NativZen
Advertising Area

Apple Luncurkan Tools Photo Editing dengan Perintah Teks

Apple memperkenalkan tools AI photo editing yang bernama MGIE. Ini semakin memudahkan kita untuk mengedit sebuah foto.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Apple kembali mendobrak batas-batas teknologi, dan kali ini mengubah cara berpikir kita tentang photo editing. Dengan diperkenalkannya MGIE, sebuah kolaborasi dengan Universitas California, Santa Barbara, Apple mempermudah kita mengubah foto hanya dengan beberapa kata.

Ya, tampaknya Apple akan memberi kemudahan bagi siapa pun untuk tidak lagi perlu repot-repot dalam mengedit foto menggunakan perangkat lunak yang kompleks. Seperti yang kita rasakan saat ini, untuk mengedit sebuah foto diperlukan sebuah aplikasi.

Sekarang, apakah kamu ingin sekadar memotong, mengubah ukuran, membalik, atau menambahkan sedikit sentuhan dengan filter, yang kamu perlukan hanyalah mendeskripsikan apa yang kamu inginkan dari hasil sebuah proses mengedit foto.

MGIE, yang merupakan singkatan dari MLLM-Guided Image Editing ini memang tak lepas dari teknologi AI. Karena itu, MGIE perlu terus dilatih kemampuannya untuk memahami dan melaksanakan pengeditan yang mudah atau rumit melalui perintah tekstual.

Untuk membuktikan kemampuannya, Apple pun memberikan satu contoh, dan ini sangat menarik. MGIE dipaksa untuk mengubah gambar pizza pepperoni menjadi versi yang lebih sehat hanya dengan perintah “membuatnya lebih sehat,”.

Secara ajaib, gambar pizza pepperoni tersebut diubah dengan menambahkan topping sayuran. Demikian pula, ketika diminta untuk mempercantik gambar harimau yang redup dengan perintah menambahkan lebih banyak kontras, MGIE bisa melakukan secara otomatis.

Tentu saja, usaha Apple dalam bidang photo editing berbasiskan AI, yang akhirnya melahirkan MGIE merupakan perubahan penting, terutama jika dibandingkan dengan raksasa seperti Adobe, yang telah memimpin dengan tools pengeditan AI miliknya sendiri.

Meskipun Apple biasanya lebih tertutup dalam bidang AI generatif, inovasi ini menandai langkah signifikan dalam mengintegrasikan lebih banyak fitur AI ke dalam produknya, seperti yang ditunjukkan oleh CEO Tim Cook, menjadikan MGIE dapat diakses melalui GitHub.

Selain itu, demo dalam sebuah website di Hugging Face Spaces yang ditunjukkan oleh Apple juga bakal membuka kemungkinan baru bagi para kreatif dan penggemar teknologi. Ya, kita tentunya berharap inovasi ini bisa dirasakan pada perangkat buatan Apple berikutnya.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.