NativZen
Advertising Area

Review OPPO Reno11 Pro 5G: Si Paling Mahir Bikin Konten Bokeh

OPPO Reno11 Pro 5G jadi ponsel pintar terbaru OPPO yang memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk menciptakan konten foto dan video bokeh.

Advertising Area

NATIVZEN.com – OPPO di awal tahun 2024 langsung membuat kejutan di pasar ponsel pintar Indonesia dengan meluncurkan seri OPPO Reno11 5G. Ya, ada dua model yang diluncurkan oleh OPPO untuk memanjakan para penggemarnya di Tanah Air.

Kedua model tersebut adalah OPPO Reno11 5G dan OPPO Reno11 Pro 5G. Seperti seri-seri Reno sebelumnya, tak hanya menawarkan performa, perangkat terbaru ini juga menyuguhkan kemampuan untuk memanjakan para penggemar mobile photography.

Nah, menariknya OPPO memberikan kesempatan kepada nativzen.com untuk mereview OPPO Reno11 Pro 5G yang diluncurkan pada bulan Januari lalu bersama OPPO Reno11 5G. Tak mau menyia-nyiakan kesempatan tersebut, inilah ulasannya. Baca hingga selesai!

Unboxing OPPO Reno11 Pro 5G

Sebelum mengulas lebih jauh OPPO Reno11 Pro 5G yang nativzen.com gunakan sebagai daily driver untuk menemani aktivitas liputan, ada baiknya kamu harus tahu boks kemasan penjualan ponsel pintar kelas menengah terbaru ini.

Ya, OPPO Reno11 Pro 5G dipasarkan oleh OPPO dalam sebuah boks kemasan yang didominasi warna abu-abu, dan ada sentuhan warna perak yang berkilau. Pada bagian muka dari boks kemasan tersebut tercantum teks bertuliskan “OPPO Reno11 Pro 5G”.

Sementara, pada area yang berwarna perak berkilauan, OPPO juga mencantumkan nomor “11”, yang menandakan bahwa ini adalah seri OPPO Reno11 5G. OPPO sendiri pertama kali memperkenalkan seri Reno pada tahun 2019, hasil peleburan seri F dan seri R.

Tak ketinggalan, pada boks kemasan tersebut OPPO juga mencantumkan logo OPPO dengan sentuhan berwarna perak berkilauan. Di bagian samping dari boks kemasan, OPPO kembali mencantumkan teks bertuliskan OPPO Reno11 Pro 5G.

Pada bagian belakang dari boks kemasan, OPPO memuat beberapa informasi terkait dengan perangkat yang ditawarkan, seperti ukuran RAM dan ROM, warna dari unit OPPO Reno11 Pro 5G yang ada di dalam kotak kemasan, nomor IMEI, dan sebagainya.

Nah, sekarang kita cari tahu isi dari boks kemasan tersebut. Saat dibuka, kamu akan menemukan kotak berwarna putih yang di dalamnya tersimpan soft-case, lembar petunjuk penggunaan, lembar garansi, dan SIM Card ejector.

Sementara, unit OPPO Reno11 Pro 5G bisa kamu temukan di bawah kotak berwarna putih tersebut, yang dibungkus dengan kertas, bukan lagi plastik. Selain unit handsetnya, OPPO juga masih menyertakan kepala charger 100W SUPERVOOC dan kabel USB Type-C.

Oh iya, unit OPPO Reno11 Pro 5G yang ada di tangan nativzen.com adalah warna Abu-abu Batu. Warna lainnya yang OPPO tawarkan untuk konsumennya di Indonesia adalah warna Putih Mutiara. Selain itu, unit yang kamu terima, layarnya sudah terpasang screen protector.

Membawa Desain 3D Curved

Rasanya bukan OPPO jika tidak mengemas handset yang ditawarkannya dengan desain yang tampak begitu ciamik. Hal ini pun nativzen.com temukan pada OPPO Reno11 Pro 5G yang memang menyasar segmen kelas menengah ke atas.

