NativZen
Advertising Area

Review Infinix Note 40: Mewah, Didukung Pengisian Daya Nirkabel

Infinix telah meluncurkan Infinix Note 40, yang menjadi bagian dari keluarga Note 40 Series. Ponsel pintar ini punya desain begitu mewah.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Nama Infinix di pasar ponsel pintar di Indonesia mulai dikenal oleh banyak penggemar gadget. Ya, pabrikan ponsel pintar asal Tiongkok ini memang tak pernah absen untuk meluncurkan perangkat terbaru.

Tentunya kamu masih ingat, pada tanggal 21 Maret 2024 lalu, Infinix kembali meluncurkan ponsel pintar terbarunya, Infinix Note 40 Series. Ada dua model yang diluncurkan, yakni Infinix Note 40 dan Infinix Note 40 Pro.

Nah, Infinix kembali memberi kesempatan kepada nativzen.com untuk mereview salah satu model terbarunya, yakni Infinix Note 40. Tak menyia-nyiakan kesempatan yang ditawarkan, inilah review ponsel pintar tersebut.

Unboxing Infinix Note 40

Review ponsel pintar yang dilakukan oleh nativzen.com ini akan dimulai dari mengupas boks kemasan Infinix Note 40. Tampaknya, Infinix ingin memasarkan perangkat terbarunya ini untuk memanjakan para penggemar Mobile Legends Bang Bang (MLBB).

Bagaimana tidak! Boks kemasan Infinix Note 40 yang didominasi warna hitam dan sedikit warna biru ini pada bagian depannya menampilkan karakter dari game tersebut, yakni Esmeralda Astral Muse. Bahkan, Infinix juga mencantumkan logo dari game MLBB.

Sementara itu, nama perangkat, “NOTE 40” tertulis begitu jelas pada boks kemasan tersebut dengan warna perak. Infinix juga mencatumkan beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh Infinix Note 40, seperti fitur pengisian daya, audio, dan besarnya memori yang ditawarkan.

Jika kamu bergeser ke bagian belakang dari boks kemasan ini, kamu juga bisa menemukan spesifikasi dari ponsel pintar terbaru Infinix ini. Ya, selain mencantumkan chipset yang digunakan, Infinix juga buka-bukaan dengan dukungan kamera yang disematkan.

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk meminang Infinix Note 40, perangkat ini dipasarkan sepaket dengan MagPower. Ini adalah Wireless Charger + Portable Battery yang bisa kamu gunakan untuk mengisi catu daya perangkat.

Sekarang, kita buka boks kemasan Infinix Note 40. Pertama kali, kamu akan langsung melihat unit ponsel pintarnya yang dibungkus oleh plastik. Selain itu, kamu juga akan menemukan lembaran Petunjuk Penggunaan sekaligus Kartu Garansi.

Dalam boks kemasan tersebut Infinix juga menyertakan screen protector, hard case, dan selembar sticker serta kartu “Redem Code” MLBB. Tak ketinggalan, tentu saja Infinix juga masih menyertakan kabel USB Type-C, kepala charger, dan SIM Card ejector dalam boks kemasannya.

Membawa Desain Mewah

Harus diakui bahwa Infinix adalah salah satu pabrikan ponsel pintar asal Tiongkok yang piawai untuk menghadirkan desain kekinian. Ya, Infinix Note 40 yang ditempatkan sebagai perangkat kelas menengah ini hadir dengan desain yang tampak begitu mewah.

Sebagai penerus Infinix Note 30, bodi belakang Infinix Note 40 ini masih terbuat dari plastik polikarbonat. Namun menariknya, Infinix melapisinya dengan material glass sehingga tampak begitu berbeda jika disandingkan dengan perangkat dikelasnya.

Infinix Note 40 yang ada di tangan nativzen.com dibalut dengan warna Titan Gold. Warna lainnya yang disodorkan oleh Infinix juga tak kalah menarik, yakni Obsidian Black. Dengan sentuhan kemilau glitter, bodi belakang ponsel pintar ini tidak mudah kotor.

Namun, untuk menjaga bodi belakang Infinix Note 40 tidak mudah kusam, kamu bisa menggunakan hard case yang sudah tersedia dalam paket penjualannya. Infinix juga memperkaya bodi belakang perangkat ini dengan kamera belakang.

