NativZen
Advertising Area

Acer Perkenalkan Swift Go dan Swift X 14 Terbaru

Acer ikut meramaikan gelaran CES 2024 di Las Vegas, Amerika Serikat dengan memperkenalkan Acer Swift Go dan Acer Swift X 14 terbaru.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Acer adalah salah satu produsen laptop ternama yang ikut meramaikan gelaran CES 2024 di Las Vegas, Amerika Serikat. Pada acara tersebut Acer mengumumkan varian terbaru dari laptop Swift series dengan prosesor terbaru Intel® Coreâ„¢ Ultra.

Seperti yang sudah kita dengar bersama, Intel® Core™ Ultra adalah prosesor yang telah dilengkapi Neural Processing Unit (NPU) pertama dari Intel, dan sudah disematkan kemampuan artificial intelligence (AI), atau yang kita kenal dengan kecerdasan buatan.

Kini laptop Swift yang lebih berorientasi pada performa, kapabilitas, dan intuitif untuk pembuatan konten, tugas sekolah, produktivitas, dan bermain game dan fitur-fitur canggih lainnya yang didukung AI semakin meningkatkan penggunaan laptop.

“Laptop Acer Swift Go dan Acer Swift X 14 adalah contoh yang luar biasa dari laptop AI yang diluncurkan ke pasar. Ini sudah didukung oleh prosesor Intel Core Ultra dan menampilkan NPU untuk mengaktifkan AI,” ujar James Lin, GM, Notebooks, IT Products Business, Acer.

Acer Swift Go

Terverifikasi sebagai laptop berplatform Intel Evo, Acer Swift Go 16 (SFG16-72) dan Swift Go
14 (SFG14-73) yang baru ditenagai oleh Intel® Core™ Ultra serta GPU bawaan Intel Arc, yang menghadirkan perpaduan kinerja premium dan daya tahan baterai seharian.

Peningkatan lainnya yang ditawarkan oleh Acer Swift Go bertujuan untuk memberikan pengalaman serta kreativitas pengguna dengan fitur-fitur yang didukung AI. Hal inilah yang membuat lini laptop Swift Go semakin menarik di mata banyak orang.

Dibangun untuk komputasi tahap berikutnya, akses Copilot di Windows dengan satu klik tombol Copilot khusus laptop. Dengan tombol ini, pengguna dapat memanfaatkan kekuatan AI untuk mengoptimalkan waktu yang dihabiskan saat beraktivitas di satu perangkat.

Kedua laptop AI ini juga sudah dibekali webcam dengan kualitas QHD 1440p ditambah dukungan TNR yang menghasilkan video berkualitas lebih tinggi, dipasangkan dengan fitur conference yang didukung AI dari Acer PurifiedView.

Webcam ini dilengkapi juga dengan teknologi Acer PurifiedVoice 2.0 dengan AI Noise
Reduction. Ini dipasangkan juga dengan tiga mikrofon untuk menangkap audio yang tajam dan jernih serta mengurangi kebisingan dan suara latar di luar speaker.

Sementara itu, dukungan Intel WiFi 7 mampu menghadirkan kecepatan koneksi internet hingga 2,4x lebih cepat dibandingkan Wi-Fi 6E. Kedua laptop ini juga menonjolkan sasis dengan material aluminium tipis dan ringan dari lini Swift.

Dapat direbahkan hingga 180 derajat, laptop ini semakin memudahkan penggunanya untuk berkolaborasi. Swift Go 14 telah dilengkapi opsi touchpad pencahayaan multi-kontrol pada model tertentu, dan touchpad OceanGlass untuk meningkatkan produktivitas.

Kedua touchpad juga memiliki ruang gulir 44% lebih besar, sehingga mampu mendukung gaya hidup aktif dan scrolling bagi pengguna tanpa menggunakan mouse. Ditambah lagi, kedua model Swift Go kini telah dilengkapi dengan Intel Unison 2.0.

Dukungan tersebut memungkinkan koneksi lebih cepat dan mudah antara laptop dengan perangkat Android atau iOS yang dimiliki oleh pengguna. Seperti pendahulunya, Swift Go terbaru juga menampilkan layar OLED yang cerah dan kaya warna.

Layar OLED tersebut juga sudah ditopang kecerahan puncak 500nits, rentang warna DCI-P3 100%, dan sertifikasi DisplayHDRâ„¢ True Black 500. Gambar terlihat jelas dan detail pada layar OLED 3,2K 16 inci Swift Go 16 dengan resolusi 3200 x 2000 dan refresh rate 120Hz.

Sedangkan Swift Go 14 menghadirkan layar OLED 2,8K 14 inci dengan resolusi 2880 x 1800 dan refresh rate 90Hz. Kedua model juga telah dilengkapi sertifikasi layar TÜV Rheinland Eyesafe® untuk membantu mengurangi efek ketegangan mata.