OPPO mengemas Reno11 Pro 5G dengan desain layar dan bagian belakangnya berupa 3D Curved. Ini artinya desain yang ditawarkan melengkung di sisi kiri dan kanan perangkatnya. Keuntungannya, ponsel pintar ini terasa tipis sehingga nyaman saat digenggam.

Bagi kamu yang penasaran, ketebalan OPPO Reno11 5G hanya 7,59 mm (Abu-abu Batu) dan 7,66 mm (Putih Mutiara). Ini lebih tipis jika dibandingkan dengan OPPO Reno10 5G yang memiliki ketebalan mencapai 7,89 mm. Bobotnya sendiri adalah 181 gram.

Untuk bagian belakangnya, OPPO Reno11 Pro 5G yang sedang direview oleh nativzen.com dengan warna Abu-abu Batu tampak menyodorkan desain yang lebih simpel namun elegan. Model ini punya aksen glitter yang berkilau.

Meski sentuhan akhirnya matte, bodi bagian belakang ponsel pintar ini masih terasa licin. Namun, kamu tak perlu khawatir karena panel belakang OPPO Reno11 Pro 5G ini tidak mudah kotor oleh sidik jari, sehingga tetap terlihat clean dan elegan.

Untuk menunjukkan bahwa Reno11 Pro 5G ini adalah perangkat yang menyasar segmen kelas menengah ke atas, OPPO juga menyematkan logo kebanggannya pada panel bagian belakang. Menariknya lagi, logo tersebut diukir dengan warna perak berkilau, sehingga tampak premium.

Berbeda dengan OPPO Reno11 Pro 5G warna Putih Mutiara, yang datang dengan soft-case transparan. Reno11 Pro 5G Abu-abu Batu datang dengan soft-case warna senada. Sayangnya, jika kamu menggunakan soft-case ini, “kecantikan” bodi belakangnya akan tertutupi.

Bagian belakang Reno11 Pro 5G juga dihiasi modul kamera berbentuk oval yang besar dan tampak menonjol. Di dalamnya, OPPO memuat dua buah kamera yang disusun vertikal saling berdekatan, dan satu buah kamera yang ditempatkan sedikit berjauhan.

Modul kamera berbentuk oval yang besar dirancang sedemikian rupa dengan sentuhan kaca dan warna silver sehingga tampak begitu mewah. Tak ketinggalan, OPPO juga menyematkan dual LED flash yang ditempatkan di luar modul kamera.

Sekarang kita bergeser ke bagian tampilan, alias layar. OPPO Reno11 Pro 5G memiliki layar berukuran 6,7 inci dengan resolusi FHD+ (2412 x 1080 piksel). Panel layar yang digunakan adalah OLED dengan adaptive refresh rate hingga 120Hz.

Untuk memberikan kenyamanan bagi penggemar gadget yang suka menggunakan ponsel pintarnya untuk nonton film, OPPO mengemas Reno11 Pro 5G dengan rasio screen-to-body mencapai 93%. Layarnya juga dibekali dengan 1,07 miliar warna.

Kamu yang tertarik dengan Reno11 Pro 5G tak perlu risau, karena OPPO juga membekali layar ponsel pintarnya itu dengan sertifikasi HDR10+. Selain itu, layarnya juga sudah dibekali tingkat kecerahan hingga 950nit, masih nyaman jika dioperasikan di bawah terik matahari.

Layar lengkung OLED dari OPPO Reno11 Pro 5G juga dipercantik dengan punch-hole di bagian atas, yang ditempatkan di tengah. Sedangkan untuk melindungi layarnya agar tidak mudah tergores, OPPO memproteksinya dengan Asahi Glass AGC.

Tak hanya sampai di situ, OPPO juga memperkuat proteksi layar ponsel pintar terbaru kelas menengahnya ini dengan tambahan lembaran screen protector. Selain itu, OPPO juga memperkaya layarnya dengan sensor pemindai sidik jari yang berfungsi untuk keamanan.