Ya, ada tiga buah kamera belakang yang disematkan oleh Infinix pada ponsel pintar barunya ini. Dua kamera disusun secara vertikal, sementara satu kameranya lagi disusun vertikal bersama dengan LED flash yang dibentuk seperti cincin.

Menariknya lagi, ketiga kamera belakang serta LED flash tersebut ditempatkan dalam satu modul berbentuk persegi empat yang terbilang besar, menonjol dan tampak begitu mewah. Ya, Infinix menyebutnya ini sebagai Skyscraper Metalline Finish.

Kemewahan lainnya yang bisa kamu temukan ada pada bagian bingkai dari Note 40. Infinix memang mengikat ponsel pintar ini dengan bingkai yang terbuat dari plastik polikarbonat, tetapi diberi sentuhan akhir warna silver sehingga tampak seperti perangkat kelas premium.

Tombol volume dan daya yang saling berdampingan ditempatkan pada sisi bingkai sebelah kanan. Sisi bingkai sebelah kiri dibuat polos, dan sisi bingkai atas, Infinix menempatkan lubang speaker yang bersanding dengan lubang mikrofon.

Jika kamu bergeser ke sisi bingkai bagian bawah, kamu akan menemukan slot untuk menempatkan SIM Card (SIM 1 & SIM 2). Ya, tidak ada baki untuk menempatkan kartu microSD. Selain itu, ada juga lubang mikrofon, port USB Type-C, dan lubang speaker.

Lalu, bagaimana dengan tampilan bagian depannya? Kemewahan yang disodorkan oleh Infinix Note 40 semkin terlihat. Datang sebagai ponsel pintar kelas menengah, Infinix begitu percaya diri untuk menjejali perangkat ini dengan panel layar AMOLED.

Ukuran layarnya adalah 6,78 inci dengan resolusi FullHD+ (1080 x 2436 piksel). Menariknya lagi, untuk memanjakan para penggemar game MLBB, layar Infinix Note 40 juga sudah dibekali dengan refresh rate yang terbilang tinggi, yakni 120Hz.

Tak sampai di situ, Infinix juga meramu layar ponsel pintar ini dengan bezel yang tipis di keempat sisinya, dan memiliki rasio screen-to-body mencapai 94%. Artinya, perangkat ini benar-benar nyaman jika kamu gunakan untuk nonton film favorit.

Masih terkait dengan layar, dukungan lainnya adalah Colour Depth hingga 10-bit dan Peak Brightsness hingga 1.300nit. Ini mengisyaratkan tak hanya mampu menampilkan visual lebih tajam dan kaya warna, tetapi juga nyaman saat digunakan di bawah terik matahari.

Kamu pun tak perlu khawatir untuk menatap layar Infinix Note 40 dalam waktu yang lama, misalnya saat nonton film atau drama series, atau bermain game. Sebab, perangkat ini juga telah menyertakan sertifikasi Low Blue Light dari TÜV Rheinland.

Tentunya yang menjadi daya tarik kemewahan lainnya dari layar Infinix Note 40 ini adalah dukungan keamanan. Ya, datang dengan layar AMOLED, ponsel pintar ini telah dibekali pemindai sidik jari di dalam layar alias in-display fingerprint unlock.

Infinix Note 40 dengan bingkai dan layar flat, membuat ponsel pintar ini nyaman digenggam dengan satu tangan. Untuk dimensinya, perangkat ini memiliki ukuran 164,1 x 74,5 x 7,8 mm dan bobotnya kurang dari 200 gram, sehingga masih nyaman untuk masuk ke dalam saku celana.

Ditenagai Helio G99 Ultimate

Bagi kamu yang tertarik dengan Infinix Note 40, ponsel pintar seharga Rp 2 jutaan ini telah dibekali dengan chipser Helio G99 Ultimate dari MediaTek. Ini adalah chipset G99 dengan fabrikasi 6nm, namun ditingkatkan sehingga mampu memberikan experience yang lebih baik.

Konfigurasi CPU Octa-core yang dimiliki oleh Helio G99 Ultimate terdiri dari 2 core Cortex-A76 dengan clock speed 2,2 GHz dan 6 core Cortex-A55 dengan clock speed 2,0 GHz. Sementara, untuk mendongkrak performa grafisnya, chipset ini terintegrasi dengan GPU Mali-G57 MC2.

