NativZen
Advertising Area

OPPO dan vivo akan Keluar dari Gelanggang Hape Lipat?

Laporan terbaru dari salah satu publikasi di Korea Selatan menyebutkan bahwa OPPO dan vivo keluar dari pertarungan ponsel pintar layar lipat.

Advertising Area

NATIVZEN.com – OPPO memasuki pasar ponsel pintar dengan layar lipat pada tahun 2021. Sementara, vivo meluncurkan perangkat serupa pada tahun 2022. Meskipun perangkat vivo terbatas di jual di pasar Tiongkok, kedua pabrikan tersebut terus meluncurkan ponsel layar lipat terbaru.

Namun, laporan terbaru dari salah satu publikasi di Korea Selatan menyebutkan bahwa kedua pabrikan tersebut telah memutuskan untuk keluar dari gelanggang pasar perangkat layar lipat. Jika informasi ini akurat, ada kemungkinan OnePlus pun juga demikian.

Sementara itu, Huawei dilaporkan sedang mengerjakan ponsel pintar dengan layar lipat tiga, dan Samsung sedang mengembangkan ponsel pintar dengan layar yang dapat digulung. Ya, Tampaknya Huawei dan Samsung akan terus berkompetisi di atas gelanggang.

Terkait dengan publikasi tersebut, hingga saat ini memang belum ada pernyataan resmi dari OPPO dan vivo. Oleh karena itu, ada baiknya para penggemar ponsel pintar layar lipat dan gadget pada umumnya tetap menunggu laporan lebih lanjut.

Laporan tersebut juga menunjukkan bahwa keputusan OPPO dan vivo untuk keluar dari pasar ponsel pintar dengan layar lipat bukan tanpa alasan. Diperkirakan penyebabnya adalah penurunan yang cukup signifikan pangsa pasar mereka di segmen ini pada tahun lalu.

Sementara, Huawei, salah satu pionir awal di pasar ponsel pintar layar lipat, dilaporkan sedang mengembangkan perangkat lipat tiga berbentuk Z yang ditujukan untuk pasar tablet PC. Perangkat ini mungkin menawarkan ruang layar hingga 10 inci saat dibuka.

Huawei menargetkan menjual lebih dari 130 juta unit setiap tahunnya. Dengan pangsa pasar 40 persen, iPad milik Apple saat ini mendominasi pasar tablet PC, sedangkan Samsung Galaxy Tab berada di posisi kedua dengan pangsa pasar 19 persen.

Menyikapi perkembangan Huawei, baik Apple maupun Samsung juga dikabarkan tengah membuat perangkat layar lipat yang lebih modern. Samsung dikatakan sedang mengerjakan ponsel pintar dengan layar yang dapat digulung.

Ya, kemungkinan perangkat tersebut mirip dengan yang sedang dikembangkan oleh Huawei. Sementara itu, Apple dikabarkan sedang mengembangkan ponsel pintar pertama yang dapat dilipat secara horizontal, dengan perkiraan produksi dijadwalkan pada tahun 2026.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.