Tombol pengoperasian, seperti tombol volume dan daya ditempatkan di sisi kanan. Pada sisi bagian atas, kamu akan menemukan lubang mikrofon yang bersanding dengan IR Blaster, sehingga OPPO Reno11 Pro 5G ini juga bisa berfungsi sebagai remote control.

Sisi bagian kiri dibuat polos, sedangkan sisi bagian bawah, OPPO menempatkan slot untuk memuat SIM Card (Dual SIM – Nano-SIM, dual stand-by) dan tidak bisa menampung kartu microSD. Lalu, ada lubang mikrofon, port USB Type-C serta lubang speaker mono.

Ya, speaker yang dimiliki OPPO Reno11 Pro 5G ini adalah mono. Padahal, tak sedikit ponsel pintar sekelasnya sudah menggunakan dual speaker stereo. Tak perlu risau! Meski begitu suara yang keluar dari speaker yang ada pada ponsel pintar ini terdengar cukup jelas.

Ditenagai Dimensity 8200, SoC dari MediaTek

Datang sebagai ponsel pintar kelas menengah ke atas, OPPO telah mencekoki OPPO Reno11 Pro 5G dengan chipset Dimensity 8200. Ini adalah chipset dengan fabrikasi 4nm yang dirancang oleh MediaTek dan diluncurkan pada akhir tahun 2022 lalu.

Bagi kamu yang penasaran dengan konfigurasi CPU dari chipset ini, Dimensity 8200 dikemas dengan arsitektur CPU Octa-core. Ini terdiri dari 1 core Cortex-A78 3,1 GHz, 3 core Cortex-A78 3,0 GHz, dan 4 core Cortex-A55 2,0 GHz. SoC ini terintegrasi dengan GPU Mali-G610 MC6.

Sudah barang tentu, SoC atau chipset yang ditanam oleh OPPO ke dalam Reno11 Pro 5G ini bekerja tidak sendirian. OPPO juga membekali ponsel pintar terbaru kelas menengahnya ini dengan RAM 12GB dan penyimpanan internal 512GB.

OPPO juga memperkaya Reno11 Pro 5G dengan fitur RAM Expansion. Fungsinya seperti yang sudah kita tahu bersama, untuk mendongkrak RAM yang “diakuisisi” dari ROM. Kamu bisa menambah RAM secara virtual hingga 12GB.

Dengan begitu, kamu bisa merasakan RAM 24GB yang berjalan pada Reno11 Pro 5G. Hanya saja, kamu harus puas dengan kapasitas penyimpanan internal yang ada pada ponsel pintar ini. Ya, OPPO tidak menyertakan baki atau wadah untuk menyimpan kartu microSD.

Untuk sektor catu daya, OPPO membekali OPPO Reno11 Pro 5G dengan baterai berkapasitas 4.600 mAh. Menariknya, meski datang dengan kemampuan fast charging 80W SUPERVOOC, OPPO menyertakan kepala charger 100W SUPERVOOC dalam paket penjualan.

Terkait dengan pengisian dayanya, OPPO Reno11 Pro 5G juga memiliki kompabilitas yang tinggi dengan teknologi Power Delivery dan Quick Charge 3.0. OPPO pun sesumbar bahwa hanya perlu 10 menit untuk mengisi baterai hingga 45%.

Dibekali chipset Dimensity 8200, RAM 12GB, ROM 512GB dan dukungan baterai berkapasitas 4.600 mAh, lalu bagaimana dengan kinerjanya? Seperti biasa, nativzen.com melakukan benchmark untuk mengukur performa OPPO Reno11 Pro 5G.

Dalam melakukan proses benchmark, selain menggunakan aplikasi AnTuTu 10.2.0, nativzen.com juga menginstall aplikasi benchmark lainnya, seperti Geebench 6, 3DMark, dan PCMark. Hasilnya, bisa kamu lihat melalui screenshoot di bawah ini.

