinerja optimal.

Pada akhirnya, menyebabkan layar berkedip, kecerahan tidak teratur, dan masa pakai LED yang lebih singkat. Di sisi lain, ProArt Display PA32UCXR yang dikembangkan oleh ASUS menawarkan teknologi local dimming 2304 zona.

Monitor ini menggunakan beragam control IC untuk mengelola zona lampu latar secara independen, sehingga dapat meminimalkan kedipan layar secara efektif selama transisi dan memastikan tingkat kecerahan berkelanjutan yang tinggi.

Hal itu membuat PA32UCXR memiliki brightness uniformity yang luar biasa, sehingga dapat menghilangkan panas secara efisien dan meningkatkan kualitas gambar HDR. Selain itu, monitor ini memiliki kecerahan puncak 1600 nits dan kecerahan berkelanjutan full-screen 1000 nits.

Warna yang Sangat Nyata

PA32UCXR melampaui standar reproduksi warna yang ada di industri dengan menghadirkan color gamut 99% Adobe RGB, 97% DCI – P3, 100% sRGB, 100% Rec. 709, dan 87% Rec. 2020. Karena itu, monitor terbaru ASUS ini terbilang ideal untuk proses pasca produksi.

Sementara itu, panel IPS true 10-bit juga mampu menampilkan lebih dari 1,07 miliar warna agar menghasilkan spektrum warna yang luas untuk digunakan kreator konten. Setiap layar ProArt juga telah dikalibrasi pabrik menggunakan three-scale process terbaru.

Langkah tersebut dilakukan untuk menjamin kemiripan warna yang terdepan di industri. Selain itu, monitor ini juga sudah melalui pengujian ketat menggunakan teknologi grayscale tracking canggih yang dikembangkan secara mandiri oleh ASUS.

Ini untuk memastikan gradasi warna yang lebih halus, keseragaman warna yang lebih baik, dan akurasi warna yang tinggi dengan nilai perbedaan warna Delta E<1. Setiap tingkat grayscale juga diukur secara teliti untuk memastikan kesesuaian dengan standar DICOM.

Kalibrasi Intuitif dan Cerdas

ProArt Display PA32UCXR juga dibekali dengan motorized colorimeter bawaan yang dapat berputar selama proses kalibrasi serta memiliki fitur self-calibration yang inovatif. Perangkat ini kompatibel dengan OS apa pun dan tidak memerlukan software kalibrasi tambahan.

Pengguna dapat memulai proses kalibrasi kapan pun atau membuat jadwal kalibrasi agar dapat dilakukan di luar jam kerja melalui pengaturan yang dapat diakses pada menu OSD. Semua profil parameter warna tersimpan pada chip IC scaler internal yang dimiliki monitor.

Pengguna dapat mengkalibrasi monitor dan kemudian mengubah ulang daftar pencarian, sehingga mereka dapat menghubungkan ke perangkat dengan OS atau aplikasi yang berbeda tanpa harus menyesuaikan ulang pengaturan monitor.

PA32UCXR didukung dengan fitur ProArt Color Center yang menawarkan kontrol bersama secara jarak jauh, sekaligus menawarkan tool kalibrasi yang memungkinkan pengguna menjalankan tugas-tugas penting dari lokasi terpusat.

Penjadwalan kalibrasi dan penyesuaian parameter warna dapat dilakukan untuk mempertahankan akurasi tingkat profesional yang konsisten. Teknologi ProArt Calibration juga dapat digunakan untuk menjadwalkan frekuensi kalibrasi reguler.

Pengguna juga tak perlu khawatir, sebab colorimeter bawaan yang ada pada ProArt Display PA32UCXR juga dapat bekerja secara mulus dengan software kalibrasi hardware profesional pihak ketiga, yaitu Calman atau Light Illusion ColourSpace CMS.

