NativZen
Advertising Area

Apple Dikabarkan Sedang Mengerjakan Dua Prototipe iPhone Lipat

Dikabarkan oleh The Information bahwa Apple saat ini sedang mengerjakan iPhone yang dapat dilipat, serta iPad yang juga dapat dilipat.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Samsung jadi pionir sebagai pabrikan perangkat elektronik yang konsisten untuk meluncurkan ponsel pintar lipat. Langkah Samsung pun diikuti oleh sejumlah pabrikan ponsel pintar asal Tiongkok, seperti OPPO, vivo, Xiaomi, Huawei dan TECNO.

Nah, yang ditunggu-tunggu adalah Apple. Namun sepertinya, raksasa teknologi yang berkantor pusat di Cupertino, Amerika Serikat ini mungkin masih memerlukan waktu beberapa tahun lagi untuk menghadirkan iPhone yang dapat dilipat.

Meski demikian, Apple tidak mengabaikan gagasan tersebut. Laporan terbaru The Information menunjukkan bahwa Apple masih dalam tahap awal mengembangkan prototipe ponsel pintar lipat. Prototipe ini kabarnya mencakup dua model, menyerupai model Galaxy Z Flip.

Menurut laporan tersebut, Apple sedang mengerjakan iPhone lipat yang ketebalannya hanya setengah dari model saat ini, sehingga tidak terlihat terlalu tebal saat ditutup. Apple juga menjajaki ide untuk menambahkan layar kedua di bagian luar.

Namun, tantangan pada komponen seperti baterai dan layar tampaknya mempersulit para insinyur untuk mencapai tujuan tersebut. Terlepas dari tantangan tersebut, Apple dikabarkan telah mendiskusikan pemesanan komponen dengan pabrikan Asia.

Ya, perusahaan yang dikepalai oleh Tim Cook sedang memesan komponen yang dibutuhkan untuk dua ukuran iPhone yang dapat dilipat. Namun, ada kemungkinan proyek tersebut dibatalkan jika tidak memenuhi standar yang diinginkan Apple.

Di sisi lain, iPad yang dapat dilipat tampaknya merupakan tugas yang lebih mudah untuk realisasikan oleh Apple. The Information mengungkapkan bahwa Apple tampaknya lebih fokus untuk merancang iPad lipat ke dalam dengan layar berukuran 8 inci, mirip dengan iPad mini.

Faktor bentuk yang lebih besar, memungkinkan desain yang lebih tebal dan lebih sedikit masalah daya tahan. Namun, tantangan utama yang dihadapi Apple dengan iPad lipatnya ini adalah menghilangkan lipatan yang terbentuk saat dilipat berulang kali.

Apple juga ingin membuat layar pada iPad yang dapat dilipat ini benar-benar datar sehingga memungkinkan interaksi yang lancar dan penggunaan yang mulus untuk Apple Pencil. Tidak ada penjelasan, apakah Apple telah menemukan solusi untuk semua masalah tersebut.

Hingga saat ini, tampaknya perangkat lipat Apple, baik iPhone atau pun iPad memang masih beberapa tahun lagi untuk menjadi kenyataan. Karena itu, kita tunggu saja gebrakan Apple di tahun 2024 ini yang semakin sengit bagi industri ponsel pintar secara umum.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.