Tak sampai di situ, nativzen.com juga menggunakan OPPO Reno11 Pro 5G sebagai daily driver untuk menemani aktivitas, mulai dari cek e-mail, berselancar di internet untuk membaca berita, mengakses media sosial, hingga menikmati hiburan, bermain game misalnya.

Dari sejumlah aktivitas yang dijalani bersama dengan ponsel pintar ini, nativzen.com bisa merasakan daya tahan baterai yang dimiliki oleh Reno11 Pro 5G ini. Ya, misalnya dipakai bermain game PUBG Mobile selama 1 jam, baterai yang terkuras hanya 11 %.

OPPO Reno11 Pro 5G berjalan dengan antarmuka ColorOS 14 berbasiskan Android 14. Untuk urusan konektivitas, tentu saja ponsel pintar ini menyuguhkan jaringan 5G. Selain itu, ada juga dukungan WiFi 6, Bluetooth 5.3 dan NFC.

Jika kamu tertarik membeli OPPO Reno11 Pro 5G yang ditawarkan seharga Rp 8.999.000, OPPO menjanjikan akan memberikan dukungan update OS Android hingga 2 kali, dan yang tak kalah penting adalah security update hingga 3 tahun.

Kamera Utama 50MP dengan Sensor Sony IMX890

Seperti telah disebutkan, OPPO Reno11 Pro 5G masih menjadi perangkat yang ditawarkan oleh OPPO untuk memanjakan para penyuka mobile photography. Karena itu, OPPO begitu percaya diri untuk sesumbar yang menyebutkan perangkat ini sebagai “The Portrait Expert”.

Sekarang, mari kita bedah dukungan kamera bagian belakangnya. Ada tiga buah lensa yang disematkan oleh OPPO, ini terdiri dari lensa utama 50MP, yang berpasangan dengan lensa portrait telefoto 32MP dan lensa ultra-wide 8MP.

Menariknya lagi, lensa utamanya menggunakan sensor Sony IMX890 dan sudah ditopang dengan fitur OIS. Sementara, lensa portrait telefotonya juga tak mau kalah. Lagi dan lagi, OPPO mempercayakan kemampuan sensor Sony menggunakan IMX709.

Sedangkan lensa ultra-wide diperkaya dengan kemampuan PoV hingga 112 derajat. Selain itu, OPPO juga membekali sektor fotografi ini dengan serangkaian fitur menarik di dalamnya yang mampu menciptakan foto beresolusi tinggi alias Hi-Res, dan tentunya tak lepas dari batuan AI.

Perlu kamu tahu, sejatinya mode pemotretan otomatis yang ditawarkan oleh Reno11 Pro 5G ini akan menghasilkan foto dengan resolusi sekitar 10MP. Padahal, seperti disebutkan di atas, ponsel pintar ini menyodorkan kamera utama 50MP.

Nah, di sinilah Hi-Res memiliki peran penting. Untuk mengaksesnya, kamu bisa masuk ke aplikasi kamera bawaan, lalu pilih menu “More” dan tap Hi-Res. Kini, kamu sudah siap untuk memotret subjek yang ada, dan lihat hasilnya akan lebih tajam, meskipun kamu perbesar.

Hanya saja, jika kamu getol menggunakan opsi Hi-Res, foto-foto yang disimpan di dalam ponsel pintar ini akan memakan lebih banyak kapasitas penyimpanan. Ya, rata-rata foto yang dibidik dengan resolusi Hi-Res, memiliki ukuran file sebesar 8MB hingga 13MB.

Nah, terkait dengan dukungan AI, OPPO juga menyertakan fitur AI Portrait Retouching. Ini fitur dari mode Portrait yang memungkinkan Reno11 Pro 5G bisa memoles subjek wajah manusia dalam sebuah foto sehingga terlihat lebih menarik.

