NativZen
Advertising Area

Seri ROG Phone 8 Sudah Dirilis, Harga Mulai Rp 17 Jutaan

ASUS secara resmi telah mengumumkan ponsel gaming seri ROG Phone 8. Ponsel gaming ini dibanderol mulai Rp 17 jutaan.

Advertising Area

NATIVZEN.com – ASUS secara resmi telah mengumumkan ponsel gaming seri ROG Phone 8. Menariknya, seri ROG Phone 8 terbaru ini tetap mempertahankan performa tinggi dengan chipset andalan, tetapi punya desain gaming hardcore yang terlihat berbeda dari pendahulunya.

Selain itu, seri ROG Phone 8 menghadirkan sistem kamera canggih yang belum pernah diintegrasikan ke dalam ponsel pintar seri ROG. Alih-alih ponsel gaming hard-core, perangkat ini tampaknya bakal menghadirkan daya tarik bagi banyak orang sebagai daily driver.

Sebelumnya, seri ROG dirilis dengan bezel yang tebal, namun seri ROG Phone 8 terbaru terlihat menarik dari depan karena menampilkan layar datar. Selain itu, ASUS juga mempermanis dengan punch-hole di tengah atas layar dan bezel yang lebih ramping.

Jika bergeser ke bagian belakang, avrian ROG Phone 8 menampilkan logo pencahayaan Aura RGB yang dapat disesuaikan, sedangkan varian Pro dilengkapi pencahayaan mini-LED AniMe Vision yang juga dapat disesuaikan dan dilengkapi dengan 341 LED.

Tak perlu khawatir ketika seri ROG Phone 8 ini tercebur ke dalam air. Pasalnya, ponsel gaming ini telah membawa sertifikasi IP68 tahan debu dan air. Kedua varian juga memiliki panel layar yang sama, yakni mengadopsi AMOLED LTPO dari Samsung dengan ukuran 6,78 inci.

Resolusinya masih FHD+ (1080 x 2400 piksel) dengan refresh rate 165Hz. Sementara itu, kecerahan puncaknya mencapai 2.500 nits. ASUS juga menyematkan pemindai sidik jari di dalam layar, dan layarnya pun punya kemampuan touchscreen dengan sarung tangan.

ROG Phone 8 dan ROG Phone 8 Pro memiliki dimensi berukuran 163,8 x 76,8 x 8,9mm dan bobotnya hanya 225 gram. Ini menjadikannya lebih tipis dan lebih ringan dibandingkan seri pendahulunya ROG Phone 7 Series yang dirilis tahun lalu.

Sementara, untuk urusan warna, ROG Phone 8 hadir dalam berbagai warna pilihan yang tampak begitu elegan, seperti Rebel Grey dan Phantom Black. Sedangkan varian Pro hanya hadir dalam satu warna, yakni Phantom Black.

Seperti telah disebutkan, seri ROG Phone 8 datang dengan chipset andalan. Ya! ASUS membekalinya dengan Snapdragon 8 Gen 3. Model standar akan dipasarkan dengan RAM LPDDR5x hingga 16 GB dan penyimpanan internal UFS 4.0 berkapasitas 256GB.

Nah! Bagi konsumen yang tertarik dengan varian Pro, ponsel gaming ini akan dipasarkan dengan RAM hingga 24GB dan penyimpanan internal UFS 4.0 hingga 1TB. Keduanya dipasok baterai 5500 mAh dengan pengisian cepat 65W, Quick Charge 5.0, dan pengisian daya PD.

Selain itu, kedua perangkat yang berjalan dengan ROG UI berbasis Android 14 ini juga mendukung pengisian daya nirkabel Qi 15W. ASUS juga memperkaya seri ROG Phone 8 ini dengan sistem pendingin konduksi untuk pembuangan panas.

Aksesori AeroActive Cooler X terbaru untuk seri ROG Phone 8 kini memiliki bentuk 29% lebih kecil dan 10% lebih ringan dari sebelumnya. Selain itu, AeroActive Cooler X ini juga menawarkan area kontak untuk pendinginan yang lebih besar.

Untuk pengalaman bermain game yang lebih baik, ASUS juga membekali ponsel gaming ini dengan “AI Grabber”. Fitur ini dirancang untuk menyederhanakan proses pencarian panduan bermain game dengan mengenali dan menyalin teks dalam game.

Selain itu, ASUS juga menawarkan beberapa fitur berbasis AI, seperti peningkatan hasil melalui phone launcher, Galeri, dan aplikasi Pengaturan. Fitur mendatang yang disebut “AI Wallpaper” juga sedang dikembangkan oleh ASUS

Untuk audio, seri ROG Phone 8 telah dilengkapi jack audio 3,5 mm dan sistem speaker 5 magnet. Selain itu, kedua perangkat juga menawarkan fitur lain seperti tombol Air Trigger untuk bermain game, Wi-Fi 7, Bluetooth 5.3, GPS frekuensi ganda, NFC, dan port USB-C.

Nah! Bagi kamu yang penasaran dengan sektor kameranya, model standar dan Pro memiliki kamera RGBW 32MP untuk mengambil foto selfie. Di bagian belakang, kedua ponsel gaming ini memiliki kamera utama 50MP dengan sensor Sony IMX890 plus dukungan OIS.

Selain itu, ASUS juga memadupadankan kamera utama yang ada pada ROG Phone 8 dan ROG Phone 8 Pro dengan lensa ultra-wide 13MP yang memiliki FoV 120 derajat, dan kamera telefoto 32MP dengan dukungan zoom optik 3x dan OIS.

Harga dan Ketersediaan

ROG Phone 8 yang menawarkan memori 16GB/256GB dibanderol US$ 1.099 (Rp 17 juta) dan 16GB/512GB dibanderol US$ 1.199 (Rp 18,6 juta). Sementara, varian Pro 24GB/1TB dibanderol US$ 1.499 (Rp 23,3 juta). Ini akan tersedia untuk dibeli pada musim semi 2024.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.