NativZen
Advertising Area

Counterpoint: Q1 2024 Pengiriman Smartphone di Indonesia Meningkat 4%

Laporan Counterpoint menyebutkan bahwa pengiriman ponsel pintar di Indonesia meningkat 4% YoY pada Q1 2024.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Counterpoint baru saja merilis laporan terbarunya, Monthly Indonesia Smartphone Tracker. Disebutkan dalam laporannya bahwa pengiriman ponsel pintar alias smartphone di Indonesia meningkat 4% YoY pada Q1 2024.

Selain itu, Counterpoint juga menyebutkan bahwa sejumlah OEM smartphone memulai tahun ini begitu agresif meluncurkan model-model terbaru untuk memenuhi antisipasi peningkatan permintaan selama perayaan Ramadan di bulan Maret.

Hasilnya, pengiriman model-model baru yang diluncurkan tumbuh 183% YoY. Counterpoint juga mencatat bahwa berbagai kegiatan promosi terlihat di channel retail seperti Erafone yang diskonnya tidak hanya untuk smartphone saja, namun juga IoT, serta gratis e-voucher.

Selanjutnya, toko online resmi, platform e-commerce, dan saluran media sosial digunakan untuk memasarkan promosi. Toko offline semakin meningkat selama bertahun-tahun, dengan semakin banyaknya persaingan yang datang dari toko multi-merek independen dan smartphone resmi.

“Konsumen Indonesia sudah terbiasa meningkatkan belanja mereka selama Ramadhan dan perayaan Idul Fitri. Ini juga termasuk mengupgrade ponsel cerdas mereka,” ujar Analis Senior Febriman Abdillah.

Ditambahkan oleh Febriman karena itu OEM lebih merencanakan tahun ini dalam hal peluncuran produk menjelang perayaan Ramadhan. Di sisi lain, konsumen mengapresiasi hal ini karena smartphone yang baru diluncurkan juga disertai dengan promosi flash sale.

Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.