AI Portrait Retouching dapat memoles untuk menghilangkan bekas jerawat, tekstur kulit wajah, dan sebagainya. Meski dibantu oleh AI, hasil polesan yang ditampilkan terbilang mampu menciptakan foto yang tampak natural, alias tidak berlebihan.

Fitur mode pemotretan yang mendapat perhatian dari nativzen.com adalah AI Color Portrait dan Bokeh Flare Portrait. Ya, kedua fitur ini terbilang sangat menarik, karena benar-benar mampu menciptakan foto yang “wow” untuk langsung dipamerkan ke media sosial.

AI Color Portrai bisa membantu kamu lebih mudah dan cepat untuk membuat foto bokeh dengan bantuan AI, yang menerapkan filter hitam-putih pada subjek sekitar, tetapi subjek utama yang dibidik tetap menampilkan warna yang sesuai.

Untuk menggunakannya, kamu dapat membuka aplikasi kamera bawaan yang terinstall pada Reno11 Pro 5G, lalu pilih mode Portrait. Selanjutnya, tap icon tiga buah lingkaran yang disusun dalam bentuk segitiga, dan pilih filter AI Color Portrait.

Sementara, Bokeh Flare Portrait memungkinkan Reno11 Pro 5G menghasilkan foto bokeh dengan efek latarbelakang yang tampak lebih sinematik. Ya, fitur ini tentunya akan lebih menarik digunakan pada lingkungan dengan latarbelakang cahaya lampu yang beragam.

Sama seperti AI Color Portrait, kamu bisa mengakses filter tersebut dengan cara membuka aplikasi kamera bawaan, lalu pilih mode Portrait. Selanjutnya, tap icon tiga buah lingkaran, dan kini pilih filter Bokeh Flare Portrait

Sekadar informasi, fitur ini bekerja dengan meningkatkan intensitas bokeh dan warna yang ada di latarbelakang subjek. Karena itu, subjek secara otomatis akan terlihat lebih menonjol, dan memiliki detail yang lebih tajam dibandingkan dengan subjek yang ada di latarbelakang.

Tak perlu khawatir ketika harus memotret subjek baik dari dekat, jauh, bidik ke atas, maupun bidik ke bawah, foto yang dihasilkan tetap terlihat jernih. Ingin memotret cantiknya lampu-lampu kota di malam hari, kamu bisa menggunakan mode Night.

OPPO juga memberi kebebasan kepada kamu yang suka memotret dengan mode Pro. Ya, kamu diberi kebebasan untuk mengatur tingkat ISO yang ingin digunakan, atau Shutter Speed dan White Balance, sehingga fotor yang dihasilkan benar-benar sesuai keinginan.

Bagaimana jika OPPO Reno11 Pro 5G kamu gunakan untuk merekam video? Kemampuan perekaman videonya bisa mencapai resolusi 4K @30fps. Jika kamu memilih resolusi 1080p atau FHD, frame ratenya bisa @30fps atau @60fps.

Agar hasil video rekaman yang kamu buat bebas “goyang”, OPPO juga menyematkan opsi Ultra Steady. Hanya saja, jika kamu menggunakan opsi tersebut, video yang dihasilkan mentok pada resolusi FHD alias 1080p dengan frame rate @60fps.

Masih terkait dengan mode perekaman video, kamu juga bisa menciptakan konten Slo-Mo, Time-Lapse dan Dual-View Video. Mode perekaman terakhir yang disebutkan menggunakan fungsi kamera depan dan belakang sekaligus.

Oh iya, untuk memanjakan kamu yang suka foto selfie atau nge-vlog, OPPO Reno11 Pro 5G datang dengan dukungan kamera depan 32MP. OPPO juga memperkaya kamera depannya dengan beragam fitur menarik untuk menciptakan foto atau video yang “wow”.

