NativZen
Advertising Area

Mau Beli Galaxy S24 Ultra atau S23 Ultra? Cari Tahu Bedanya

Bagi yang tertarik membeli Galaxy S24 Ultra dengan bodi paling bongsor ini tentunya harus mengerti perbedaan dengan pendahulunya, S23 Ultra.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Samsung di awal tahun ini telah meluncurkan ponsel pintar flagship terbarunya, Samsung Galaxy S24 Series. Tak perlu menunggu lama, perangkat ini pun langsung ditawarkan oleh Samsung ke tengah-tengah konsumen Indonesia melalui penawaran pre-order.

Nah, seperti pendahulunya, Samsung juga memiliki model Ultra, selain dua model lainnya, yakni Galaxy S24 dan Galaxy S24+. Tentu saja, model tertinggi yang ditawarkan oleh Samsung, yakni Ultra selalu mampu mencuri perhatian.

Tahun lalu, ada Galaxy S23 Ultra dan di tahun ini, Samsung meluncurkan Galaxy S24 Ultra. Jangan sampai bingung! Bagi kamu yang tertarik untuk membeli model flagship dengan bodi paling bongsor ini tentunya harus mengerti perbedaannya.

Galaxy S23 Ultra

Pertama-tama, mari kita cari tahu perbedaan pada sektor layarnya. Galaxy S23 Ultra dan Galaxy S24 Ultra, sama-sama menggunakan panel layar Dynamic AMOLED 2X 6,8 inci, resolusi Quad HD+, dan memiliki refresh rate 120Hz.

Pada sektor tampilan, perbedaan yang bisa kamu temukan ada pada tingkat kecerahan, rasio screen-to-body, dan perlindungan layar yang digunakan. Galaxy S24 Ultra kini memiliki tingkat kecerahan mencapai 2.600 nit, sementara S23 Ultra hanya 1.750nits.

Untuk rasio screen-to-body yang dimiliki oleh S24 Ultra adalah 19,5:9, sedangkan pendahulunya memiliki screen-to-body 19,3:9. Layar Galaxy S24 Ultra dilindungi Gorilla Glass Armor, sedangkan Galaxy S23 Ultra menggunakan Gorilla Glass Victus 2.

Sekarang, kita bergeser ke sektor dimensi. Galaxy S24 Ultra memiliki ukuran 162,3 x 79 x 8,6 mm dengan bobot seberat 232 gram. Sementara, Galaxy S23 Ultra yang dipasarkan pada tahun lalu memiliki ukuran 163,3 x 78 x 8,9 mm dengan berat 234 gram.

Perbedaan lainnya yang bisa kamu rasakan dan terlihat secara langsung adalah material yang digunakan. Galaxy S23 Ultra dikembangkan oleh Samsung dengan material alumunium. Sedangkan Galaxy S24 Ultra, ikut-ikutan Apple menggunakan material titanium.

Selanjutnya, kita masuk ke sektor dapur pacu. Galaxy S24 Ultra yang diluncurkan di awal tahun ini ditenagai chipset Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy. Sementara, Galaxy S23 Ultra ditenagai Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy.

Meski begitu, kedua chipset tersebut sama-sama dibangun dengan teknologi fabrikasi 4nm dan punya CPU Octa-core. Hanya saja, Snapdragon 8 Gen 3 menawarkan clock speed lebih tinggi, yakni mencapai 3,39GHz. Sementara, Snapdragon 8 Gen 2 hanya 3,36GHz.

Untuk memori, baik Galaxy S24 Ultra maupun Galaxy S23 Ultra, sama-sama menyodorkan konfigurasi RAM dan ROM yang sama. Ada tiga pilihan yang disodorkan oleh Samsung, yakni 12GB/256GB, 12GB/512GB dan yang tertinggi adalah 12GB/1TB.

Lalu, bagaimana dengan dukungan kameranya? Raksasa elektronik asal Korea Selatan ini masih mempertahankan empat buah kamera di bagian belakang, dengan kamera utama 200MP. Itu semua masih menempel pada bodi Galaxy S23 dan Galaxy S24.

Kedua ponsel pintar ini juga membawa membawa jenis kamera lainnya yang sama, yaitu dua buah kamera telefoto dan satu kamera ultrawide. Hanya saja, kamera telefoto kedua dari Galaxy S24 Ultra resolusinya 50 MP, sementara kamera telefoto Galaxy S23 Ultra hanya 10MP.

Jika diperhatikan lebih dalam, kamera telefoto 50MP yang ada pada Galaxy S24 Ultra memiliki jangkauan zoom lebih pendek, yakni hanya 5x. Sementara, kamera telefoto 10MP yang ada pada Galaxy S23 Ultra memiliki jangkauan zoom lebih panjang, yakni 10x.

Kamera lainnya dari S24 Ultra bisa dibilang persis dengan yang ada pada S23 Ultra, yaitu telefoto 10MP dengan zoom optik 3x dan kamera ultra-wide 12MP. Di bagian depan, kedua ponsel pintar ini sama-sama dibekali kamera 12MP yang tertanam di punch-hole.

Perbedaan lainnya yang bisa kamu temukan ada pada perangkat lunaknya. Ya, Galaxy S23 Ultra berjalan dengan One UI 5.1 berbasis Android 13. Sedangkan Galaxy S24 Ultra berjalan dengan One UI 6.1 berbasis Android 14.

Jika kamu tertarik membeli Galaxy S24 Ultra, Samsung menjanjikan bahwa ponsel pintar ini akan mendapat update OS dan patch keamanannya hingga 7 tahun. Ini juga dirasakan oleh dua saudaranya, Galaxy S24 dan Galaxy S24+.

Nah, yang menjadi nilai jual dari Galaxy S24 Ultra, yang diluncurkan di awal tahun ini bersama Galaxy S24 dan S24+ adalah dukungan Galaxy AI yang menjadikan ponsel pintar ini lebih cerdas. Sementara, pada Galaxy S23 Ultra, kamu tidak akan menemukan dukungan tersebut.

Untuk pilihan warnanya, S24 Ultra tersedia dalam tujuh pilihan warna, yakni Titanium Black, Titanium Gray, Titanium Violet, Titanium Yellow, Titanium Blue, Titanium Orange, dan Titanium Green. Untuk tiga pilihan warna terakhir tersedia secara spesial di online.

Sementara, Galaxy S23 Ultra yang bodinya dibalut dengan alumunium dan mulai dipasarkan pada tahun lalu tersedia dalam pilihan warna-warna yang tak kalah menarik, seperti Phantom Black, Lavender, Cream, Green, Red, Graphite, Sky Blue, dan Lime.

Terakhir untuk harganya, Galaxy S24 Ultra dijual mulai dari harga Rp 21.999.000 untuk pilihan RAM 12GB dan penyimpanan internal 256GB. Sementara, Galaxy S23 Ultra untuk pilihan memori yang sama dibanderol seharga Rp 20 juta. Jadi, pilih Galaxy S24 Ultra atau S23 Ultra?

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.