NativZen
Advertising Area

MWC 2024: Lenovo Perkenalkan ThinkPad T14 Gen 5

Lenovo memberikan pembaruan besar pada seri ThinkPad T dengan dirilisnya ThinkPad T14 Gen 5 pada gelaran MWC 2024.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Lenovo memberikan pembaruan besar pada seri ThinkPad T dengan dirilisnya ThinkPad T14 Gen 5. Disebutkan bahwa laptop ini hadir tak hanya membawa prosesor baru, tetapi Lenovo ingin kembali fokus bahwa seri ThinkPad T ini menawarkan kemudahan untuk diperbaiki.

ThinkPad T490 yang lahir pada tahun 2019 benar-benar menawarkan kemudahan perbaikan, mengikuti pendahulunya, T480. Kini, Lenovo menghadirkan kembali fitur tersebut pada T14 Gen 5, yang menonjol karena penekanannya pada kemampuan perbaikan dan desain yang diperbarui.

Laptop ini hadir dengan layar OLED yang ditopang dengan refresh rate 120 Hz, dan menawarkan tingkat kecerahan hingga 400 cd/m². Ditambah dukungan film optik terbaru, konsumsi daya laptop ini juga berkurang untuk opsi tampilan standar WUXGA.

Secara visual, T14 Gen 5 tampak seperti ThinkPad lainnya dengan bezel tipis, konfigurasi webcam dengan poni terbalik, dan logo khas ThinkPad dengan finishing hitam yang timbul. Namun, keyboard telah didesian ulang, menukar tombol FN/Ctrl dengan tombol Co-Pilot Windows.

Selain itu, Lenovo juga meramu tombol khas berwarna merah di keyboard menjadi sebuah tactile markings untuk navigasi yang lebih mudah. Ya, seperti yang sudah kita tahu bersama bahwa seri ThinkPad memang selalu dihiasi dengan tombol tersebut.

Sementara itu, berbeda dengan versi lamanya, T480, ThinkPad T14 Gen 5 menyertakan dua slot SO-DIMM. Ini memungkinkan pengguna untuk mengupgrade sendiri dukungan RAM DDR5 yang ada pada laptop ini. Maksimal RAM yang dimiliki oleh laptop ini adalah 64GB.

Selain itu, Lenovo juga mendesain ulang baterainya menjadi Customer Replacement Unit (CRU). Artinya, pengguna dapat menggantinya sendiri. Perubahan ini dimungkinkan karena menggunakan konektor click-in, bukan kabel standar dalam desain laptop pada umumnya.

Tidak hanya baterai dan RAM, SSD dan WWAN juga dapat diganti oleh pengguna. Menariknya lagi, Lenovo juga menyediakan indikator visual yang ditambahkan untuk memudahkan pengguna melakukan penggantian atau perbaikan komponen yang ada pada ThinkPad T14 Gen 5.

Dengan dukungan dari tim iFixit, Lenovo mengatakan bahwa mereka juga telah mengembangkan panduan perbaikan terbaru, termasuk dalam bentuk video, untuk semua komponen CRU. Sebagai hasil dari semua ini, ThinkPad T14 Gen 5 telah mendapatkan skor perbaikan iFixit sebesar 9,3 dari 10.

Pilihan prosesor untuk T14 Gen 5 termasuk Intel Core Ultra dengan Meteor Lake H dan Ryzen 8040U. Berbeda dengan pendahulunya, tidak ada opsi GPU Nvidia khusus. Fitur terbaru lainnya yang dimuat oleh Lenovo ke dalam laptop ini termasuk WiFi 7 (opsional) dan Sub6 5G/LTE.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.