Salah satu fitur yang bisa membantu kamu adalah AutoFocus Smart Selfie. Ini membuat kamera depan OPPO Reno11 Pro 5G mampu memotret obyek dengan fokus yang tajam secara otomatis. Jadi, kamu bakal lebih happy untuk foto selfie sendirian atau bersama teman-teman.

Fitur Pendukung

Seperti telah disinggung, OPPO Reno11 Pro 5G juga sudah dibekali fitur NFC. Namun, fitur pendukung yang tentu saja tak kalah menarik untuk kamu tahu adalah LinkBoost. Ya, ini adalah teknologi terbaru dari OPPO terkait dengan sinyal.

Saat pertama kali OPPO meluncurkan Reno11 Pro 5G bersama dengan Reno11 5G di Indonesia, OPPO juga menegaskan bahwa ponsel pintar kelas menengah terbarunya ini membawa teknologi LinkBoost, yang membuat sinyal lebih stabil.

Tentu saja, kehadiran LinkBoost di dalam bodi Reno11 Series 5G bukan tanpa alasan. OPPO ingin memberi rasa nyaman kepada pengguna ketika harus membawa ponsel pintar tersebut ke area parkir bawah tanah, lift atau ketika di kondisi ramai orang, seperti saat konser musik.

OPPO menyebutkan bahwa LinkBoost akan mengatasi masalah-masalah tersebut. Oleh karena itu, OPPO juga melengkapi perangkat barunya ini dengan 10 antena di dalamnya, yang membuat OPPO Reno11 Pro 5G tetapi bisa menangkap sinyal dengan kuat.

Kesimpulan

Untuk berkompetisi di kelas menengah ke atas, OPPO di awal tahun 2024 ini telah meluncurkan OPPO Reno11 Series 5G. Ada dua model yang digelontorkan oleh OPPO, yakni OPPO Reno11 5G dan OPPO Reno11 Pro 5G.

Melanjutkan perjalanan seri OPPO Reno sebelumnya, ponsel pintar tersebut tiba di pasar Indonesia untuk memanjakan mereka yang hobi mobile photography. Karena itu, perangkat ini menyodorkan tagline “The Portrait Expert”.

Ya, OPPO Reno11 Pro 5G, perangkat yang direview oleh nativzen.com bisa jadi perangkat yang cocok menemani kamu untuk menciptakan konten foto dan video bokeh yang ciamik. Ini berkat dukungan beberapa fitur mode pemotretan dan perekaman berbasiskan AI.

Belum lagi, ponsel pintar ini telah dibekali dengan kamera utama 50MP dengan sensor Sony IMX890. Dukungan tersebut membuat OPPO Reno11 Pro 5G mampu menciptakan foto dan video dengan resolusi tinggi, yang tak hanya tajam, tetapi juga kaya akan warna.

Jika berbicara desain, Reno11 Pro 5G yang berjalan dengan antarmuka ColorOS 14 berbasiskan Android 14 ini menawarkan panel belakang dan layar 3D Curved. Jelas, ini menjadi daya tarik tersendiri, di tambah dengan desain modul kamera yang ditawarkan.

Dua warna yang ditawarkan, yakni Abu-abu Batu dan Putih Mutiara, sama-sama menjadi warna yang menarik di mata konsumen. Kenyamanan lainnya tentu saja ada pada ketipisan dan bobot yang dimiliki perangkat kelas menengah ke atas ini.

Kamu yang tertarik meminang OPPO Reno11 Pro 5G juga jangan pernah ragu untuk performa yang dimiliki. Ini berkat dukungan chipset Dimensity 8200, RAM 12GB plus RAM Expansion hingga 12GB, ROM 512GB dan baterai berkapasitas 4.600 mAh.

Terakhir, yang tentunya membuat kamu bakal happy menggunakan OPPO Reno11 Pro 5G, ponsel pintar ini telah dibekali pengisian daya “super” cepat, yakni 80W SUPERVOOC. Sementara dalam paket penjualannya ada kepala charger 100W SUPERVOOC.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.