Untuk memberi kemudahan dalam hal membuka lebih banyak aplikasi serta bebas nge-lag ketika digunakan untuk bermain game, Infinix membekali Note 40 dengan RAM serta ROM yang terbilang sangat memadai.

Ya, Infinix Note 40 telah dibekali RAM 8GB, yang tentunya bisa kamu “upgrade” hingga 8GB lagi berkat fitur Virtual RAM. Dengan begitu, kamu bisa merasakan RAM 16GB pada perangkat ini, yang tentunya akan memberi experience lebih nyaman ketika memainkan game-game kesukaan.

Nah, terkait dengan ROM atau penyimpanan internalnya, kamu harus menerima dengan lapang dada bahwa Infinix Note 40 mentok dengan ROM 256GB. Artinya kamu tidak bisa menambah kapasitas penyimpanannya karena tidak tersedia baki untuk menampung kartu microSD.

Lalu, bagaimana dengan dukungan catu dayanya? Infinix Note 40 yang membawa tagline “Anti Gabut, Serba Ngebut” ini telah dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh. Yang menarik adalah kemampuan pengisian daya cepat yang dimilikinya.

Ya, Infinix membekali Note 40 ini dengan pengisian daya cepat 45W via kabel. Tak hanya itu, Infinix juga membekali ponsel pintar ini dengan pengisian daya secara nirkabel dengan kecepatan 20W, dan Ini tentunya berkat fitur Wireless MagCharge.

Pengisian daya secara nirkabel bisa kamu lakukan menggunakan Wireless Charger yang ditempel langsung ke bodi belakang perangkat. Atau kamu juga bisa memasang MagCase (hard-case yang diberikan dalam paket penjualannya), lalu tempel MagPower.

Tentunya, kehadiran fitur tersebut pada sebuah ponsel pintar seharga Rp 2 jutaan mampu mencuri perhatian, termasuk yang dirasakan oleh nativzen.com. Artinya, untuk melakukan pengisian daya perangkat ini tidak lagi sulit dimana pun pengguna berada.

Menariknya lagi, Infinix juga membenamkan tiga mode khusus yang bisa kamu pilih ketika melakukan pengisian daya via kabel. Ketiga mode khusus tersebut adalah Low-Temp, Smart dan Hyper. Jika kamu memilih Smart, hanya butuh waktu 26 menit untuk mengisi daya hingga 50%.

Sementara itu, jika baterai ponsel pintar ini di-charge selama 5 menit, kamu bisa menggunakan Note 40 untuk bermain game hingga 1,5 jam, menelepon hingga 6,5 jam, memutar video hingga 3,8 jam dan navigasi peta hingga 1,8 jam.

Nah, terkait dengan manajemen pengisian daya yang lebih aman, Infinix juga memperkenalkan Infinix Cheetah X1. Ini sebuah inovasi mutakhir yang mengintegrasikan deteksi daya secara presisi, dukungan berbagai skenario serbaguna, dan modul deteksi voltase aman ke dalam satu chip.

Masih terkait dengan dukungan pengisian daya, Infinix juga membawa All-Round FastCharge 2.0. Setidaknya, ada tiga fitur yang disematkan oleh Infinix ke dalam ponsel pintar ini, yakni Bypass Charging 2.0, Pengisian Daya Ekstrim pada -20 derajat, dan AI Charging Protection.

Dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh, Infinix Note 40 juga bisa berlaku layaknya “powerbank” untuk mengisi baterai ponsel pintar lainnya. Oleh karena itu, perangkat ini juga memiliki kemampuan OTG Reverse Charge dan Wireless Reverse Charge.

Ditenagai Helio G99 Ultimate, RAM 8GB + 8GB, dan ROM 256GB, tentu saja nativzen.com penasaran dengan performa yang dimiliki oleh Infinix Note 40. Untuk itu, dilakukanlah benchmark dengan beberapa aplikasi populer, dan hasilnya seperti di bawah ini.

Sementara, untuk menguji daya tahan baterainya, nativzen.com menggunakan Infinix Note 40 untuk bermain game. Ada dua game yang dimainkan, yakni PUBG Mobile dan Mobile Legends Bang Bang (MLBB), yang masing-masing dimainkan selama 1 jam.

Saat memainkan PUBG Mobile selama 1 jam, baterai yang ada pada Infinix Note 40 terpakai hingga 14%, dan ketika memainkan MLBB dengan durasi yang sama, baterai yang terkuras sebanyak 16%. Untuk pemakaian normal, baterainya bisa bertahan seharian.

