NativZen
Advertising Area

Tips Mudah Tingkatkan Speed WiFi di Rumah

Ini lima cara yang dapat kamu lakukan untuk dapat meningkatkan performa speed atau kecepatan router WiFi yang terpasang di rumah.

Advertising Area

Penggunaan internet yang semakin meningkat dalam kehidupan sehari-hari menempatkan kecepatan WiFi sebagai faktor kunci. Ini bertujuan memastikan pengalaman online yang optimal. Koneksi WiFi yang lambat dapat menjadi hambatan dalam menjelajahi internet.

Sebagai salah satu perusahaan infrastruktur digital terintegrasi unggulan di Indonesia, Biznet telah merangkum lima cara yang dapat kamu lakukan untuk dapat meningkatkan performa speed atau kecepatan router WiFi yang terpasang di rumah:

1. Pemilihan Lokasi Router yang Tepat

Lokasi router sangat mempengaruhi kecepatan WiFi. Tempatkan router di pusat rumah dan hindari untuk diletakkan di belakang benda-benda besar atau di sudut ruangan. Hindari pula menyimpan router di dalam lemari atau di bawah meja karena hal ini dapat menghalangi sinyal WiFi.

2. Gunakan Bandwidth yang Sesuai

Banyak router WiFi modern yang mendukung frekuensi 2,4 GHz dan 5 GHz. Perlu kamu ketahui bahwa bandwidth 5 GHz lebih cocok untuk kegiatan yang membutuhkan kecepatan tinggi seperti streaming video HD atau bermain game online.

Oleh karena, kamu juga harus pintar untuk menentukan perangkat mana yang menggunakan frekuensi yang tepat untuk memaksimalkan kinerja. Tetapi, kamu juga tak perlu khawatir karena di pasaran sudah banyak tersedia router WiFi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

3. Atur Kanal WiFi:

Router dapat bekerja pada berbagai saluran frekuensi. Oleh karena itu, pilih saluran yang kurang padat untuk menghindari interferensi dari jaringan WiFi dengan tetangga. Ini dapat membantu meningkatkan stabilitas dan kecepatan koneksi yang kamu inginkan.

4. Hindari Gangguan Elektronik Lainnya:

Beberapa perangkat elektronik seperti microwave, telepon nirkabel, atau peralatan elektronik lainnya dapat menyebabkan interferensi dengan sinyal WiFi. Pastikan router tersebut ditempatkan jauh dari perangkat-perangkat yang akan menimbulkan gangguan.

5. Batasi Jumlah Perangkat yang Terhubung:

Semakin banyak perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi, semakin besar beban pada bandwidth. Oleh karena itu, batasi jumlah perangkat yang terhubung atau prioritaskan perangkat yang membutuhkan koneksi tinggi.

Dengan menerapkan beberapa tips di atas, kamu dapat meningkatkan kecepatan WiFi dan mengoptimalkan pengalaman internet di rumah. Penting untuk selalu memonitor kinerja jaringan yang terpasang dan lakukan penyesuaian jika diperlukan.

Kamu tak perlu bingung memilih penyedia layanan internet yang tepat dan sudah menggunakan layanan Fiber Optic. Kamu bisa menggunakan layanan dari Biznet Home. Salah satu provider internet yang sudah terpercaya di Indonesia.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.