NativZen
Advertising Area

Long Weekend Mau Bikin Konten Epic? Ikuti Tips Fotografer ini

Jika ada libur panjang di akhir pekan, manfaatkan waktu untuk bikin konten yang epic. Semua itu bisa dilakukan bersama Galaxy S24 Series.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Kehadiran teknologi membuat anak muda menjadi semakin kreatif dalam membuat konten yang relevan dan memiliki cerita merupakan suatu keharusan. Nah, salah satu perangkat yang dapat digunakan untuk keperluan tersebut adalah ponsel pintar dengan performa yang mumpuni.

Dilengkapi dengan fitur AI, Galaxy S24 Series mampu menginspirasi penggunanya untuk mengeksplorasi dan menemukan cara baru dalam menuangkan kreativitas. Salah satunya adalah fotografer Anton Suseno yang mau berbagi tips memaksimalkan AI pada Galaxy S24 Series

Menariknya, tips yang dibagikan oleh Anton dalam proses pembuatan konten ini bisa dimanfaatkan untuk membuat konten versi kamu yang lebih epic, terutama saat liburan long weekend bersama keluarga atau teman-teman.

“Setelah pegang Galaxy S24 selama hampir 1 bulan, perangkat ini benar-benar memberikan pengalaman fotografi dan content making yang berbeda. Kemampuan AI yang Samsung berikan bukan sekedar gimmick,” ujar Anton.

Yuk, ikutin tips dan trik dari Anton untuk persiapan hingga momen bikin konten long weekend yang epic dengan Galaxy S24 Series:

Lebih epic dan standout dibanding yang lain

Saatnya abadikan momen long weekend kamu dengan epic pakai Galaxy S24 Series. Tapi, di tengah banyaknya tips content creation yang bertebaran sosial media, kamu harus bisa lebih standout dengan konten yang berbeda dari yang lain.

Nah, agar keinginan kamu untuk membuat konten epic dan lebih standout bisa terwujud, Anton punya dua trik fotografi yang bisa kamu gunakan dengan Galaxy S24 Series.

  • Pertama, menggambarkan momen lewat photo dump ala tren Instagram dan Tiktok dengan mengabadikan detail dari momen, aktivitas yang dilakukan, sampai pemandangan sekitar. Dengan begitu, hasil foto akan terlihat bercerita dan hidup. Zoom bisa jadi tools andalan dalam mengambil gambar dengan framing manual untuk membuat tren photo dumps. Konten-konten yang memperlihatkan detail dari sebuah objek justru bikin kesan foto yang lebih aesthetic dan minimalist.
  • Kedua, membuat foto yang berbeda dengan memainkan potret siluet di kondisi lowlight.

“Saat mengambil objek pada gambar, coba zoom in ke detail siluet dengan memainkan Optical Zoom hingga 5x.  Karena zoom optik memungkinkan hasil foto yang lebih jernih dan detail, khususnya di kondisi gelap,” jelas Anton.

Selain itu, Anton juga menambahkan bahwa kamu harus mengatur resolusi kamera ke 50MP. Hal ini bertujuan untuk mempersempit lagi framing foto. Dengan begitu, foto yang dihasilkan bisa di-crop tanpa mengurangi detail dari gambar.

Agar hasil foto tidak terlihat flat, pastikan ada sedikit cahaya untuk menghasilkan siluet yang cantik pada foto. Aktivitas ke instalasi seni glow in the dark yang lagi happening bisa banget jadi destinasi yang cocok untuk mengambil gambar ini.

Meskipun sumber pencahayaan dan komposisi gambar sudah disesuaikan, untuk mengambil gambar yang detail dan jernih tetap dibutuhkan kamera dengan image processing yang bagus. Menurut Anton ini sangat terjawab di Galaxy S24 Series.

“Nah dengan adanya AI pada Galaxy S24 Series, bisa membantu meminimalisir noise dan blur pada pengambilan gambar dengan Digital Zoom. Image processing juga membuat warna gambar jadi lebih vibrant,” tambah Anton.

Anton juga menjelaskan bahwa DigitalZoom 30x hingga 50x jadi pengaturan yang paling optimal digunakan untuk pengambilan foto di luar ruangan. Sebelum mengambil gambar, tentukan dulu objek yang ingin difoto. Kemudian atur zoom hingga menemukan frame yang diinginkan.

Selanjutnya, kamu dapat menekan objek untuk mengunci exposure, dan ambil gambar. Ini bisa digunakan untuk mengambil detail arsitektur atau lanskap pemandangan dari kejauhan. Menariknya lagi, Galaxy S24 Series punya OIS yang lebih lebar.

