NativZen
Advertising Area

Sennheiser Luncurkan Headphone Studio Terbaru, seri HD 490 Pro

Meramaikan pasar audio, Sennheiser kembali membuat gebrakan dengan meluncurkan headphone studio terbarunya, seri HD 490 PRO.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Meramaikan pasar audio, Sennheiser kembali membuat gebrakan dengan meluncurkan headphone studio terbarunya, seri HD 490 PRO. Hadir dengan desain open-back, headphone ini cocok untuk kebutuhan produksi, mixing, maupun mastering.

Headphone yang dinamis dan circumaural ini memiliki keunggulan dalam reproduksi suara yang sangat akurat dan sound stage yang sangat luas serta realistis. Karena itu, headphone ini mampu memberikan transparansi yang dibutuhkan oleh para produser maupun engineer.

Bagi yang tertarik dengan headphone ini, HD 490 PRO dan HD 490 PRO Plus (termasuk aksesoris tambahan) akan tersedia mulai akhir Januari, dan dapat dilihat saat NAMM Show di Anaheim (California), Sennheiser Group Live Room, #18806.

“Dalam setiap genre, para engineer dan kreator musik secara terus menerus mendobrak batasan. Hal ini menunjukkan pentingnya sepasang headphone studio yang baik,” ujar Category Market Manager Jimmy Landry untuk MI pada Sennheiser.

Akurasi audio full-spectrum

Untuk mengatasi kerumitan, engineer Sennheiser telah mengisi HD 490 PRO dengan sound stage berdimensi sangat luas untuk melokalisasi komponen-komponen sebuah mix. Coil suara ultralight memastikan reproduksi suara yang cepat dan autentik.

Respons frekuensi di seluruh spektrum audio, dengan nada rendah yang penuh, akurat, dan terdefinisi jelas berkat silinder frekuensi rendah khusus. Penutup telinga berjaring terbuka memperlihatkan Open-frame Architecture Sennheiser, meminimalkan resonansi dan distorsi.

Sementara itu, untuk pengalaman mendengarkan yang optimal, transduser ditempatkan agak miring, sehingga dapat meniru pengaturan loudspeaker monitor pada umumnya. Headphone studio ini memberikan kontrol penuh kepada penggunanya.

Nyaman untuk dipakai

Sepasang headphone studio yang bagus hanya akan menjadi kurang optimal jika tidak nyaman saat dipakai. Karena itu, para engineer Sennheiser telah menerapkan pengalaman puluhan tahun dari desain headset profesional ke dalam HD 490 PRO.

Desainnya yang ringan dan ergonomis menghilangkan berbagai titik tekanan termasuk headband yang tidak menekan bagian sensitif di kepala. Selain itu, earpad circumaural menampilkan zona kenyamanan lembut yang dipatenkan Sennheiser.

Paten juga telah diajukan sehubungan dengan geometri sumbu khusus HD 490 PRO. Desain ini memastikan headphone beradaptasi secara optimal dengan kepala saat dipasang, dan mempertahankan tekanan kontak yang sama, bagaimanapun bentuk kepala pengguna.

Dua jenis ear pads

Ada dua jenis ear pads yang disediakan untuk pengguna HD 490 PRO. Pertama, ear pads untuk produksi (velour) yang memiliki respons sedikit lebih hangat. Ini bertujuan untuk menciptakan perspektif dan membantu pengguna membuat penilaian holistik terhadap suara.

Ear pads yang kedua adalah untuk mixing (kain). Ini menghasilkan suara yang sangat datar dan netral, yang membantu mendalami detail ketika referensi suara diperlukan dalam menyelesaikan suatu mix. Menariknya, kedua ear pads dapat dicuci.

Lisensi untuk dearVR MIX-SE

HD 490 PRO menyertakan lisensi gratis untuk plugin dearVR MIX-SE yang inovatif dari Dear Reality. Plugin ini mengubah DAW menjadi lingkungan mixing virtual terbaik, menyimulasikan akustik studio mixing ideal yang dirancang dengan cermat.

Tidak hanya engineer atau musisi yang ditempatkan pada posisi yang tepat, tetapi dearVR MIX-SE juga bakal membantu mereka dalam memastikan terjemahan dari mix mereka seimbang dan konsisten pada sistem yang berbeda.

Perhatian terhadap detail

Desain cermat dari model studio kelas atas ini tidak hanya terdapat pada aksesorisnya saja. Kabel headphone, misalnya, dapat disambungkan ke bagian telinga kanan atau kiri dari HD 490 PRO sehingga dapat menyesuaikan dengan berbagai pengaturan studio dan preferensi.

Struktur cable coil yang dipatenkan memastikan bahwa kabel headphone tidak membawa suara lain ketika menyentuh meja atau bergesekan dengan pakaian. Tanda kiri/kanan jelas terlihat pada penutup debu bagian dalam transduser.

Untuk penyandang tunanetra, terdapat informasi braille pada headband fork. Setiap HD 490 PRO mencakup dengan dua set ear pads yang berbeda (mixing dan producing), bersama dengan kabel headphone sepanjang 1,8 meter dan lisensi dearVR MIX-SE.

Lalu, bagaimana dengan harganya? Bagi yang tertarik dengan HD 490 Pro, para produser maupun engineer dapat meminang headset studio kelas atas ini dengan harga EUR 399 (Harga Jual Eceran Tertinggi) atau US$ 399 (Harga Jual Eceran Minimum).

Sementara, HD 490 PRO Plus dibanderol EUR 479 (Harga Jual Eceran Tertinggi) atau USD 479 (Harga Jual Eceran Minimum). Itu semua sudah mencakup tambahan kabel sepanjang 3 m, transport case, dan tambahan fabricheadbandpad, selain headbandvelour standar.

Semua tambahan pada Plus juga tersedia sebagai aksesori individual. Sementara itu, kabel headphone ditawarkan dengan harga EUR 39 HET atau USD 39 HEM). Ini juga dijual oleh Sennheiser sebagai aksesori opsional yang ditawarkan kepada konsumen.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.