NativZen
Advertising Area

MWC 2024: Kolaborasi Indosat x NVIDIA Bawa IA Cloud ke Indonesia

MoU Indosat Ooredoo Hutchison group dan NVIDIA yang ditandatangani di MWC 2024 di Barcelona bertujuan membawa AI Cloud ke Indonesia.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) group berkolaborasi dengan NVIDIA dalam membentuk lanskap teknologi dan mendorong Indonesia ke barisan terdepan revolusi Artificial Intelligence (AI) pada skala global, memasuki tahapan baru era inovasi dan digitalisasi.

Kolaborasi ini dikukuhkan melalui MoU tentang pembentukan lanskap teknologi Indonesia yang ditandatangani oleh Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, dan Ronnie Vasishta, Senior Vice President of Telecom NVIDIA.

Penandatanganan dilakukan di Mobile World Congress (MWC) 2024 Barcelona. Bersama-sama, Indosat dan NVIDIA akan mendorong Indonesia menjadi yang terdepan dalam komunitas AI Cloud tingkat global, menuju era baru inovasi dan digitalisasi.

????????????

Dengan menjadi NVIDIA Cloud Provider Partner pertama di Indonesia, Indosat, melalui anak usahanya, Lintasarta, akan menghadirkan platform AI full-stack NVIDIA untuk pelaku bisnis di Tanah Air dan memberikan akses ke teknologi GPU termutakhir dari NVIDIA.

Ini didukung pusat data high-density dengan kecepatan hingga 400 Gbps. Nantinya, layanan AI Cloud milik Indosat dan Lintasarta yang didukung NVIDIA ini akan mengembangkan pusat data generasi baru yang berkelanjutan, hyper-connected dan dilengkapi AI.

GPU-as-a-Service (Deka GPU) milik Lintasarta menyediakan akses ke kemampuan AI/Machine Learning paling mumpuni yang didesain khusus untuk pekerjaan komputasi berat, termasuk penyediaan infrastruktur, platform, dan layanan bare metal.

Saat ini, superkomputer AI adalah infrastruktur penting, dan kolaborasi ini akan menjadi fondasi kuat bagi perjalanan memberdayakan Indonesia menjadi bangsa yang cakap akan AI. Indosat akan memanfaatkan pusat datanya untuk mewujudkan platform AI yang berdaulat.

Beragam institusi akan dapat mengakses platform AI Cloud yang canggih, termasuk infrastruktur, piranti, dan juga perangkat lunak. Hal ini menjadi katalis inovasi untuk meningkatkan produktivitas, optimalisasi proses, serta menekankan efisiensi operasional lintas industri.

“Kolaborasi ini menandai momentum penting bagi perjalanan Indonesia menuju bangsa digital global yang didukung oleh kemampuan AI,” ujar Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison.

Ditambahkan oleh Vikram bahwa teknologi ini nantinya akan diimplementasikan pada pusat data yang diidioperasikan oleh BDx Indonesia, sebuah perusahaan patungan Indosat Ooredoo Hutchison, Lintasarta, dan BDx Data Centers.

“Kami sangat antusias menyambut kerja sama dengan NVIDIA. Langkah ini menandai komitmen kami dalam mendorong Indonesia menjadi yang terdepan dalam komunitas AI Cloud tingkat global,” ucap Bayu Hanantasena, President Director and Chief Executive Officer Lintasarta.

Ditambahkan oleh Bayu bahwa kolaborasi ini juga akan memberdayakan Indonesia lewat teknologi AI dan layanan cloud termutakhir, mendorong pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan pekerjaan, dan inovasi teknologi.

Sementara itu, Ronnie Vasishta, Senior Vice President of Telecom NVIDIA, mengatakan bahwa, Indosat melalui Lintasarta sedang memperluas peranannya di Indonesia untuk menyediakan infrastruktur AI yang penting dan berdaulat.

“Indosat melalui Lintasarta akan menjadi mitra cloud NVIDIA, menawarkan layanan AI Cloud yang berskala dan berkinerja tinggi mengikuti arsitektur sesuai referensi NVIDIA untuk membantu mendorong Indonesia ke garis depan komunitas AI Cloud global,” ucap Ronnie.

Melalui kolaborasi ini, Indosat menempatkan dirinya sebagai pusat ekosistem digital yang komprehensif yang mencakup saluran, konektivitas, pusat data, dan sistem pembayaran, sehingga mendorong evolusi digital bangsa seraya memanfaatkan teknologi mutakhir dalam perjalanan transformasi digitalnya.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.