NativZen
Advertising Area

WhatsApp Sedang Ujicoba Fitur Berbagi File Mirip Nearby Share

WhatsApp dikabarkan sedang mengujicoba fitur baru berbagi file dengan kontak terdekat. Ini mirip dengan fitur Nearby Share di Android.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Baru-baru ini, Google dan Samsung telah meningkatkan sistem berbagi file di Android, Nearby Share, dan menamainya dengan Quick Share. Fitur baru ini memungkinkan berbagi file dengan lancar antar handset Android dan PC/laptop yang menggunakan Chrome OS dan Windows.

Sementara itu, WhatsApp juga dikabarkan sedang mengujicoba fitur baru untuk berbagi file dengan kontak terdekat. Fitur yang ditemukan WABetaInfo di WhatsApp versi Beta untuk Android terbaru ini menggunakan Bluetooth untuk transfer file.

Menariknya, ini memungkinkan pengguna untuk berbagi file hingga 2GB, menawarkan opsi yang lebih cepat dan nyaman dibandingkan metode konvensional seperti mengirim file melalui obrolan atau menggunakan penyimpanan cloud.

Seperti dijelaskan oleh WABetaInfo bahwa kedua pengguna harus sama-sama berada di bagian “Bagikan File” dari aplikasi agar proses transfer file dapat berfungsi. Selain itu, keduanya juga harus tetap di sana hingga transfer file berjalan selesai.

Metode ini akan tetap menggunakan enkripsi end-to-end, yang bertujuan untuk memastikan bahwa berbagi file akan berjalan aman, seperti pada metode standar WhatsApp. Menariknya, pengguna perlu menggoyangkan ponsel pintarnya untuk mulai berbagi.

Aspek privasi ditangani dengan baik; transfer file akan berjalan aman dan dilindungi oleh enkripsi ujung ke ujung. Selama proses transfer sedang berjalan, nomor telepon akan tetap tersembunyi dan tidak akan terlihat oleh orang yang tidak ada dalam daftar kontak pengguna.

Juga dikatakan oleh WABetaInfo bahwa fitur baru ini berguna untuk pengguna WhatsApp biasa, dan tampaknya fitur berbagi file ini lebih menjanjikan daripada pembaruan Quick Share terbaru yang ditawarkan oleh kolaborasi Google dan Samsung.

Namun, jika fitur berbagi file di WhatsApp ini benar-benar berfungsi di iOS dan Android, tentu saja hal ini bisa menjadi terobosan baru yang ditawarkan kepada pengguna. Jika tidak, platform lain mungkin masih memiliki opsi bawaan yang lebih baik.

WhatsApp baru-baru ini juga telah mengumumkan empat fitur baru untuk Channels, yakni menambahkan kemampuan untuk membuat jajak pendapat, mengirim pesan suara, memiliki banyak admin di Channels dan pengikut kini juga bisa membagikan pembaruan Channel pada status WhatsApp mereka.
​

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.