NativZen
Advertising Area

Ngulik Kemampuan Kamera realme 12 Pro+ 5G, ini Hasil Fotonya

realme 12 Pro+ 5G datang dengan dukungan kamera yang inovatif. Bikin aktivitas memotret jadi lebih menyenangkan.

Advertising Area

NATIVZEN.com – realme di awal tahun 2024 ini telah melengkapi seri Number yang dikembangkannya dengan menghadirkan seri realme 12 5G. Tentu saja, yang menarik perhatian adalah model yang membawa lensa telefoto periskop, yakni realme 12 Pro+ 5G.

Ya, realme melengkapi realme 12 Pro+ 5G dengan lensa telefoto periskop terbesar dan terbaik di segmen dengan harga yang terjangkau. Seperti yang kita tahu, ponsel pintar ini ditempatkan oleh realme sebagai perangkat kelas menengah yang dibanderol mulai dari harga Rp 6 jutaan.

Lensa telefoto periskop yang dibenamkan oleh realme ke dalam realme 12 Pro+ 5G adalah sensor OmniVision OV64B. Menariknya, lensa ini membawa kemampuan 3x Optical Zoom dan 6x in-Sensor Zoom dan memiliki ukuran sensor 1/2 inci.

Menggunakan teknologi fusi 4 in 1 pixels dengan 1,4μm Fusion Pixels, lensa telefoto periskop ini pun mampu mengahsilkan resolusi 64MP yang mengesankan. Oleh karena itu, kualitas foto yang dihasilkan juga meningkat secara signifikan.

Daya tarik lainnya adalah lensa telefoto periskop yang ada pada realme 12 Pro+ 5G sudah dibekali dengan OIS. Kamu yang tertarik meminang ponsel pintar ini pun tak perlu khawatir jika ingin memotret pada lingkungan low-light atau malam hari.

Dirancang khusus untuk performa lensa yang optimal, ini secara efektif mampu meminimalisir flare dan ghosting. Selain OIS, peningkatan ini juga dicapai melalui kombinasi SubWavelength Structure Coating, dan tudung lensa Wave-Shaped.

Seperti telah disebutkan, ada dukungan 3x Optical Zoom. Ini dirasakan memapu meningkatkan fleksibilitas kamera dalam menangkap gambar. Dengan panjang fokus setara 71mm, mampu memperluas kreativitas dalam komposisi foto yang dihasilkan.

Ya, dukungan 3x Optical Zoom yang ada pada realme 12 Pro+ 5G ini sangat berguna untuk memotret subjek yang jauh, memungkinkan bidikan lebih dekat tanpa kehilangan kualitas gambar, dan membuatnya begitu ideal untuk berbagai skenario fotografi.

Sementara, dukungan 6x In-Sensor Zoom dapat memperluas kemampuan kamera. Ini memungkinkan foto zoom yang lebih jauh, dan hasilnya tetap jernih. Bisa dikatakan, realme berhasil memanfaatkan sensor kamera untuk melakukan zoom secara pintar.

Berbeda dengan zoom digital konvensional, dukungan 6x In-Sensor Zoom memang dirancang oleh realme untuk meminimalkan penurunan kualitas foto. Oleh karena itu, fitur ini sangat berguna untuk menangkap detail yang lebih baik dari kejauhan.

Apakah hanya itu peningkatan yang ditawarkan oleh realme melalui dukungan kamera yang ada pada realme 12 Pro+ 5G. Tentu saja tidak! Pengguna ponsel pintar ini juga akan dimanjakan dengan kemampuan 120x SuperZoom.

Ini adalah dukungan zoom digital hingga 120x, yang memungkinkan pengguna untuk memotret subjek pada jarang yang sangat jauh. Tetapi, pengguna pun tak perlu khawatir dengan foto yang dihasilkan, masih terlihat tetap jernih.

120x SuperZoom adalah kemampuan zoom terjauh yang tersedia pada kamera ponsel pintar di segmennya. Artinya, kamu tak perlu merogoh kocek yang lebih dalam jika ingin merasakan kemampuan memotret jarak jauh, dengan hasil yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

realme 12 Pro+ 5G juga dibekali kamera utama 50MP yang menggunakan sensor IMX890 dari Sony. realme juga membenamkan teknologi fusi piksel 4 in 1 dan sensor besar berukuran 1/1.56 inci yang berguna untuk menghasilkan foto terbaik.

