NativZen
Advertising Area

Membedah Snapdragon 7s Gen 2, Otaknya POCO X6 5G

POCO baru saja mengumumkan kehadiran POCO X6 5G di pasar global. Menariknya, ini jadi ponsel pintar pertama yang diotaki Snapdragon 7s Gen 2.

Advertising Area

NATIVZEN.com – POCO baru saja mengumumkan kehadiran POCO X6 5G di pasar global. Menariknya, ini jadi ponsel pintar pertama yang diotaki Snapdragon 7s Gen 2. Seri 7 besutan Qualcomm ini merupakan chipset kelas high yang memiliki performa kencang dilengkapi fitur-fitur flagship.

“Snapdragon 7s Gen 2 sanggup memaksimalkan kinerja dan performa POCO X6 5G, yang saat ini sudah rilis di pasar global. POCO X6 5G jadi salah satu handset terbaik dan paling dicari di kelasnya saat ini,” ujar Abee Hakiim, Product PR Manager POCO Indonesia.

Performa Snapdragon 7s Gen 2

Performa Snapdragon 7s Gen 2 ditunjang oleh efisiensi daya yang optimal karena dibangun di atas fabrikasi 4 nm. Chipset dengan arsitektur 64-bit yang mengusung CPU Kyro Octa-core ini dapat menghasilkan performa dinamis sekaligus mulus dengan kecepatan hingga 2,4 GHz.

Seperti dijelaskan Dominikus Susanto, Senior Manager Business Development Qualcomm Qualcomm Indonesia bahwa pembagian 8 core pada Snapdragon 7s Gen 2 tersebut yakni 4 core performa dengan clock speed hingga 2,4 GHZ dan 4 core efisiensi hingga 1,95 GHz.

“Chipset ini sudah dibekali Qualcomm Hexagon NPU generasi terbaru. Ini mampu meningkatkan performa ‘jaringan syaraf’ AI pada Snapdragon 7s Gen 2. Selain itu, Qualcomm juga memperkaya dengan Qualcomm AI Engine serta Sensing Hub,” tambah Susanto.

Lebih lanjut, Susanto menjelaskan bahwa AI berdampak positif pada sektor kamera. Melalui Qualcomm Low Light mampu menghasilkan foto dan video lebih tajam. Di sisi lain, noise cancellation berbasis AI bikin suara kita terdengar jelas saat video call di mana pun.

Tak ketinggalan, Qualcomm juga sudah melengkapi Snapdragon 7s Gen 2 dengan GPU Qualcomm Adreno. Ini menghasilkan visual brilian dan bebas patah-patah, didukung oleh berbagai fitur dari Snapdragon Elite Gaming.

Sementara, dukungan Qualcomm Game Quick Touch mampu mereduksi latensi pada sentuhan di layar hingga tingkat serendah milidetik. Variable Rate Shading mengoptimasi perenderan grafis agar detil lebih optimal ketika kita bermain game dalam waktu yang panjang.

Setiap adegan game tampil mulus dan jelas berkat dukungan layar FHD+ 144 Hz. Plus, detail gambar, saturasi dan kontras warna, ditingkatkan melalui Qualcomm Game Color Plus. Pengguna juga bisa menikmati game HDR dengan kedalaman warna (color depth) 10-bit.

Nah! Snapdragon 7s Gen 2 juga memiliki dukungan kapabilitas Triple 12-bit ISP dari Qualcomm Spectra ISP. Teknologi menawarkan pengambilan gambar rangkap tiga bersamaan, dengan pemrosesan ultra-cepat Zero Shutter Lag secara paralel, dan zoom.

Ditambah, render oleh AI De-Noising (AIDE) menghasilkan foto yang lebih jernih dan tajam. Sementara, perekaman dalam 4K HDR mampu menciptakan video yang begitu nyata dengan tingkat kecerahan yang tinggi dan warna gelap yang dalam.

Performa di sektor audio pun menonjol berkat dukungan Snapdragon Sound Technology Suite, yang bikin kita bisa menikmati kualitas suara lossless dan bebas glitch. Ditambah, Qualcomm aptX yang berguna meningkatkan kualitas suara yang didengarkan via koneksi Bluetooth.

Tidak ketinggalan, Qualcomm Quick Charge 4+ Technology. Ini adalah teknologi yang memungkinkan pengecasan atau pengisian daya ponsel pintar berlangsung dalam kecepatan yang mengagumkan, dari 0 sampai 50% cuma butuh waktu 5 menit.

Selanjutnya, keberadaan Snapdragon X62 5G Modem-RF System menyajikan 3GPP Release 16 dengan dukungan kepada jaringan komersial 5G global, termasuk sub-6 GHz dan mmWave, serta berkemampuan downlink hingga 2,9 Gbps.

Untuk Wi-Fi, plus Bluetooth, Qualcomm FastConnect 6700 Mobile Connectivity System menghadirkan koneksi Wi-Fi 6E berkecepatan puncak 2,9 Gbps, dengan Bluetooth 5.2 terintegrasi. Konektivitas kian lengkap dengan dukungan Qualcomm Location Suite.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.