NativZen
Advertising Area

Intel Memperluas AI PC Acceleration Program

Ini adalah upaya Intel menggunakan software dan ekosistem hardware untuk mengoptimalkan pemanfaatan AI.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Intel belum lama ini telah mengumumkan untuk menggelar dua inisiatif artificial intelligence (AI) sebagai bagian dari AI PC Acceleration Program, yaitu AI PC Developer Program, dan penambahan Independent Hardware Vendors ke dalam program tersebut.

Ini adalah tonggak sejarah penting dalam upaya Intel menggunakan software dan ekosistem hardware untuk mengoptimalkan serta memaksimalkan pemanfaatan AI di lebih dari 100 juta AI PC berbasis Intel hingga tahun 2025.

Seperti dikatakan oleh Carla Rodriguez, Vice President and General Manager of Client Software Ecosystem Enabling bahwa Intel telah membuat kemajuan besar dalam AI PC Acceleration Program yang bekerja sama dengan ekosistem.

AI PC dev program infographic

“Dengan tambahan AI PC Developer Program, kami memperluas jangkauan untuk melampaui ISV besar dan berinteraksi dengan pemain skala kecil dan menengah serta calon pengembang,” ungkap Carla Rodriguez.

Lebih lanjut Carla Rodriguez menegaskan bahwa tujuan Intel adalah untuk mendorong pengalaman tanpa hambatan dengan menawarkan serangkaian tool termasuk AI-ready Developer Kit terbaru.

Dalam program yang baru, AI PC Developer Program didesain secara spesifik bagi pengembang software dan independent software vendors (ISVs) untuk memberikan pengalaman pengembang yang lancar.

Hal ini juga untuk memudahkan pengembang dalam mengadopsi teknologi AI terbaru dalam skala besar. Program ini menyediakan akses ke tools, alur kerja, kerangka kerja deployment AI, dan kits pengembang, termasuk hardware Intel terbaru yang dilengkapi Intel® Core™ Ultra.

Halaman sumber daya pengembang yang diperbarui ini tak ubahnya one-stop shop bagi para pengembang untuk mengakses AI PC dan toolkits yang berfokus pada client, dokumentasi, dan pelatihan.

Selain itu, sumber daya yang dikumpulkan ditujukan untuk membantu pengembang mengambil manfaat penuh dari teknologi prosesor Intel Core Ultra untuk memaksimalkan performa aplikasi AI dan machine learning (ML) dan mempercepat use case baru.

Sementara itu, penambahan Independent Hardware Vendors (IHV) ke dalam AI PC Acceleration Program memberikan peluang bagi para IHV untuk mempersiapkan, mengoptimalkan dan memungkinkan hardware mereka menjalankan Intel AI PC.

Mitra yang memenuhi kualifikasi akan mendapatkan akses ke Open Labs Intel, di mana mereka akan mendapatkan dukungan teknis dan co-engineering sejak awal fase pengembangan solusi hardware dan platform mereka.

Selain itu, melalui program ini, Intel juga menyediakan hardware referensi sehingga mitra IHV yang memenuhi kualifikasi bisa menguji dan mengoptimalkan teknologi mereka supaya berjalan seefisien mungkin pada saat peluncuran.

“Intel telah memasukkan 150 vendor hardware dari seluruh dunia ke dalam AI PC Accelerator Program. Tentu saja, kami sangat bersemangat untuk memperluas jangkauan solusi hardware dan software inovatif kami,” ujar Matt King, Senior Director, Client Hardware Ecosystem, Intel.

Lantas, mengapa program ini sangat penting? AI alias kecerdasan buatan secara fundamental akan mengubah banyak aspek kehidupan manusia, termasuk bagaimana mereka bekerja, belajar, terhubung, dan berkreasi.

Dengan software dan hardware yang dioptimalkan, didukung oleh platform paling inovatif dari Intel, semua orang bisa memanfaatkan benefit dari AI dengan AI PC. Dengan kata lain, Intel ikut mendorong kemajuan dalam era AI PC sekaligus memberdayakan ISV dan IHV.  

Melalui program-programnya, Intel memberikan value lebih kepada para pengembang, di antaranya:

  • Kompatibilitas yang Lebih Baik: Dengan akses ke ke kits pengembang Intel Core Ultra terbaru serta tools optimasi dan software, pengembang bisa memastikan software dan aplikasinya berjalan mulus di prosesor Intel terbaru, meningkatkan kompatibilitas, dan pengalaman keseluruhan pada pengguna akhir.
  • Optimasi Performa: Mengoptimalkan software untuk arsitektur hardware yang spesifik di awal siklus pengembangan bisa meningkatkan performa dan efisiensi. Ini akan memungkinkan performa yang lebih baik saat AI PC tersedia secara luas.
  • Peluang Pasar yang Luas dan Skala Global: Kolaborasi dengan Intel dan ekosistemnya yang luas dan terbuka dari mitra-mitra yang mendukung AI menghadirkan peluang untuk mengembangkan ekosistem serta memasuki pasar-pasar baru dan memenangkan persaingan di berbagai industri.

Intel menawarkan banyak jenis toolkits yang bisa dimanfaatkan oleh pengembang AI dan menghadirkan lebih dari 300 fitur AI terakselerasi ke pasar hingga tahun 2024 dengan prosesor Intel Core Ultra dalam 230 desain dari 12 original equipment manufacturer global.

AI PC Acceleration Program, yang diumumkan Oktober 2023, bertujuan menghubungkan para independent hardware vendors dan independent software vendors dengan sumber daya Intel, termasuk toolchain kecerdasan buatan, pelatihan, co-engineering, dan sebagainya.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.