NativZen
Advertising Area

Bikin Shock! Pembaruan OS untuk Pixel 8a Hingga 7 Tahun

Sebelum Google menggelar Google I/O 2024, mereka telah membuat kejutan dengan meluncurkan smartphone baru, yakni Pixel 8a.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Google akan menggelar acara tahunannya, Google I/O. Ya, acara tersebut akan digelar pada tanggal 14 Mei 2024. Tentu saja, ada banyak inovasi yang bakal dipaparkan oleh raksasa mesin pencari tersebut, besar kemungkinan salah satunya adalah Android 15.

Nah, menariknya, sebelum Google menggelar Google I/O 2024, mereka telah membuat kejutan dengan meluncurkan smartphone baru, yakni Pixel 8a. Ini adalah smartphone kelas menengah generasi terbaru yang hadir sebagai penerus Pixel 7a.

Google Pixel 8a dikemas dengan peningkatan yang signifikan dibanding pendahulunya. Pada sektor tampilan, smartphone ini telah dibekali layar OLED 6,1 inci dengan resolusi FHD+. Refresh rate-nya juga tingkatkan menjadi 120Hz dari 90Hz.

Selain itu, kecerahan puncak sekarang menjadi 2.000nits, naik dari 1.070nits. Agar layarnya tidak mudah tergores, Google juga sudah melindunginya dengan Corning Gorila Glass 3. Pixel 8a juga memiliki desain yang sama dengan model premium, Pixel 8.

Sudutnya dibuat lebih membulat dan terdapat “jembatan horizontal” untuk rumah kamera belakang. Daya tarik lainnya, ponsel pintar ini juga sudah dibekali sertifikasi IP67 tahan debu dan air. Ada fitur pemindai sidik jari di layar.

Nah, untuk sektor fotografi, Pixel 8a telah dilengkapi kamera utama 64MP dengan dukungan OIS, yang bersanding dengan kamera ultra-wide 13MP. Sementara itu, untuk kebutuhan foto selfie atau video call, smartphone ini juga diperkaya kamera depan 13MP.

Kamera belakang dan depannya mampu merekam video hingga 4K. Google juga melengkapi smartphone barunya ini dengan beberapa fitur terkait kamera, seperti editor pintar, pengambilan terbaik, ultra HDR, dan masih banyak lagi.

Untuk dapur pacunya, Pixel 8a dibekali chipset Tensor G3. Perangkat ini juga diperkuat dengan RAM 8GB, serta ditawarkan dalam opsi penyimpanan internal 128GB dan 256GB. Untuk catu daya, ada dukungan baterai berkapasitas 4.492 mAh 18W (kabel dan nirkabel).

Dari segi perangkat lunak alias software, perangkat ini berjalan dengan OS Android 14. Nah, yang sangat mengejutkan, Google memberikan jaminan pembaruan selama 7 tahun. Ponsel ini juga mendapat fitur AI, termasuk Circle to Search, bantuan panggilan Pixel, dan Gemini.

Google Pixel 8a ditawarkan dalam warna Bay, Aloe, Obsidian, dan Porcelain. Smartphone ini dijual mulai dari US$ 499 (Rp 8 juta) untuk varian 128GB. Model 256GB dibanderol US$ 559 (Rp 9 juta). Penjualan perdana dimulai 14 Mei 2024, atau berbarengan dengan Google I/O 2024.

Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.