Dukungan Kamera Utama 108MP

Datang sebagai ponsel pintar yang dibanderol seharga Rp 2 jutaan, Infinix juga memberikan pengalaman yang mewah pada sektor kamera. Ya, tak hanya dikemas dengan modul yang begitu menarik, Infinix Note 40 ini juga dijejali dengan tiga buah kamera di bagian belakang perangkat.

Hanya saja, kamera yang benar-benar bisa diandalkan cuma satu, yakni kamera utama 108MP. Sisanya adalah kamera pendukung seperti depth sensor untuk menciptakan foto bokeh serta AI yang akan membantu proses gambar terlihat lebih alami dan akurat.

Tidak seperti kebanyakan ponsel pintar pada umumnya, ada yang unik pada modul kamera di bagian belakang, yakni keberadaan LED flash yang dibuat membulat. Infinix menamakannya sebagai Active Halo.

Bukan sekadar LED flash biasa, Active Halo ini juga bisa menyala pada kondisi tertentu, misalnya saat ada notifikasi atau panggilan masuk, pengisian daya, dan sebagainya. Dengan kata lain, LED flash ini tidak hanya ada untuk sekadar membantu kamu memotret pada malam hari.

Seperti telah disebutkan bahwa Infinix Note 40 ini punya kamera utama 180MP. Kamu yang tertarik dengan ponsel pintar ini tak perlu khawatir dengan kemampuan kamera utamanya ini, fleksibel untuk memotret pada berbagai kondisi.

Kamera utamanya ini memiliki sensor berukuran 1/1.56 inci dan aperture f/1.9. Oleh karena itu, nativzen.com merasakan bahwa untuk memotret portrait sehari-hari kualitas gambar yang dihasilkan cukup bagus dari segi warna.

Namun secara default, Infinix memberikan opsi untuk memotret dengan resolusi 12MP. Ini hasil penggabungan (pixel binning) 9 pixel menjadi 1 untuk hasil gambar yang lebih tajam dan bebas noise. Bagi kamu yang membutuhkan detail yang maksimal bisa menggunakan pilihan 108MP.

Hanya saja, jika kamu getol memotret dengan pilihan 108MP, tentunya foto yang dihasilkan memiliki ukuran file yang lebih besar, dan ini bisa memakan lebih banyak kapasitas penyimpanan. Ingat! Infinix Note 40 mentok dengan penyimpanan internal yang hanya 256GB.

Nah, jika kamu masuk ke dalam aplikasi Camera yang ada pada Infinix Note 40, kamu akan disajikan beberapa mode pemotretan, mulai dari Photo, Potrait dan Super Night. Pada mode Photo, kamu bisa menggunakan opsi tele 3x zoom.

Menariknya, opsi tele 3x zoom itu bisa kamu gunakan saat memotret secara default dengan resolusi 12MP atau 108MP. Tentunya, dengan resolusi 108MP, foto yang dihasilkan bisa lebih detail, tetapi ukuran file foto yang dihasilkan juga lebih besar.

Nah, bagi kamu yang suka memotret dengan latarbelakang bokeh, bisa menggunakan mode Potrait. Menariknya lagi, kamu juga diberi keleluasaan untuk mengatur aperture lensa. Untuk latarbelakang yang lebih blur, kamu bisa memilih aperture lensa yang lebih kecil.

Selain itu, pada mode Potrait, kamu juga bisa memilih opsi 2x zoom. Tentunya ini cocok kamu gunakan untuk foto close-up. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan efek dengan bantuan AI yang disediakan, yakni dengan memilih opsi AI smart body atau AI smart beauty effect.

Sementara itu, bagi kamu yang gemar berburu foto malam hari, ada pilihan Super Night. Dengan menggunakan mode tersebut, nativzen.com menilai bahwa foto malam yang dihasilkan cukup baik dan bebas noise.

Ya, bagi kamu yang memiliki masalah saat memegang kamera, alias tangannya mudah gemetar, ada baiknya saat menggunakan mode Super Night, perangkat Infinix Note 40 terpasang pada tripod. Pasalnya, mode ini membutuhkan kestabilan selama proses pemotretan.

Pada Infinix Note 40 kamu juga bisa menemukan mode pemotretan yang “fun”, yakni dengan memilih mode Sky Shop. Dengan mengarahkan kamera ke subjek dengan latarbelakang langit, kamu akan disajikan cukup banyak pilihan filter yang bisa digunakan.