Berkreasi dalam HDR yang Ultra Tajam

Teknologi ASUS Smart HDR eksklusif memungkinkan ProArt Display PA32UCXR mendukung berbagai format HDR, seperti Dolby Vision®, HLG4, dan HDR10. Dolby Vision akan mengubah pengalaman visual dengan tingkat kecerahan, kontras, dan warna yang memukau.

Di sisi lain, HLG memungkinkan pengguna untuk melihat dan membuat material untuk platform siaran dan TV satelit. Sementara, dukungan HDR10 memastikan kompatibilitas dengan layanan video streaming yang ada serta beragam game berkemampuan HDR.

Nikmati Alur Kerja yang Efisien

Untuk konektivitas, PA32UCXR telah dibekali dengan port dual Thunderbolt 4, DisplayPort™ 1.4, dan dua port HDMI® 2.0. Bahkan, salah satu port Thunderbolt 4 menawarkan fitur 90W Power Delivery untuk mengisi daya perangkat

Tak hanya itu, melalui port Thunderbolt 4, pengguna juga memiliki kemampuan untuk menghubungkan beberapa layar melalui satu port tanpa memerlukan hub atau switch. Menariknya lagi, monitor ini juga menyertakan earphone jack dan USB hub.

ProArt Display PA32UCXR juga mendukung fitur Picture-by-Picture (PbP) dan Picture-in-Picture (PiP). Fitur Picture-by-Picture (PbP) memungkinkan pengguna untuk melihat konten dari hingga empat sumber input secara bersamaan.

Mode warna dari setiap window juga dapat dikonfigurasi ke dalam sRGB, Adobe RGB, DCI – P3, Rec. 2020, User Mode 1, User Mode 2, atau User Mode 3. Sementara, mode Picture-in-Picture (PiP) dapat menampilkan konten dari sumber input kedua padawindow yang lebih kecil.

ASUS juga melengkapi PA32UCXR ini dengan sensor cahaya sekitar yang akan meredupkan atau mencerahkan layar secara otomatis. Monitor ini juga dibekali sensor jarak yang akan meredupkan layar ketika terdeteksi tidak ada pengguna di depan monitor.

Sementara itu, dukungan bundel tudung yang melingkupi monitor akan mengurangi pantulan dari sumber cahaya terdekat ke layar. Dengan begitu, pengguna dapat bekerja secara lebih nyaman baik di dalam studio atau maupun di luar.

Stand ergonomis PA32UCXR menawarkan penyesuaian kemiringan, putar, pivot, dan ketinggian agar pengguna menemukan posisi yang disukai. Kemampuan berputar sejauh 90° ke orientasi potret juga berguna ketika mengerjakan proyek poster, playbill, dan format besar lainnya.

Selain itu, fitur quick-release memungkinkan pemasangan monitor ProArt Display PA32UCXR ini ke dinding. Dengan begitu, ruang kerja yang dimiliki oleh pengguna bisa lebih luas, karena pada meja kerja hanya ada desktop dan perangkat lainnya.

Gratis Langganan Adobe Creative Cloud

Produk Adobe telah menjadi pusat karya kreatif di berbagai industri. Sementara itu, ASUS juga telah bermitra dengan Adobe untuk mendukung alur kerja kreatif yang lebih optimal melalui serangkaian aplikasi dan layanan Creative Cloud® yang ternama.

Di wilayah tertentu, pembelian ProArt Display PA32UCXR telah dibekali gratis langganan tiga bulan Adobe Creative Cloud, Adobe Substance 3D, dan Adobe Acrobat (senilai US$ 397,44). Langganan Creative Cloud dapat digunakan pada akun baru atau akun yang sudah ada.

Untuk klaim berlangganan dapat ditemukan melalui website pendaftaran. Periode klaim berakhir pada tanggal 31 Agustus 2024. Untuk detail lengkap, konsumen dapat mengunjungi https://www.asus.com/content/asus-offers-adobe-creative-cloud.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.