“Satu hal yang harus kamu tahu bahwa Galaxy S24 Series, ponsel pintar unggulan terbaru Samsung telah dibekali dengan OIS. Ini bisa meminimalisir noise ketika tangan shaky, terutama untuk pengambilan gambar dengan zoom,” tambah Anton.

Manfaatkan fitur Circle to Search with Google

Menikmati long weekend, kamu bisa mencoba berbagai aktivitas di berbagai spot untuk foto hunting. Kuncinya adalah mencari destinasi yang punya spot-spot yang menarik untuk dijadikan latar foto dan juga aktivitas yang menyenangkan.

Untuk mencari lokasi dengan experience terbaik, Anton mengatakan bahwa dengan Galaxy S24 Series, dirinya bisa menggunakan Circle to Search with Google. Ya, fitur ini bisa bantu kamu mendapatkan kurasi lokasi menghabiskan weekend terbaik bersama pasangan atau teman.

Kamu bisa pakai Circle to Search untuk cari informasi yang lebih lengkap dari tempat viral atau hidden gem di Instagram dan TikTok secara instan tanpa keluar aplikasi, hingga berbagai buah tangan istimewa buat orangtua hingga sanak saudara di rumah.

Jika sudah mendapatkan destinasi terbaik, saatnya asah teknik fotografi kamu supaya bisa membangun skill content creation yang lebih epic. Untuk hal ini, Anton menyarankan pakai fitur Browsing Assist yang juga ada di Galaxy S24 Series.

Dengan bantuan Browsing Assist, seakan-akan kamu punya asisten yang dapat membantu mencarikan referensi teknik fotografi lewat artikel di internet. Dengan fitur ini, kamu tidak perlu lagi buang waktu riset karena bisa dengan mudah merangkum artikel yang ingin kamu baca.

Cara penggunaanya teramat mudah. Tinggal select paragraf yang diinginkan, tekan ikon bintang biru pada bagian bawah browser, kemudian pilih “summarize” untuk meringkas dan “translate” untuk menerjemahkan artikel.

Saatnya manfaatkan Photo Assist

Sudah dapat foto-foto yang diinginkan, rasanya ingin cepat-cepat upload ke sosial media. Tapi, proses editing jangan sampai terlewat. Tahap ini memiliki peran penting dalam membuat karya foto yang lebih bercerita.

Jika sudah sampai ditahap ini, Anton sangat terbantu dengan fitur Photo Assist yang juga tersedia di Galaxy S24 Series. Dikatakan oleh Anton bahwa fitur ini sangat mempermudah proses editing advanced yang sebelumnya membutuhkan tools khusus dan memakan waktu.

Apalagi dengan AI yang bisa mengisi background pada foto, yang sebelumnya hanya bisa digunakan pada tools editing khusus. Di Galaxy S24 Series, semua bisa dilakukan hanya dengan proses editing pada Gallery bawaan.

(Ki. Before – Ka. After) Pindahkan objek dengan mudah dan smooth dengan fitur Generative Edit.

“Ada 3 tipe editing dengan AI yang jadi favorit saya dengan Generative Edit. Pertama menghapus objek yang mengganggu. Kedua, memindahkan dan me-resize objek yang menjadi ‘bintang’ di foto kita. Dan ketiga adalah me-rotate foto tanpa merusak komposisi,” tambah Anton.

Dengan menggunakan fitur ini kamu jadi bisa lebih leluasa mengambil foto di berbagai situasi. Sementara kalau ingin serba praktis, AI pada Galaxy S24 juga menawarkan Edit Suggestion yang dapat mengidentifikasi konten pilihan pengguna dan memberikan saran penyesuaian terbaik.

Dengan demikian, kamu tidak perlu repot-repot mengedit satu per satu hasil hunting foto yang tentunya menghemat waktu dan usaha dalam proses editing untuk upload konten ke media sosial yang lebih praktis.

Long weekend yang epic pakai Galaxy AI di Galaxy S24 Series

“Galaxy S24 Series menawarkan mobile experience terbarukan bagi pengguna dalam menjalani aktivitas dan produktivitas keseharian, termasuk membuat konten yang epic,” ujar Very Octavianus, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia.

Konsumen bisa merasakan pengalaman hunting foto yang spesial dengan mendapatkan Galaxy S24 Ultra mulai dari harga Rp 21.999.000 (12GB/256GB). Galaxy S24+ dibanderol mulai dari Rp 16.999.000 (12GB/256GB). Dan Galaxy S24 dijual mulai dari Rp 13.999.000 (8GB/256GB).

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.