NativZen
Advertising Area

Google Mulai Meluncurkan Android 15 Developer Preview

Google belum lama ini telah merilis Android 15 versi Developer Preview (DP), yang menampilkan sedikit peningkatan privasi dan fitur baru.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Google belum lama ini telah merilis Android 15 versi Developer Preview (DP), yang menampilkan sedikit peningkatan privasi dan fitur baru. Karena dirancang khusus untuk developer, ini mungkin tidak cocok untuk para pengguna ponsel pintar harian.

Oleh karena itu, ada sebaiknya kamu yang bukan developer alias pengembang aplikasi tunggu saja jika ingin mencobanya di perangkat Pixel. Google mengumumkan bahwa mereka kemungkinan akan merilis versi Beta untuk publik antara bulan Maret dan April.

Secara garis besar, Android 15 akan memungkinkan kamu untuk memiliki kontrol lebih besar atas iklan yang dilihat secara lebih detail. Menu baru bernama “Iklan (Ads)” telah ditambahkan di bawah bagian “Privasi & keamanan” di dalam Pengaturan.

Di sana, kamu dapat memeriksa aplikasi mana yang melacak aktivitas kamu di dalam perangkat untuk menampilkan iklan. Beberapa aplikasi dapat menyediakan iklan yang dipersonalisasi dengan melacak aktivitas kamu di dalam perangkat.

Dengan FLEDGE API di Android 15, kini kamu dapat mencegah aplikasi untuk melacak aktivitas. Tetapi, ini tidak berarti bahwa iklan yang muncul di perangkat kamu akan dihapus sepenuhnya, namun ini memastikan bahwa data kamu tidak akan dibagikan dengan aplikasi pihak ketiga yang dipilih.

Fitur baru lainnya di Android 15 adalah kemampuan untuk melakukan perekaman layar sebagian. Daripada merekam atau mentransmisikan seluruh layar, kini kamu hanya dapat merekam bagian tertentu dari aplikasi yang digunakan.

Tentu saja, ini sangat berguna bagi kamu yang sering merekam layar ponsel pintarnya atau harus mentransmisikan layar ponsel pintarnya saat melakukan panggilan video. Selain itu, Google akhirnya berupaya mengoptimalkan kamera yang lebih baik untuk aplikasi pihak ketiga.

Gambar yang diambil di lingkungan dengan cahaya redup kini akan diproses secara real-time, memberi kamu pratinjau cerah secara bersamaan, seperti yang muncul setelah mengetuk tombol rana. Aplikasi pihak ketiga juga bisa mendapatkan keuntungan dari gambar pratinjau yang ditingkatkan.

Kabar buruknya adalah Android 15 DP saat ini hanya tersedia untuk seri Pixel 6 dan Pixel yang lebih baru. Artinya, dukungan software untuk perangkat seri Pixel 5 telah resmi berakhir. Informasi lebih lanjut, kamu dapat mengakses tautan ini.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.