Seperti telah disebutkan bahwa realme 12 Pro+ 5G punya kamera utama 50MP menggunakan sensor Sony IMX890. Tak ketinggalan, realme juga membenamkan teknologi fusi piksel 4 in 1 dan sensor besar 1/1.56″, untuk memastikan kejernihan gambar terbaik.

Memiliki panjang fokus setara 24mm, aperture f/1.8, didukung OIS, dan 2x In-Sensor Zoom, kamera pada ponsel pintar ini memiliki keunggulan dalam berbagai kondisi pencahayaan, hasil fotonya terbilang tajam, dan punya zoom yang dapat diandalkan.

Bagi kamu penggemar “Cinematic Portrait”, realme 12 Pro+ 5G menyediakan fitur 3x Portrait. Foto portrait yang dihasilkan mampu menciptakan depth of field yang begitu alami. Ya, fitur ini sangat sempurna untuk potret wajah dan fokus subjek tunggal.

Jika diperhatikan, subjek foto akan dibuat oleh ponsel pintar kelas menengah ini begitu menonjol dan tampak begitu sempurna. Sementara, keburaman latarbelakang alias bokeh yang dihasilkan terlihat begitu sinematik.

Menariknya lagi, realme juga membekalinya dengan Real-time Aperture Adjustment Preview. Ini memungkinkan kamu bisa melihat efek bokeh potret wajah secara real-time sebelum mengambil foto. Hal ini memastikan tingkat keburaman latar belakang yang diinginkan.

Sementara itu, dukungan lainnya, yakni Hairline-level Keying Effect semakin menyempurnakan pemisahan antara subjek dan latar belakang. Ini bertujuan untuk mempertahankan suasana dan tekstur kulit sekaligus menggunakan bokeh yang tampak begitu alami. 

Dalam merancang kemampuan fotografi yang ada pada realme 12 Pro+ 5G, realme juga menggandeng pemenang Oscar untuk Sinematografi Terbaik, Claudio Miranda. Dari kerjasama tersebut, realme membenamkan tiga filter baru ke dalam ponsel pintar ini.

Ketiga filter baru tersebut adalah Journey Filter, Memory Filter dan Maverick Filter. Ketiganya pun dirasakan mampu diaplikasi ke dalam foto secara nyata, sehingga foto-foto yang dihasilkan tak perlu diedit ulang jika kamu mau pamerkan ke media sosial.

Selain itu, realme juga melengkapinya dengan Ultra HDR Engine. Ini adalah teknologi yang digunakan untuk mengambil foto dalam format RAW. Foto yang dihasilkan tidak terkompres dan belum diproses, sehingga menjaga informasi asli dari suatu foto.

Nah, bagi penggemar mobile photography yang suka memotret pada malam hari, realme juga membekali ponsel pintar ini dengan NightEye Engine. Fitur ini akan meningkatkan kejernihan pemandangan malam dengan rasio signal-to-noise yang ditingkatkan sebesar 26,5%.

Ada juga dukungan Moon Mode 2.0 yang telah ditingkatkan oleh realme ke dalam realme 12 Pro+ 5G. Mode ini akan diaktifkan secara otomatis setelah AI Scene Recognition Algorithm mengenali bulan dalam bidikan. 

Dengan menggunakan zoom digital 10x atau lebih, dan menyesuaikan pencahayaan otomatis, ponsel pintar ini dapat secara otomatis memulihkan detail permukaan bulan. Karena itu, realme 12 Pro+ 5G mampu untuk menghasilkan foto bulan yang berkualitas tinggi. 

Ada juga dukungan Auto-zoom yang bakal menyempurnakan mobile photography dengan secara otomatis mendeteksi dan menyesuaikan tingkat zoom untuk menyoroti subjek atau objek yang kamu inginkan pada realme 12 Pro+ 5G. 

Tentu saja, dukunga tersebut akan menghasilkan foto dengan komposisi terbaik, tanpa perlu penyesuaian manual atau pasca-pemrosesan. Dengan sekali klik, kamu dapat mengambil gambar yang siap dibagikan di medsos, bisa menghemat waktu dan tenaga.

Lalu, bagaimana dengan kamera depan yang ada pada realme 12 Pro+ 5G? Ponsel pintar ini telah dibekali kamera depan 32MP yang memiliki FoV hingga 90 derajat. Foto selfie yang dihasilkan oleh ponsel pintar ini pun terbilang cukup sempurna.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.