NativZen
Advertising Area

Gen Z Suka Nih! DD Apps Bikin Bayar Zakat Jadi Lebih Mudah

Dompet Dhuafa membuat gebrakan di dunia digital dengan menghadirkan DD Apps. Aplikasi mobile ini bikin mudah Gen Z untuk bayar sedekah dan zakat.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Dompet Dhuafa membuat gebrakan di dunia digital dengan menghadirkan DD Apps. Aplikasi yang bakal mempermudah layanan bagi masyarakat di Indonesia yang ingin bersedekah atau membayar zakat ini telah tersedia di platform Android dan iOS.

Tak sekadar mobile aplikasi layanan biasa, DD Apps juga menghadirkan beragam fitur seperti donasi mulai dari zakat, infak, sedekah, kemanusiaan, ibadah, pendaftaran relawan hingga akses laporan publik Dompet Dhuafa, yang semuanya dibenamkan di dalam DD Apps.

Hadirnya DD Apps tentu melengkapi inovasi digital yang terus Dompet Dhuafa kembangkan di era kemajuan teknologi dengan menyasar kaum milenial yang tercatat sebesar 44% dan Gen Z sebesar 6%, serta potensi peningkatan hingga 15%.

Mengembangkan inovasi teknologi di era digitalisasi menjadi sebuah keharusan. Aplikasi Dompet Dhuafa dengan beragam fitur menjadi terobosan baru Dompet Dhuafa dimana sebelumnya pernah dikembangkan pada kurun waktu 2011.

Seperti dijelaskan oleh Etika Setiawanti, Sekretaris Pengurus Dompet Dhuafa dalam acara Gathering Jurnalis Tekno #MUDAHJADIBAIK di Jakarta, (20/2) bahwa kehadiran DD Apps melengkapi perjalanan inovasi teknologi di Dompet Dhuafa.

“Aplikasi ini tidak hanya menjadi platform penghimpunan saja, tetapi juga menjadi pemenuh kebutuhan ibadah masyarakat. Karena di Dompet Dhuafa tidak hanya menghimpun dana semata, tetapi juga mengelolanya menjadi program-program pemberdayaan,” jelas Etika.

Ditambahkan oleh Etika bahwa transparansi pelaporan penggunaan dana, turut disajikan di DD Apps. Keterlibatan masyarakat untuk menjadi relawan dan menikmati sajian liputan berupa artikel serta video juga ditanam di aplikasi ini.

Hal senada juga dijelaskan oleh Adi Kurniawan, Senior Officer Penghimpunan Digital Dompet Dhuafa. Ia menjelaskan bahwa DD Apps yang dikembangkan oleh Dompet Dhuafa ini menyediakan dua fitur utama, yakni Donasi dan Ibadah.

“Dalam pengembangan aplikasi mobile Dompet Dhuafa ini, atau yang kami sebut DD Apps ada dua fitur utama. Kedua fitur utama tersebut adalah Donasi dan Ibadah. Tentunya, hadirnya fitur-fitur tersebut juga kami dapatkan dari masukan para donatur Dompet Dhuafa,” ucap Adi.

Pada fitur Donasi, pengguna aplikasi ini dapat menyalurkan dana kebaikan yang tidak hanya mencakup infak, tetapi juga sedekah, zakat, wakaf, dana khusus untuk kemanusiaan hingga mambayar atau mencicil hewan kurban.

Sedangkan untuk fitur Ibadah, DD Apps menyediakan Jadwal Salat, Al-Qur’an digital yang dilengkapi dengan audio, Kalkulator Zaka, Jemput Zakat hingga menu Tanya Ustaz yang akan terhubung langsung untuk berkonsultasi seputar agama, khususnya Ziswaf.

Tak kalah menarik, DD Apps juga menyediakan fitur lainnya, seperti Laporan Publik Dompet Dhuafa yang dapat diakses oleh seluruh donatur. Untuk mengikuti aktivitas di Dompet Dhuafa, DD Apps dilengkapi fitur pendaftaran Care Visit.

Fitur ini dihadirkan bagi para donatur yang ingin terjun langsung ke program-program pemberdayaan dan fitur pendaftaran untuk menjadi bagian dari Gerakan kebaikan Dompet Dhuafa Volunteer (DDV). Ada pula fitur Berita Terbaru yang akan menginformasikan seluruh kegiatan kelembagaan Dompet Dhuafa.

“Sebagai Gerakan kebaikan, tentu Dompet Dhuafa tidak mampu menjalankannya sendirian. Melalui aplikasi ini, tentu membuka peluang semakin luas untuk masyarakat Indonesia berkontribusi dalam gerakan kebaikan,” tambah Etika.

Sementara Martin Adiyono, Direktur PT Ozip Teknologi Nusantara mengutarakan, DD Apps merupakan proses transformasi digital, awalnya donasi dihimpun secara manual maupun dengan aplikasi pihak ketiga, kini mengarah ke digital.

“DD Apps ini dihadirkan dengan tujuan agar para donatur bisa berdonasi langsung, serta cepat dalam mendapatkan notifikasi. Untuk keamanan, sebelum pengguna masuk ke DD Apps, ada beberapa langkah yang harus diisi termasuk penggunaan kode OTP”,” jelas Martin.

Para donatur yang tertarik bersedekah atau membayar zakat via DD Apps, proses transaksinya juga sangat mudah, yakni bisa dilakukan melalui transfer di mobile banking atau ATM, Virtual Account, hingga e-wallet seperti DANA, OVO, GoPay, dan sebagainya.

“Dengan beragam fitur dan kemudahan yang disediakan oleh DD Apps, di Ramadan mendatang, tentunya kamu tak perlu lagi takut salah memilih aplikasi yang tepat untuk menunjang kebaikan. Sebab, DD Apps akan mempermudah segala niat baik kamu,” tutup Etika.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.