NativZen
Advertising Area

Samsung Knox, Bikin Pengguna Ponsel Galaxy Tak Lagi Cemas

Untuk melindungi data-data penting yang dimiliki oleh pengguna ponsel pintar Galaxy, Samsung punya solusi yang dinamakan Samsung Knox.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Mengingat semakin marak kejahatan digital yang mengincar perangkat pribadi pengguna, perlindungan data dirasa perlu mendapat perhatian khusus. Nah, Samsung secara khusus memperhatikan hal itu dengan memperkenalkan Samsung Knox.

Ini sebagai solusi keamanan untuk perangkat mobile yang dihadirkan oleh Samsung. Platform keamanan Samsung Knox pertama kali dikenalkan pada tahun 2013. Dirancang tak hanya untuk melindungi kebutuhan bisnis, tetapi juga end user, baik dari sisi hardware dan software.

Dengan menerapkan sistem keamanan berlapis, sistem keamanan yang dikembangkan Samsung ini kini sudah berusia 10 tahun. Hingga kini, Samsung Knox telah berhasil melindungi miliaran pengguna di seluruh dunia dan mengenalkan era baru keamanan pada perangkat.

Seperti dijelaskan oleh Banu Afwan Pribadi, Head of B2B Innovation Lab, Samsung Research Indonesia bahwa keamanan terhadap data pribadi menjadi salah satu keunggulan yang ditawarkan Samsung melalui rangkaian perangkat Galaxy terbaru.

“Pengguna ponsel pintar sekarang ini memiliki kebutuhan untuk menyimpan berbagai jenis data dan melakukan transaksi digital melalui perangkat yang digunakan. Samsung Knox pada ponsel pintar Galaxy mengamankan pengguna dari berbagai serangan dan menawarkan keamanan yang optimal,” ujar Banu.

Dalam perkembangannya, Samsung Knox telah melewati beberapa kali proses evolusi. Contohnya pada tahun 2021, Samsung mengenalkan Knox Vault. Ini adalah sistem keamanan inovatif yang mampu mengisolasi data sensitif pengguna secara fisik.

Data seperti pola lockscreen, password, hingga PIN disimpan secara terpisah dari data lainnya, sehingga lebih aman dari upaya peretasan atau pencurian data. Kemampuan pengamanan data inilah yang banyak digunakan dalam setting bisnis dan enterprise.

Selain untuk melindungi kebutuhan bisnis, Samsung Knox Vault ini juga bermanfaat bagi para konsumen individu yang menyimpan data pribadi di ponsel pintar. Contohnya, seperti saat menggunakan aplikasi M-Banking, tentunya dibutuhkan password atau PIN ketika bertransaksi.

Data password dan PIN inilah yang disimpan dalam Knox Vault. Pemanfaatan kemampuan Knox Vault yang lain adalah pada fitur Samsung Pass. Layanan ini dapat digunakan pengguna untuk mempersingkat proses log in dengan menyimpan data password berbagai aplikasi dan layanan.

Data password yang disimpan Samsung Pass akan diamankan oleh Knox Vault. Pengaplikasian lain adalah via Secure Folder. Fitur ini merupakan area terenkripsi pada ponsel pintar Samsung yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan mengelola data sensitif secara aman.

Fitur ini berfungsi sebagai lapisan tambahan keamanan pada perangkat, memastikan data-data penting yang tersimpan pada perangkat tak mudah diakses sembarangan. Secure Folder ini pun didukung keamanannya oleh Knox Vault.

Dalam kehidupan sehari-hari, Secure Folder dapat menjadi tempat ideal untuk menyimpan berbagai jenis informasi berharga. Kita dapat menyimpan file-file penting seperti dokumen keuangan, aplikasi mobile banking, data pribadi, dan sebagainya.

Melalui kehadiran Knox Vault, pengguna perangkat Galaxy otomatis mendapatkan solusi keamanan eksklusif. Knox Vault sudah ditanamkan pada Galaxy Z Series, S Series, juga pada Galaxy A Series 2024, agar semakin banyak pengguna yang dapat menikmati keunggulan ini.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.