NativZen
Advertising Area

XL Axiata Tambah 700 BTS 4G di Pulau Sulawesi

Khusus di pulau Sulawesi, dalam kurun waktu dua tahun terakhir, XL Axiata gencar membangun jaringan 4G hingga ke wilayah pelosok pedesaan.

Advertising Area

NATIVZEN.com – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus mendukung visi pemerintah dalam percepatan pembangunan nasional melalui pemerataan infrastruktur jaringan telekomunikasi dan data di seluruh Indonesia, salah satunya di Pulau Sulewesi.

Khusus di pulau Sulawesi, dalam kurun waktu dua tahun terakhir, XL Axiata gencar membangun jaringan 4G hingga ke wilayah pelosok pedesaan yang sebelumnya belum terjangkau, dengan menambah lebih dari 700 BTS 4G.

Hingga akhir tahun 2023 lalu, ditopang dengan total lebih dari 9.800 BTS, termasuk lebih dari 6.400 BTS 4G, jaringan 4G XL Axiata telah menjangkau total lebih dari 1.900 desa/kelurahan dan 805 kecamatan di 108 kota/kabupaten dan 6 provinsi.

“Sulawesi merupakan salah satu wilayah yang sangat menantang bagi XL Axiata dalam menggelar jaringan dan layanan telekomunikasi juga data. Pulau ini sangat luas dengan geografis yang tidak mudah,” ujar Chief Corporate Affairs XL Axiata, Marwan O. Baasir.

Ditambahkan Marwan, di sisi lain Sulawesi juga menjadi pintu gerbang menuju Kawasan Timur Indonesia dengan kota-kota penting dan tentunya pasar yang potensial. Karena itu, di Sulawesi XL Axiata berusaha keras untuk terus menghadirkan layanan hingga ke pelosok.

“Ada yang dengan memperluas jaringan sendiri, ada pula yang dijangkau melalui satelit. Bagi kami, pembangunan jaringan hingga ke pelosok-pelosok Sulawesi tidak hanya demi memperluas pasar, tetapi juga turut mendukung visi pemerintah,” tambah Marwan.

Penyediaan jaringan 4G di provinsi yang berada di Pulau Sulawesi ini juga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam meningkatkan literasi digital, agar mereka mampu beradaptasi dengan digitalisasi yang terjadi di berbagai bidang.

Untuk meningkatkan kualitas jaringan yang dikembangkannya, XL Axiata juga terus melakukan fiberisasi jaringan. Secara teknis, fiberisasi bertujuan untuk meningkatkan kapasitas, agar kenyamanan pelanggan juga semakin meningkat.

Hingga saat ini, fiberisasi di Sulawesi telah mencapai lebih dari 50% dari total BTS yang ada di pulau tersebut. Di seluruh Sulawesi, XL Axiata memiliki BTS 4G terbanyak di provinsi Sulawesi Selatan dengan jumlah lebih dari 5.400 unit BTS.

Selanjutnya diikuti oleh Sulawesi Tengah, yakni sebanyak sekitar 1.200 unit BTS. Sulawesi Utara, lebih dari 1.100 unit BTS, Sulawesi Tenggara lebih dari 1.000 unit BTS, Sulawesi Barat lebih dari 450 unit BTS dan Gorontalo lebih dari 450 unit BTS.

Sementara itu, jumlah pelanggan XL Axiata di seluruh Sulawesi tercatat lebih dari 2,4 juta pelanggan. Pelanggan terbanyak berada di Sulawesi Selatan, yakni sebanyak 1,4 juta pelanggan. Terbanyak kedua ada di provinsi Sulawesi Tengah.

“Membangun jaringan di Sulawesi bukanlah hal mudah. Selain secara geografi berat, bergunung dan kepulauan, secara bisnis menembus pasar dan meraih kepercayaan masyarakat di wilayah ini juga tidak ringan,” ujar Caretaker Sulawesi Area XL Axiata, Mozes H. Baottong.

Mozes menambahkan, di area Sulawesi, sekitar 70% pelanggan XL Axiata aktif mengakses layanan berbasis streaming video. Sekitar 20% pelanggan mengakses messenger dan social media, sisanya dipergunakan untuk voice, video call dan layanan lainnya.

Selain itu, jaringan Fixed Mobile Convergence (FMC) milik XL Axiata di Sulawesi juga terus meluas hingga menjangkau lebih dari 322 ribu homes-passed (jumlah rumah, yang terjaring layanan XL SATU Fiber) di Makassar, Palu, Manado, dan beberapa kota/kabupaten lainnya.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.