NativZen
Advertising Area

Permintaan Layar OLED untuk PC Tablet akan Terus Meningkat

Omdia memperkirakan bahwa pengiriman layar OLED untuk PC tablet diperkirakan akan meningkat menjadi 35 juta unit pada tahun 2031.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Lembaga riset Omdia memperkirakan bahwa pengiriman layar OLED untuk PC tablet diperkirakan akan meningkat menjadi 35 juta unit pada tahun 2031. Khususnya, pangsa pasar pengiriman OLED hybrid untuk PC tablet akan meningkat signifikan, yakni mencapai 85,1%.

Omdia juga menyebutkan bahwa pasar layar OLED akan mengalami pertumbuhan mulai tahun 2024. Hal ini didorong oleh permintaan seri iPad Pro dari Apple. Sementara itu, sejak Februari 2024, LG dan Samsung telah memasok panel OLED untuk seri iPad Pro 11 inci dan 13 inci.

“Apple menggunakan OLED hybrid untuk seri iPad Pro yang sudah diluncurkan beberapa waktu lalu. Ini dicirikan oleh substrat kaca dan enkapsulasi film tipis,” kata Jerry Kang, Manajer Riset di praktik penelitian Display Omdia.

Ditambahkan oleh Jerry bahwa keunggulan OLED hibrid mencakup pencapaian tingkat hasil yang lebih stabil dan biaya produksi yang lebih rendah dibandingkan dengan OLED fleksibel yang digunakan untuk memproduksi layar berukuran besar.

Selama satu dekade terakhir, hampir semua layar OLED untuk PC tablet diproduksi menggunakan teknologi tumpukan OLED tunggal dan RGB yang kaku, mirip dengan layar OLED yang ada pada smartphone.

Namun, Apple telah menggunakan OLED fleksibel untuk seri iPhone-nya sejak tahun 2017. Hasilnya, Apple kini telah meningkatkan performa layar OLED untuk seri iPad-nya dengan struktur OLED yang inovatif.

“Apple juga menerapkan tumpukan OLED tandem RGB untuk seri iPad Pro yang menampilkan dua lapisan masing-masing bahan pemancar OLED R/G/B. Secara teori, layar ini memiliki keunggulan,” tambah Jerry.

Lebih lanjut, Jerry menjelaskan bahwa keunggulan tumpukan OLED tandem RGB adalah mencapai sekitar dua kali lebih cerah dan empat kali lebih lama masa pakainya. Ini dibandingkan dengan tumpukan OLED tunggal RGB.

Omdia memperkirakan bahwa struktur OLED hybrid dan tumpukan OLED tandem RGB untuk iPad Pro akan berfungsi sebagai katalis bagi merek perangkat dan pemasok panel lain. Hal ini akan menyebabkan munculnya berbagai kombinasi teknologi pada layar OLED.

Konsekuensinya, perkembangan ini akan mendorong persaingan di pasar layar OLED pada dekade berikutnya. Ya, tentunya para pemasok panel layar ini akan berlomba-lomba menunjukkan inovasinya.

Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.