Ya, kamu bisa memilih efek pelangi, langit berbintang, hingga aurora yang memukau. Dengan kata lain, langit sebagai latarbelakang dari subjek yang difoto bisa menjadi kanvas yang menarik untuk kamu potret.

Nah, mode pemotretan lainnya yang tak kalah menarik untuk kamu gunakan adalah mode Pro. Mode ini tentunya cocok untuk para fotografer mobile yang suka menyetel beberapa parameter yang ada, seperti EV, ISO, White Balance dan sebagainya.

Sementara, jika kamu menggunakan Infinix Note 40 untuk membuat konten video, selain mode Video, Infinix juga menyertakan mode Slow Motion, Time-Lapse, Dual Video, Short Video, dan tentunya yang bikin menarik adalah keberadaan mode Film.

Dan untuk kamu yang gemar foto selfie, Infinix Note 40 juga sudah dijejali kamera depan dengan sensor 32MP. Selain mode Photo, kamu juga bisa memilih mode pemotretan lainnya menggunakan kamera depannya ini, salah satunya adalah Portrait Mode.

Contoh foto yang dibidik menggunakan Infinix Note 40

Fitur Pendukung

Bagi kamu yang tertarik membeli Infinix Note 40, ponsel pintar ini berjalan dengan antarmuka XOS 14 berbasis Android 14. Dengan antarmuka yang intuitif ini, kamu dapat menjelajahi perangkat dengan mudah, karena dibekali ikon-ikon baru untuk pengalaman yang lancar.

Seperti yang telah disebutkan bahwa salah satu nilai jual yang ditawarkan oleh Infinix Note 40 adalah dukungan pengisian daya secara nirkabel. Ya, kamu bisa menggunakan Wireless Charger yang ditempel langsung ke bodi belakang perangkat.

Atau kamu juga bisa memasang MagCase (hard-case yang diberikan dalam paket penjualannya), lalu tempel MagPower. Dengan begitu, kamu bisa bisa mengisi baterai ponsel pintar ini di mana pun dan kapan pun tanpa ribet dengan urusan kabel.

Tak hanya itu, Infinix juga membekali Infinix Note 40 dengan sertifikasi IP54. Artinya, kamu tak perlu khawatir atau cemas ketika perangkat ini terkena percikan air hujan atau ketumpahan air saat diletakkan di atas meja kerja.

Fitur pendukung lainnya yang membuat Infinix Note 40 dinilai mampu mencuri perhatian adalah dukungan NFC Multifungsional. Melalui fitur tersebut, kamu tak hanya bisa cek atau top-up kartu e-money, tetapu juga bisa merekam kartu akses lainnya, seperti kartu akses masuk ke apartemen.

Tentu saja, yang tidak kalah menarik adalah terkait dengan dukungan audio yang ditawarkan. Ya, Infinix Note 40 datang dengan dual stereo speaker. Tak hanya itu, dukungan dual stereo speaker yang ada pada ponsel ini disetel oleh JBL sehingga audio yang dihasilkan terasa lebih imersif.

Kesimpulan

Infinix di awal tahun 2024 ini tampaknya sukses untuk meramu ponsel pintar yang disukai oleh banyak penggemar gadget di Tanah Air. Ya, ponsel pintar tersebut adalah Infinix Note 40 Series, salah satu modelnya adalah Infinix Note 40.

Ponsel ini tiba dengan membawa banyak kemewahan, meski ditawarkan dengan harga Rp 2 jutaan. Mulai dari desain yang ditawarkan, chipset yang disematkan hingga dukungan kamera 108MP yang bisa kamu andalkan untuk membuat konten foto dan video.

Satu hal yang membuat ponsel pintar ini semakin mewah adalah dukungan pengisian daya secara wireless alias wireless charging. Ya, tentu saja dukungan tersebut menjadi pembeda dengan perangkat sekelasnya. Belum lagi dukungan NFC Multifungsi dan sertifikasi IP54.

Nah, bagi kamu yang tertarik dengan Infinix Note 40, ponsel pintar dengan beragam dukungan yang menarik nan mewah ini dijual resmi seharga Rp 2.799.000 dan tersedia secara eksklusif di Lazada. Tentu saja banyak penawaran menarik yang bisa kamu temukan.

Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.