Selain itu, Swift Go 14 dan Swift Go 16, keduanya juga menampilkan opsi tampilan layar sentuh WUXGA untuk mengaktifkan input sentuh dan pena. Ini tentunya berguna untuk mereka yang suka membuat catatan dan membuat sketsa.

Selain itu, laptop Swift Go kini mendukung memori LPDDR5X hingga 32GB dan SSD PCIe Gen 4 hingga 2TB yang dapat diupgrade dengan slot ganda. Terakhir, perangkat ini memiliki pilihan
port terbaru untuk dihubungkan ke periferal dan layar.

Ya, laptop Swift Go terbaru ini memiliki dua port USB Type-C dengan Thunderbolt™ 4 – keduanya menawarkan pengisian daya cepat, port USB Type-A, HDMI 2.1, dan card reader microSD. Ada juga dukungan Bluetooth LE Audio untuk audio nirkabel yang lebih baik.

Acer Swift X 14

Acer Swift X 14 (SFX14-72G) terbaru kini hadir dengan prosesor Intel® Core™ Ultra terbaru, GPU NVIDIA GeForce RTX 40 Series, dan GPU Laptop Calman-Verified dengan layar panel OLED 2,8K. Lapto ini tak hanya cocok untuk pembuat konten, tetapi juga pelajar.

Ditenagai oleh prosesor Intel Core Ultra H-Series terbaru dan GPU NVIDIA GeForce RTX 4070, laptop premium ini memungkinkan proses kerja lebih cepat dengan peningkatan AI untuk live streaming, pengeditan video, dan rendering 3D yang berkualitas lebih tinggi.

Sementara itu, teknologi NVIDIA DLSS 3.5 menghadirkan rekonstruksi sinar bertenaga AI untuk meningkatkan efek pencahayaan dan resolusi dalam game serta aplikasi grafis berat. Selain itu, Swift X 14 telah tervalidasi oleh NVIDIA Studio.

Ini dioptimalkan dengan NVIDIA Studio Driver yang telah diinstal sebelumnya, dan menyertakan Copilot di Windows bawaan (dengan kunci Copilot khusus) yang memanfaatkan kekuatan AI untuk bekerja bersama pengguna saat menavigasi perangkat mereka.

Sementara, layar OLED 14,5 inci 2,8K yang terverifikasi Calman memastikan akurasi warna yang mengesankan dengan Delta E<2 dalam animasi, foto, dan video sehingga para pembuat konten alias content creator dan profesional lebih dapat menghidupkan desain mereka.

Warna-warna berani berpadu dengan kejernihan luar biasa pada layar OLED berkat kemampuan rentang warna 100% DCI-P3, tingkat kontras tinggi, dan kecerahan puncak hingga 500nits dengan sertifikasi VESA Display HDR TrueBlack 500.

Layarnya juga dilengkapi teknologi Acer Light Sensing, yang secara jelas menyesuaikan suhu dan kecerahan warna untuk mencerminkan kondisi pencahayaan. Terakhir, refresh rate 120Hz memastikan pengalaman menonton video dan hiburan yang lancar dan lebih baik.

Selain cocok untuk memproduksi konten, Swift X 14 juga siap berproduktivitas untuk membantu menyelesaikan tugas pekerjaan rumah alias PR para pelajar. Dukungan video conference menjadi lancar dan efektif dengan kombinasi webcam FHD.

Tak hanya itu, webcam FHD yang disematkan oleh Acer ke dalam Swift X 14 juga memiliki fitur Temporal Noise Reduction (TNR) berkemampuan AI. Tak ketinggalan, ada juga Acer PurifiedView dan PurifiedVoice 2.0 dengan teknologi AI Noise Reduction.

Acer Swift X 14 juga sudah dibekali tiga mikrofon untuk pengambilan audio yang lebih baik dan efek Windows Studio untuk kejernihan visual serta audio yang tajam. Laptop ini juga sudah dilengkapi dengan port dan konektivitas terbaru yang terbilang lengkap.

Tak hanya ada port USB Type-C, Acer juga membekali Swift X14 dengan port HDMI 2.1, card reader microSD serta WiFi 6E dan Bluetooth LE Audio. Itu semua mampu menjaga perangkat untuk bisa terkoneksi dengan perangkat lainnya.

Sementara, teknologi termal canggih kipas besar, dual D6 pipa panas tembaga, dan keyboard saluran masuk udara khusus yang membantu menjaga laptop tetap dingin. Swift X 14 juga dilengkapi dengan memori LPDDR5X hingga 32GB dan SSD PCIe Gen 4 hingga 1TB.

Harga dan Ketersediaan

Rangkaian laptop Acer Swift Go dan Swift X 14 terbaru telah diperkenalkan di Las Vegas,
Amerika Serikat. Spesifikasi produk, harga dan ketersediaan akan bervariasi di masing-masing
kawasan. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi laman www.acerid.com.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.